11 Feb

Siapa yang tidak tahu perkedel? Makanan ini bukan makanan favorite pembenci kentang dan segala olahan dari kentang. Tapi bagi pecinta kentang, mungkin perkedel adalah makanan yang lezat dan bahkan harus ada disetiap daftar menu lapar mereka.

Belum ada penjelasan lengkap mengenai perkedel ini berasal dari mana. Hanya saja makanan ini populer di berbagai negara. Salah satunya jerman yang terkenal dengan nama Frikadellen.

Bedanya Frikadellen dari jerman dan Perkedel dari Indonesia yaitu dari bahan utamanya. Jadi, jika Frikadellen terbuat dari 100% daging, sedangkan perkedel indonesia terbuat dari bahan utama yang sederhana.

Tapi untuk cara pembuatanya masih sama, yaitu dilumatkan kemudian dilumuri telur lalu  digoreng.

Selain di Jerman, makanan ini juga terkenal di negara lainya seperti denmark, kepulauan faroe, norwegia, polandia, rusia, estonia, ukraina, dan belanda. Asal mulanya perkedel masuk ke Indonesia dari Belanda, di bawa ke Indonesia dengan nama Frikadel.

Tapi mungkin karena lidah orang Indonesia kesulitan dalam pengucapan, maka nama perkedel lah yang terkenal hingga sekarang.

Ingin merasakan perkedel?? Untuk menemukannya tidak sulit kok, diwarung-warung sudah banyak dijual. Tapi harganya cukup mahal apalagi kalau perkedel kentang. Karena kentang sendiri sedikit mahal dan hasilnya yang ringkas, atau tidak bisa terlalu banyak.

Mungkin membuat sendiri adalah langkah paling aman supaya bisa puas menikmati perkedelnya.

Cara Membuat Perkedel Kentang

Cara membuat perekedel sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya mungkins sedikit susah waktu menghaluskan bahan utamanya saja. Jika anda membuat perkedel tahu atau jagung, mungkin cukup mudah untuk menghaluskan bahan utamanya.

Tapi bagaimana jika kentang atau jenis umbi lainnya? Pasti lebih susahkan untuk menghaluskannya, jadi anda merebusnya terlebih dahulu agar lebih matang sempurna dan mudah menghaluskannya.

Berikut cara membuat perkedel kentang sendiri dirumah, dijamin anti-gagal!

Bahan yang diperlukan :

  • 3 butir Kentang
  • 4 siung Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Daun bawang dan Seledri
  • Telur

Langkah membuat perkedel kentang :

  1. Kupas kentang, cuci bersih kemudian potong kotak-kotak. Sebaiknya potongan kentang tidak terlau besar agar bisa cepat matang.
  2. Kemudian goreng kentang sampai matang.
  3. Sambil menunggu kentang matang, kupas bawang merah dan bawang putih, cuci bersih kemudian iris tipis-tipis.
  4. Goreng juga irsan bawang merah dan bawang putih dalam wajan yang berbeda.
  5. Setelah bawang merah dan bawang putih matang, tiriskan dan haluskan sampai lembut, kemudian sisihkan. Bawang goreng ini nantinya untuk bumbu perkedel.
  6. Cuci juga seledri dan daun bawang sampai bersih, kemudian potong-potong halus. Dan sisihkan.
  7. Kentang yang sudah matang bisa diangkat dan ditiriskan
  8. Jika sudah tiris, haluskan kentang. Sebaiknya dilakukan dengan menumbuk kentang sampai benar-benar halus dan tidak ada kentang yang menggumpal atau masih keras.
  9. Setelah halus dan lembut, masukkan garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, kaldu ayam bubuk, daun bawang, seledri serta bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan sebelumnya. Aduk rata dengan kentang sampai benar-benar tercampur rata.
  10. Selanjutnya, bentuk seluruh adonan bulat gepeng.
  11. Sebelum digoreng, siapkan dulu telur yang dikocok bersama dengan sedikit garam dan sedikit kaldu ayam. Telur ini gunanya untuk  membaluri perkedel supaya lebih renyah.
  12. Siapkan minyak panas pada wajan dan masukkan perkedel yang sudah dilumuri telur. Goreng sampai matang dan jangan lupa di balik agar matang merata.
  13. Jika sudah matang, angkat perkedel kemudian tiriskan. Perkedel sudah siap untuk dimakan.

Perkedel yang sudah matang, siap untuk dihidangkan. Selamat mencoba.

Leave a comment