30 Jan

Kue macaron berasal dari prancis. Tetapi nama ini diambil dari bahasa italy yaitu Maccarone atau Maccherone yang berarti menghancurkan atau mengalahkan. Hal tersebut yang merujuk pada pasta almond yang dihancurkan yang digunakan untuk pembuatan macaroons itu sendiri.

Bahan dasar macaron adalah tepung almond, putih telur, dan icing sugar. Kue ini memiliki tekstur yang kering sebelum dimakan, bentuknya bertumpuk seperti sandwich dengan isian manis seperti selai, buttercream, atau ganache. Dinegara asalnya, kue ini sangat digemari yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Kalau penasaran dengan rasa macaroon kelapa ini, anda tidak perlu jauh-jauh sampai ke Italy untuk mendapatkannya. Karena Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah, yaitu kelapa, gula, dan putih telur.  Tentu tidak sulit bukan untuk mendapatkan kelapa di Indonesia ini?

Cara Membuat Macaroon Kelapa

Agar lebih mudah dalam proses memasak sebaiknya persiakan bahan-bahanya terlebih dahulu, seperti:

  • 170 ml susu kental manis
  • 2 putih telur
  • 1 buah kelapa parut yang diberikan sedikit gula
  • Cokelat batangan yang dilelehkan atau taburan lainya
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat :

Cara pembuatan kue macaroon kelapa in juga cukup simple. Anda hanya memerlukan waktu sekitar satu jam untuk bisa mendapatkan hasilnya.

  1. Siapkan oven dan panaskan dengan suhu 149° Celsius.
  2. Sambil menunggu, campurkan putih terlur dengan garam. Mixer keduanya sampai menjadi kaku.
  3. Selanjutnya, taburkan sedikit demi sedikit kelapa parut yang sudah dikeringkan bersama dengan susu sambil terus diaduk. Hasil adonan akan sedikit kering tapi tetap menyatu.
  4. Siapkan loyang yang telah diberi kertas panggan. Letakkan adonan diatas loyang menggunakan scoop es krim agar bisa tercetak bulat-bulat.
  5. Panggang selama 25 menit atau hingga berubah warna coklat keemasan. Cek tiap 10 menit sekali.
  6. Jika sudah matang, angkat dai oven dan biarkan sampai dingin.
  7. Sambil menunggu bisa lelehkan coklat untuk nanti dicelupkan ke punggung macaroon.
  8. Sebelum coklat lelehan mengering, taburi dengan meses warna-warni, choco chip, keju, atau lainya. Atau bisa juga hanya dengan coklat. Bisa sesuai selera
  9. Macaroon sudah siap untuk dihidangkan.

Rekomendasi mesin pemeras santan benuamesin.com :

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat makaron kelapa dari kami diatas? Selamat mencoba!

Leave a comment