06 Feb

Sebagai warga negara indonesia, kita harus bangga dengan Negara kita tercinta ini. Karena, tidak hanya orang-orangnya yang rama, kaya akan flora dan fauna, namun Indonesia juga memiliki berbagai macam kuliner tradisional yang membuat Anda semua tidak akan bisa melupakan tiap rasa yang khas dari setiap makanan ini.

Salah satu kuliner tradisional yang kaya dengan cita rasa yang legit, manis, kenyal serta memiliki bentuk yang berlapis-lapis dan berawarna-warni, yaitu kue lapis. Kue lapis merupakan salah satu kue tradisonal yang masih bertahan hingga sekarang ini. Walaupaun, di jaman mileniah ini sudah banyak sekali kue modern, seperti cake.

Kue lapis tergolong dalam kue basah yang sangat enak. Kue lapis ini memiliki rasa yang manis, selain itu kue lapis ini juga memiliki tekstur yang kenyal. Kue lapis juga memiliki bentuk yang berwarna-warni, sehingga dapat menarik masyarakat untuk terus menyantap kue lapis ini. kue lapis ini sangat disukai oleh masyarat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kudapan kue lapis ini dapat dijumpai diberbagai pasar tradisional yang berada di sekitar Anda. namun, jika Anda kesulitan untuk membeli kue lapis yang sudah jadi, Anda bisa juga membuatnya sendiri di rumah, loh. Karena untuk membuat kue lapis ini tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Bahan-bahannya pun juga mudah didapatkan di took ataupun Swalayan di dekat rumah Anda.

Tips Kue Lapis Anti Gagal, Buktikan!

Sebelum, masuk ke resep dan cara pembuatan kue lapis, lebih baiknya Anda membaca dulu “Tips untuk menyempurnakan kue lapis agar lebih enak dan anti gagal”. Check this out !!

1. Gunakan bahan-bahan yang masih fresh dan bagus

Untuk mendapatkan kue lapis yang enak, gunakan bahan-bahan terbaik, seperti tepung yang bagus dan diayak terlebih dahulu, gunakan santan kelapa yang masih fresh atau baru diperas (bukan santan instan). Pastikan juga alat yang digunakan semua dalam keadaan bersih dan kering.

2. Aduk adonan secara merata

Pada saat membuat adonan pastikan pencampuran semua bahan harus merata tanpa ada gumpalan sedikitpun. Oleh sebab itu, mengayak bahan-bahan kering sangatlah penting, agar butirannya seragam dan tidak ada yang bergerindil.

3. Olesi loyang menggunakan minyak

Agar adonan tidak menempel diloyang saat adonan sudah matang, sebaiknya loyang diolesi dengan minyak. Olesi minyak tipis saja, agar pinggiran adonan tidak terlalu berminyak.

4. Susun lapisan secara bertahap

Jika adonan sudah dibagi menjadi dua bagian dan sudah diberi warna dengan warna yang berbeda-beda, sekarang saatnya menuangkan lapisan pertama, kemudian kukus selama beberapa menit. Untuk lama megukus tiap adonan tergantung tebal dan tipisnya lapisan. Setelah lapisan pertama sudah mengeras, selanjutnya masukkan lapisan ke dua dan kukus kembali. Ulangi beberapa kali, tergantung berapa lapisan yang ingin Anda buat.

5. Hindari memotong kue lapis saat masih panas

Saat lapisan sudah matang semua, segera keluarkan dari kukusan, lalu tunggu kue lapis hingga benar-benar dingin. Hindari memotong kue lapis yang masih dalam keadaan panas. Karena, pada saat masih panas, kue lapis masih bertekstur lembek, sehingga ketika dipotong akan mudah hancur.

Cara Membuat Kue Lapis yang Kenyal, Manis, dan Lezat

Siapkan bahan :

  • 250 gr tepung beras (bisa dari merk apa saja, sesuai selera)
  • 300 gr gula pasir (untuk tingkat kemanisan sesuai selera)
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 900 ml santan kelapa
  • 3 lembar daun pandan
  • ½ sdt garam
  • Pewarna sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Langkah pertama, masukkan santan, gula, dan garam ke dalam panci, kemudian masak menggunakan api kecil, sambil diaduk hingga mendidih, angkat dan diamkan hingga mendingin.
  2. Siapkan wadah ukuran agak besar, masukkan tepung beras dan tepung tapioka, aduk sampai merata, kemudian campuran tepung diayak agar tidak pada saat membuat adonan nanti tidak ada adonan yang menggumpal.
  3. Selanjutnya, masukkan santan ke dalam wadah berisi tepung yang telah diayak sedikit demi sedikit hingga rata, untuk kekentalannya harus pas.
  4. Jika adonan sudah tercampur rata, buat adonan menjadi 2 bagian. Adonan pertama biarkan tanpa warna, sedangkan adonan yang kedua berikan pewarna makan (kali ini pakai warna hijau) aduk sampai warna semua berubah menjadi hijau.
  5. Siapkan panci untuk mengukus adonan kue lapis dan siapkan loyang untuk meletakkan adonan kue lapis yang sudah diolesi dengan minyak.
  6. Panaskan panci sampai air dalam panci mendidih dan mengeluarkan asap, setelah itu masukkan adonan pertama ke dalam loyang (untuk ukuran dikira-kira agar dapat ditumpuk adonan dengan warna lain), lalu masukkan ke panci penukus, kukus selama 5-10 menit.
  7. Jika sudah 5-10 menit angkat loyang dan masukkan adonan kedua warna hijau, kukus kembali. Ulangi terus sampai loyang tertutup dengan adonan berwarna-warni.
  8. Untuk layer terakhir, kukus kue lapis selama 20 menit agar kue lapis matang merata sampai kebawah. Jika sudah matang, angkat dan diamkan agak dingin, kemudian keluarkan dari cetakan, biarkan sampai benar-benar dingin. Jika sudah dingin, kemudian potong-potong sesuai selera, kue lapis siap disajikan.

Nah, mudah bukan cara membuat kue lapis ini. Anda bisa langsung mempraktekan sendiri di rumah. Kudapan kue ini sangat cocok untuk teman minum the atau kopi. Selamat mencoba.

Leave a comment