06 Feb

Bosan dengan cake jaman sekarang? Jika iya, Anda bisa beralih ke kue jadul (kue tradisional) yang rasanya tak kalah enaknya dengan cake dan roti modern saat ini. kue ini termasuk dalam kue basah yang pembuatannya dengan metode dikukus. Tahukah Anda, kue basah apa yang dimaksud? Yup, benar sekali bolu kukus.

Anda ingin membuat bolu kukus?? Simak resepnya dibawah ini!

Cara Membuat Bolu Kukus Santan yang Empuk dan Enak

Cara membuat kue bolu kukus ini terbilang cukup mudah dan paraktis. Namun, cara membuat bolu kami kali ini berbeda dengan resep bolu pada umumnya. Sebab kami akan membuat bolu santan yang enak dan empuk.

Nah, untuk mendapatkan rasa gurih yang enak, gunakan santan murni bukan santan instan, dipastikan hasil akan lebih empuk, lembut, dan gurih. Kue bolu kukus yang dijual dipasar kebanyakan tidak menggunakan santan, sehingga rasanya kurang gurih. Berikut resep dan cara membuatannya:

1. Siapkan bahan :

  • 250 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung meizena
  • 200 ml santan kelapa murni (bukan instan)
  • 2 butir telur
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdt cake emulsifier
  • 1 sdt essens valilla
  • Keju parut secukupnya
  • Pasta pandan secukupnya

2. Cara membuat :

  1. Siapkan loyang lonjong dan alsi dengan kertas roti. Kemudian panaskan panci untuk mengukus kue bolu kukus santan.
  2. Siapkan wadah bersih, masukkan telur, gula, dan emulsifier, kemudian kocok sampai mengembang kaku.
  3. Jika campuran telur sudah kaku, kemudian masukkan sebagian santan sedikit demi sedikit. Selanjutnya, masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan sisa santan secara berselang-seling. Kemudian, kocok kembali menggunakan mixe sampai rata.
  4. Jika sudah tercampur rata jadikan 2 bagian. Bagian pertama ambil sepertiga adonan beri pasta panda, sisa adonan beri essens vanilla.
  5. Masukkan kedalam loyang yang telah disiapkan, setengan bagian berwarna putih dan setengah bagian berwarna hijau. atau bisa diselang-seling dan menhasilkan warna yang berlapis/ sesuai selera.
  6. Selanjutnya, masukkan loyang kedalam panci kukusan yang sudah mendidih dan beruap atau yang sudah panas. Untuk mengukus gunakan api sedang. Kukus selama kurang lebih 25 menit atau sampai matang (pada saat mengukus adonan jangan lupa tutup dandang dengan serbet/ kain agar uap air tidak menetes ke kue).
  7. Jika sudah matang, angkat dan keluarkan dari cetakan. Tunggu agak dingin, olesi atas bolu menggunakan wipcream dan beri taburan parutan keju diatasnya.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat kue bolu kukus santan ini. Karena, untuk menyantap kue yang satu ini tidak cukup hanya satu slice saja, sehingga solusi untuk bisa merasakan banyak slice kue bolu kukus santan ini Anda bisa langsung membuatnya dirumah. Selamat mencoba.

Leave a comment