bensin-vs-diesel
14 Jan

Salah satu mesin yang tak pernah usang dan terus mengalami perkembangan adalah mesin parut kelapa.

Mungkin dulu tidak ada yang mengira jika kegiatan memarut kelapa ini bisa menjadi menjadi bisnis super menguntungkan. Coba tengok saja kepasar tradisional, pasti ada jasa pemarutan kelapa. Dan jika Anda perhatikan lebih jeli ada perbedaan dari beberapa mesin parut yang digunakan yaitu mesin mesin parut listrik, mesin parut diesel dan mesin parut bensin.

Namun, kali ini kami tidak akan membahas tentang mesin parut listrik, karena kami sudah membahasnya di : kelebihan mesin parut kelapa listrik mini.

Pada artikel ini anda akan menemukan apa saja perbedaan mesin parut kelapa bensin dan diesel, mulai dari segi harga, kapasitas hingga fitur yang di tawarkan.

mesin-parut-kelapa-sedang

Mesin Parut Kelapa Bensin & Diesel, yang mana pilihan anda?

Perbedaan utama mesin parut bertenaga bensin dan diesel terletak pada bahan bakar yang digunakan dan juga sistem pembakarannya. Mesin parut berbahan bakar besin (mesin parut bensin) menggunakan mesin otto. Cara kerjanya sama dengan sepeda motor. Pertama, terjadi pembakaran lewat suplai listrik tegangan tinggi terlebih dahulu, sehingga akan menimbulkan percikan bunga api yang melewati celah busi. Ini berguna untuk memulai pembakaran gas. Sedangkan mesin diesel memakai bahan bakar solar memanfaatkan udara yang dikompresi untuk melakukan pembakaran bahan bakar.

Jadi bedakan !!

Mesin diesel memakai solar. Sementara mesin otto memakai bensin. Jadi kalau anda menyebut sebuah mesin itu diesel namun masih memakai bensin sebagai bahan bakar. Itu keliru.

Untuk lebih jelasnya berikut kami berikan perbedaan  mesin bensin dan diesel seperti berikut:

1. Bahan Bakar

Seperti yang sudah kami sedikit singgung di atas jika perbedaan paling jelas antara mesin diesel dan mesin bensin ada di bahan bakar yang digunakan. Mesin bensin memakai bahan bakar gasoline (bensin) seperti premium, pertalite atau pertamax. Sementara mesin diesel menggunakan bahan bakar solar.

Lantas, bedanya apa antara bensin dan solar? Yang jelas bensin lebih mahal dari solar.

2. Sistem Pengapian, langkah kompresi dan tekanan kompresi

Untuk sistem pengapian pada mesin berbahan bakar bensin menggunakan busi sebagai pemantik apinya. Sementara pada mesin diesel yang berbahan bakar solar mengusung “self ignition” atau mesin dapat melakukan pembakaran dengan sendirinya. Lha, kok bisa? karena rasio kompresi pada mesin diesel tinggi melebihi rasio kompresi mesin bensin. Nah, efek dari tekanan kompresi yang tinggi itulah yang akhirnya membakar bahan bakar solar.

3. Performa Mesin

Perbedaan mesin otto (bensin) dengan mesin diesel (solar) terletak pada 3 hal : torsion, horse power dan RPM.

Torsi adalah tenaga untuk menggerakkan, menarik atau menjalankan sesuatu sementara horse power bisa diartikan sebagai ukuran tenaga saat mesin sedang bekerja. Horsepower yang tinggi akan membuat RPM makin cepat.

Mesin berbahan bakar bensin memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibanding dengan mesin diesel. Mesin bensin dapat bekerja hingga 8.000 RPM (rotasi per menit) kalau di asumsikan pada kendaraan bermotor maka bisa menembus ratusan kilometer per jamnya.

Tapi ia tidak akan mampu menarik beban berat karena memiliki torsi yang rendah.

Mesin diesel mungkin mempunyai top RPM yang rendah hanya berkisar antara 5.000 sampai 6.000 RPM saja. Namun memiliki torsi yang jauh lebih besar dari pada mesin bensin. Sehingga mesin diesel cukup kuat membawa beban besar. Oleh sebab itu, mesin diesel banyak di aplikasikan pada truk dan bus.

4. Emisi yang dihasilkan

Beda proses pembakaran dan bahan bakar yang digunnakan pastinya berbeda pula emisinya. Mesin berbahan bakar bensin memiliki emisi berupa gas Nox. Sementara mesin diesel menghasilkan emisi berupa diesel particulate matter (DPM). Emisi gas dari bahan bakar solar ini akan berwarna sangat hitam pekat. Namun studi terbaru membuktikan jika emisi solar lebih aman daripada bensin.

mesin-parut-kelapa

Jadi, manakah yang lebih menguntungkan?

Berikut kami berikan kelebihan dan kekurangan mesin parut kelapa bensin dan diesel (berbahan bakar solar) khusus untuk anda:

  1. Mesin parut kelapa bensin

SHODA-GX160-Mesin-Penggerak

Kelebihan :

  • tingkat kebisingannya lebih rendah
  • Memiliki kecepatan putaran roll pisau yang lebih tinggi
  • Harga yang ditawarkan untuk mesin bensin ini lebih murah

Kekurangan :

  • Harga bahan bakar lebih mahal
  • Lebih boros dalam pemakaian bahan bakar
  • Daya tahannya masih kalah jika dibanding dengan mesin diesel, karena mesin bensin lebih cepat panas
  • Tidak cocok untuk mesin parut kelapa dalam jumlah besar yang membutuhkan banyak waktu
  • Biaya perawatan lebih mahal
  1. Mesin parut kelapa diesel (berbahan bakar solar)

dieselKelebihan :

  • Mesin diesel memiliki torsi lebih besar jadi lebih kuat untuk menggiling singkong.
  • Mempunyai efisiensi bahan bakar yang bagus
  • Perawatannya lebih mudah
  • Biaya perawatan juga lebih murah
  • Mesinnya lebih awet
  • Memiliki kapasitas yang lebih besar
  • Bahan bakar lebih murah dan irit

Kekurangan :

  • Harga lebih mahal dari pada mesin bensin
  • Sangat bising
  • Ukuran makan tempat
  • Memiliki emisi yang berwarna hitam pekat dan banyak

Manakah yang lebih menguntungkan, mesin parut bensin ataukah diesel? Semua tergantung kebutuhan dan dana yang anda miliki sekarang.

Leave a comment