mesin pencabut bulu
29 Jul

Langkah yang tepat untuk mencabut bulu ayam adalah dengan merendamnya dahulu pada suhu air yang tidak terlalu panas. Air jangan dalam keadaan mendidih, cukup pada temperatur 52 – 60C selama 3 – 5menit. Jika air terlalu panas, ayam bisa over cook dan teksturnya jadi keras saat di masak. Selesai pencabutan, karkas ayam (ayam yang sudah gundul) dicuci dengan air yang mengalir atau didinginkan (chiling) dengan temperatur 0 – 50C.

Untuk kapasitas industri jagal ayam. Anda pasti membutuhkan mesin pencabut bulu ayam. Mesin ini juga sudah umum di pasaran.

Mesin Pencabut Bulu Ayam

Prinsip kerja alat ini sangat sederhana. Cukup masukan ayam yang sudah direndam kedalam air panas pada tabung silinder. Pada pencabutan manual, seorang pekerja membutuhkan waktu sekitar 15 sampai dengan 20 menit per ekornya. Sementara dengan memakai mesin, anda mampu mencabut bulu 4 ekor ayam dalam 90 detik tergantung kapasitas mesin tersebut.

Bagian-Bagian Mesin Pencabut Bulu Ayam

bagian mesin pencabut bulu ayam
Secara umum mesin ini terdiri dari beberapa bagian seperti gambar diatas. Berikut penjelasas dari bagian – bagian mesin seperti di atas :

1. Frame

frame mesin pencabut bulu ayam

merupakan struktur dari beberapa batang yang terhubung dengan sambungan. Bagian ini berguna untuk meletakan seluruh sparepart mesin.

2. Tabung Silinder


tabung silinder mesin pencabut bulu ayam

Tabung silinder berguna untuk memasukan ayam, bebek, atau jenis unggas lain yang hendak dicabut bulunya.

pengunci tabung silinder pencabut bulu ayamTabung Silinder diperkuat dengan pengunci agar tidak mudah terlepas saat dipasang pada mesin. Dalam tabung silinder juga terdapat rubber finger.

3. Rubber Finger


rubber finger

Benda ini terbuat dari karet dengan bentuk bulatan panjang dan bergerigi. Benda ini berguna sebagai komponen pencabut bulu ayam karena sifatnya lentur dan kesat. Rubber menjadi media yang langsung bersentuhan dengan unggas didalam tabung silinderchicken pluckerKelemahan mesin tipe ini terletak pada penyiraman air yang masih manual dan cenderung tidak merata. Selesai pencabutan, anda harus menyiramkan air supaya bulu-bulu ayam keluar dari tabung.

4. Turn Plate


turn plate

Bagian ini terdapat pada bagian bawah tabung dan bergerak berputar untuk memberikan gaya gesek pada ayam. Bagian ini berputar dengan bantuan motor listrik yang terhubung dengan bantuan v-belt.
v-belt chiken pluckerSelang beberapa waktu, perputaran bagian ini mungkin akan melambat karena terjadi track slip (belt mengendur). Anda cukup menyesuaikan mur pda bagian bawah mesin, namun janngan terlalu kencang.

Selain mesin model tabung silinder, mesin pencabut bulu ayam juga ada yang menggunakan bantuan tangan.

chiken plucker
Hasil pencabutan mesin ini sebetulnya lebih bersih daripada mesin tabung sebab anda bisa menentukan sendiri bagian-bagian ayam yang belum bersih dan mesti dicabut. Pada mesin tabung silinder, ada beberapa bagian yang masih terdapat bulu, seperti ekor ayam.

chiken plucker

Mesin tipe box ini cocok untuk ibu rumah tangga, sebab ukuranya cukup kecil. Namun Ibu rumah tangga zaman ini sering tidak terpikir untuk menyembelih dan mencabut bulu ayam. Sebab jika ingin olahan ayam, cukup beli daging ayam di pasar. Namun jangan salah sangka, pada kebanyakan masyarakat di desa, ayam kampung ingkung menjadi sajian penting untuk selamatan. Pada acara-acara seperti itu, mutlak anda harus menyembelih dan mencabuti ayam sendiri. Membeli daging ayam juga tidaklah tanpa resiko, bisa saja ayam tersebut berfomalin atau ayam tiren. Ayam di penjagalan juga tidak semua pada kondisi hidup saat disembelih. Beberapa sudah mati sebelum disembelih karena diletakan dalam kotak kecil berhimpitan saat di bawa dari peternak ke tempat pemotongan. Jelas ini tidak halal untuk dikonmsumsi.

ayam

Saat berumur 7 minggu, ayam-ayam ini diangkut dengan truk di segala cuaca. Terkadang berpuluh-puluh kilometer jauhnya tanpa makanan dan minuman. Apalagi, menurut pengawas obat diketahui jika 18 dari 30 bahan tambahan obat dan pakan ayam beresiko buat kesehatan tubuh manusia. Belum lagi masalah-masalah seperti perendaman ayam di jagal yang terlalu lama atau air terlalu panas. Bisa-bisa masakan tidak enak.

Solusinya, ya harus membeli sendiri ayam kampung untuk disembelih, karena lebih sehat dan lebih enak. Oke jika anda tidak bisa membeli mesin pencabut bulu ayam tabung karena harganya cukup mahal sekitar 5 juta, sedangkan bentuk box dijual dengan harga 3 juta. Anda bisa membeli mesin yang lebih murah lagi.Hand chiken plucker

Penggunaan mesin ini sama saja dengan mesin silinder atau box. Hanya saja anda butuh dua orang untuk mengoperasikan alat ini agar lebih mudah. Satu memegang ayam dan satunya memegang alat.
Namun apapun itu, kami menaruh banyak keyakinan jika pada umumnya ibu-ibu yang entah di edukasi macam apapun, ayam itu tiren atau berformalin, tetap tidak akan mau menyembelih dan mencabut ayam sendiri. Hanya satu pesan kami, anda harus bisa mengenali apa daging ayam tersebut sehat atau tidak.

perbandingan gambar ayam

Menurut subdit produk halal Direktorat Urusan agam Islam dan Pembinaan Syariah, Kementrian Agama Republik Indonesia, ciri-ciri daging ayam tiren, berformalin atau sehat sebagai berikut.

tabel

Ciri-ciri tersebut setidaknya cukup mewakili apa yang terjadi di pasaran hari ini. Dan bagi pengusaha pemotongan ayam, sebaiknya melakukan hal-hal terpuji dan tidak hanya keuntungan semata. Sebab tindakan kecurangan selalu merugikan semua pihak. Jika anda ingin melipat gandakan usaha anda, sebetulnya mudah dan tidak harus menempuh cara-cara illegal. Hubungi benuamesin.com, kami akan memberi anda solusi pada tiap peluang usaha anda. Flash your business.

Leave a comment