keripik-nangka
18 Feb

Dulu pengolahan buah tingkat lanjut umumnya dibuat dodol, namun semakin kreatifnya dunia kuliner kita sekarang ini menjadikan orang untuk berlomba-lomba menciptakan ide baru. Misalnya ada buah-buahan yang hanya diambil sarinya untuk dijadikan minuman. Yang terbaru, banyak industri rumah tangga yang menjadikan buah-buahan untuk di olah menjadi keripik. Bahkan buah yang sifatnya basah seperti nangka kini juga dapat diolah untuk menjadi keripik. Pernah kan, mencicipi keripik nangka.

Umumnya pembuatan keripik nangka menggunakan mesin Vacuum Frying. Dan kenapa harus memakai mesin vacuum frying, bukan dengan penggoreng biasa?

Jadi begini, mesin penggoreng hampa (Vacuum Frying) merupakan mesin produksi untuk menggoreng berbagai macam buah serta sayuran dengan cara penggorengan hampa. Diketahui, penggorengan vakum merupakan cara pengolahan yang tepat untuk menghasilkan keripik buah dengan mutu tinggi. Sehingga akan menghasilkan produk yang kering dan renyah, tanpa mengalami kerusakan nilai gizi dan flavor seperti halnya yangterjadi pada penggorengan biasa.

mesin-vacuum-frying-satu-barner

Lalu Bagaimana Jika Menggoreng Nangka Tanpa Mesin Vacuum Frying

Cara kerja vacuum frying adalah menghisap kadar air dalam buah nangka dengan kecepatan tinggi agar pori-pori daging tidak cepat menutup, sehingga kadar air dalam buah bisa diserap dengan sempurna. Prinsip kerja ini terjadi dengan mengatur keseimbangan suhu dan tekanan vakum. Suhu tidak boleh melebihi 90˚C dan tekanan vakum antara 65 – 76 cmHg.

Pada kondisi vakum, suhu penggorengan bisa diturunkan menjadi 70-85°C sebab penurunan titik didih air. Dengan sistem penggorengan seperti itu, produk-produk pangan yang rusak dalam penggorengan pakai wajan biasa, maka bisa digoreng dengan baik. Umumnya, penggorengan dengan tekanan rendah bisa menghasilkan produk dengan tekstur yang jauh lebih renyah dengan warna yang lebih menarik. Penggorengan vakum juga menghasilkan kandungan minyak yang lebih sedikit serta lebih ringan.

Dan menggoreng nangka dengan metode biasa, seperti menggoreng tempe, sebetulnya tidak akan bisa sesempurna dengan mesin vacuum. Namun kalau anda ingin mencoba untuk menggoreng nangka dengan wajan biasa. Tips berikut ini bisa anda terapkan.

Bahan:

  • Buah nangka mentah atau setengah matang
  • Bubuk kunyit satu sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Air 4 sendok makan
  • Minyak sayur secukupnya untuk penggorengan

Cara Membuat:

  • Jika memakai nangka segar, sebaiknya Anda mengoleskan pisau dan tangan dengan minyak terlebih dahulu sebelum memotong sebab buahnya mengandung lateks lengket.
  • Potong buah menjadi setengah dan buang
  • Potong buah menjadi irisan panjang serta tipis. Sebaiknya memotong buah secara dengan merata untuk menggoreng yang lebih baik.
  • Campurkan bubuk kunyit, garam dan air ke dalam wadah kecil dan aduk hingga tercampur rata.
  • Panaskan penggorengan dengan api sedang-tinggi kemudian tambahkan minyak secukupnya untuk menggoreng. Masukan potongan-potongan buah dan goreng sembari diaduk.
  • Saat menggoreng nangka sebaiknya tambahkan sekitar 1/2 sdt kunyit, air, lalu campuran garam. Aduk hingga merata.
  • Saat menambahkan campuran kunyit, mundurlah karena minyak akan mengeluarkan sedikit bunyi; jangan panik, itu akan segera beres.
  • Goreng keripik hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah itu tiriskan.

Selain menggoreng sebetulnya membuat keripik nangka bisa di lakukan dengan oven. Tentu saja, cara ini lebih sehat jika di banding metode penggorengan yang memakai minyak.

Cara membuat keripik nangka dengan oven

Bahan :

  • 2 kg buah nangka setengah matang
  • 9,5 gr asam sitrat
  • 95 gr garam
  • 250 gr gula pasir
  • 1,75 gr natrium metabisulfit
  • 200 gr gamping / kapur sirih

Cara Membuat keripik nangka :

  1. Ambil buah nangka satu per satu.
  2. Rendam buah nangka dengan air kapur sirih/gamping sekitar 5 jam.
  3. Setelah selesai. Ambil dan segera dicuci sampai bersih. Tiriskan sampai semua air hilang.
  4. Campur natrium, asam sitrat, gula, garam dalam segelas air.
  5. Rendam buah nangka.
  6. Tiriskan dan taruh dalam Loyang.
  7. Masukan ke oven sekitar 30 menit.

Tips :

Jika ingin menambahkan rasa pada keripik nangka, sebelum buah nangka di oven kita bisa mengoleskan madu atau perasa lain.

Itulah 2 cara mengolah keripik nangka tanpa mesin vacuum frying. Namun hasil pengolahan sederhana lewat oven dan penggorengan tidak akan sebagus mesin. Tentu saja kalau tujuanya usaha maka anda wajib memakai mesin vaccum frying.

Setelah semua selesai, anda tinggal mengemas keripik yang telah diolah. Dan penting untuk memperhatikan cara pengemasan yang baik agar tidak cepat basi.

Pengemasan Keripik Nangka Yang Baik

Pola pengemasan untuk snack pada umumnya menggunakan media plastik dan alumunium foil. Pemakaian kedua jenis kemasan untuk menyimpan makanan ringan adalah metode yang kerap digunakan sebab biaya untuk membeli plastic ataupun alumunium foil termasuk lebih murah serta efisien dalam upaya menguatkan daya tahan keripik nangka. Semakin bagus kualitas kemasan maka akan bisa memperpanjang umur dari produk yang disimpan.

Aluminium memiliki sifat yang ringan, tidak mudah korosi (berkarat), serta lebih kuat daya tahannya terhadap panas dan dingin dibanding plastik. Dari uji coba daya tahan keripik nangka saat dikemas dengan plastik, produk yang dikemas dengan alumunium foil mampu bertahan sampai 3 bulan maksimal, lebih dari itu produk akan mengalami perubahan tekstur.

Leave a comment