13 Feb

VCO (virgin coconut oil) yang juga dikenal sebagai minyak kelapa murni ini diperoleh dari hasil penyulingan santan.

VCO berbeda dengan minyak goreng dari kelapa biasa, sebab VCO diolah tanpa proses pemanasan, sehingga kandunganya masih murni dan utuh.

Minyak kelapa murni ini memiliki ciri warna yang lebih bening dan bersih, serta aroma khas kelapa yang menyegarkan. Biasanya VCO digunakan sebagai minyak rambut, penghilang gatal, masker wajah, bahan kecantikan lainya atau diminum untuk menajaga kesehatan tubuh.

Dari yang kita tahu, minyak kelapa bisa diminum untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja. Akan tetapi, tahukah kalian jika VCO dapat ber manfaat untuk menyembuhkan penyakit ginjal? Simak selengkapnya disini!

Manfaat VCO Untuk Ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa menjadi parah jika tidak segera diobati.

Penyakit ini terjadi karena menurunnya fungsi ginjal untuk menyaring darah, sehingga zat sisa makan serta racun pada darah tidak dapat dikeluarkan.  Jika itu terjadi terus menerus makan maka akan jalan-jalan dengan darah pada suluruh tubuh dan menumpuk.

Hal seperti itulah yang menyebabkan penderita penyakit ginjal rentan menderita komplikasi. Dan bisa menimbulkan beberapa masalah seperti pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, kelemahan, kurang tidur, dan sesak napas.

Jika tidak cepat dan tepat penanganannya, maka penyakit ginjal bisa menjadi akut. Bahkan pada kasus yang lebih parah pengobatan terakhir yang diberikan jika ginjal sudah benar-benar tidak berfungsi biasanya dilakukan cuci darah atau transplantasi ginjal.

Nah, sebelum hal buruk ini terjadi, maka jaga baik-baik kesehatan ginjal Anda. Dengan tubuh yang sehat, maka organ tubuh juga akan sehat. Jangankan penyakit ginjal, flu dan batuk saja tidak akan berani menempel pada tubuh Anda.

Selain dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, dan olahraga secara teratur, Anda bisa juga mengambil manfaat dari VCO untuk menjaga kesehatan ginjal anda.

Lah kok bisa minyak kelapa bagus untuk menjaga kesehatan ginjal?? Padahal kan banyak orang percaya jika mengonsumsi minyak kelapa justru dapat menimbulkan penyakit kolesterol.

Hal tersebut telah dibantah oleh sebuah penelitian Monseratt yang dilakukan di Amerika Serikat pada beberapa tahun lalu.pada penelitian tersebut menunjukkan jika penderita gagal ginjal yang rutin mengonsumsi minyak kelapa murni, malah cenderung memiliki risiko kematian yang menurun bahkan sampai hilang sama sekali.

Hal itu terjadi karena minyak kelapa murni tidak melalui pemrosesan dan campuran bahan lain sehingga masih banyak mengandung kolesterol baik.

Minyak kelapa murni (VCO) juga mengandung asam laurat yang berfungsi menambah kekebalan tubuh sekligus memperlancar metabolisme. Dengan meningkatnya sistem imun, maka metabolisme tubuh pun semakin lancar. Selain itu, risiko penurunan kerja organ juga dapat dihindari.

Selain menyehatkan ginjal, VCO juga sangat bagus sebagai pendamping program diet lho. Kandungan asam lemak rantainya mampu mengubah lemak jahat untuk dubah menjadi energi. Jadi cocok banget nih VCO sebagai pengganti obat peangsing yang banyak dijual di apotik.

Lantas, bagaimana cara mengobati ginjal dan menjaga kesehatannya dengan minyak kelapa murni (VCO)?

Cara Minum VCO Untuk Ginjal Dan Kesehatan Tubuh

Cara konsumsi VCO untuk menjaga kesehatan ginjal bisa anda lakukan seperti berikut:

1. Dengan cara diminum secara langsung

Untuk menjaga kekebalan tubuh anda cukup mengkonsumsi 2 sendok VCO setiap hari secara rutin. Sedangkan untuk penyakit ginjal, anda bisa konsumsi VCO sebanyak 3x sehari masing-masing 1 sendok.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka konsumsi VCO secara rutin bisa menjadi solusi anda.

2. Dapat dikonsumsi dengan dicampurkan pada makanan

Cara ini mungkin yang paling nikmat, karena anda bisa gunakan VCO sebagai creamer roti, pengganti mentega, bisa dicampurkan pada minuman atau jus.

3. Digunakan sebagai pengganti minyak goreng

Meskipun digunakan untuk menggoreng, khasiat dari VCO tidak akan berubah sama sekali. Justru menggoreng dengan VCO tidak menganduk lemak jahat sama sekali.

4. Digunakan sebagai obat oles

Untuk pemakaian dari luar ini bisaanya VCO dimanfaatkan sebagai pelembab kulit untuk membantu mengurangi peradangan akibat masalah lain seperti jerawat.

Anda bisa pilih sendiri, cara mana yang kira-kira lebih tepat dan enak untuk anda gunakan. Untuk cara membuat minyak kelapa murni (VCO) bisa anda cek pada link berikut: Cara mudah membuat VCO dirumah

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a comment