kucing
05 Feb

Kebanyakan orang memberikan makan saja pada kucing tanpa perawatan yang benar. Padahal kucing juga bisa menularkan penyakit ke manusia. Contohnya seperti rngworm, tosoplasma, bahkan sampai infeksi cacing tambang. Dan disini anda mesti mulai memikirkan tentang VCO.

Kenapa kok VCO ?

Jadi begini. Kandungan yang paling tinggi dalam VCO adalah asal laurat. Asam laurat ini memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, serta antioksidan yang akan menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, VCO juga mengandung asam lemak rantai sedang yang  memiliki sifat anti jamur, anti virus, dan anti kanker. Kandungan-kandungan ini mampu memperbaiki imunitas pada kucing.

vco_bayiNamun sebetulnya bukan itu saja. Masih banyak manfaat lain dari VCO untuk kucing. Apa saja itu ? ini dia.

1. Meningkatkan kelembapan dan melebatkan bulu

sama seperti manusia, VCO bisa membantu dalam melembabkan kulit kucing. dengan kulit yang lembab maka bulu tidak rontok. VCO juga bisa membantu dalam menyuburkan bulu dan melembutkan bulu.

2. Menghilangkan Bau

Ketika VCO dioleskan pada tubuh kucing, maka aroma VCO yang khas akan terasa. Selain itu, pemberian VCO pada gigi dan mulut kucing juga bisa menghilangkan bau tak sedap.

3. Menyembuhkan luka

Luka pada kucing bisa disebabkan karena cakaran atau bekas gigitan kucing lainya. Luka terbuka yang terlalu lama, bisa menyebabkan masuknya bakteri dan jamur yang bisa menginfeksi luka menjadi lebih parah. Dengan penggunaan VCO ini, akan mempercepat penyembuhan sehingga luka tidak lebih parah.

4. Mengobati dan mencegah penyakit kulit

Kulit kucing rawan terkena penyakit kulit seperti kudis yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri dan jamur. Kandungan anti bakteri pada VCO bisa membantu membunuh bakteri dan jamur sehingga infeksi segara sembuh sekaligus mencegah bakteri dan jamur bersarang kembali pada kulit kucing.

5. Membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan

VCO bisa diberikan pada hewan yang dapat membantu melancarkan pencernaan pada kucing. VCO juga bisa membantu sebagai detoksifikasi dari racun, virus, dan bakteri. Sehingga kucing akan senantiasa sehat, dan kekebalan tubuh meningkat.  Dengan kekebalan tubuh yang meningkat, juga menjadikan kucing sehat, tidak mudah flu atau batuk pada musim-musim tertentu.

6. Terapi telinga Kucing

Telinga kucing menjadi salah satu bagian lipatan yang paling sering kotor. Bagian ini yang paling sering terinfeksi jamur yang menyebabkan infeksi. Pengolesan VCO bisa dilakukan pada telinga kucing untuk mengatasi jamur sekaligus mencegah jamur bisa bersarang disana. Jangan lupa juga untuk tetap membersihkan telinga kucing secara rutin, supaya tetap terjaga kebersihanya.

7. Meningkatkan energi

Kucing seringkali malas-malasan ketika sudah merasa kenyang. Jika Anda memberikan VCO yang dicampurkan pada makanan kucing secara rutin, kucing Anda akan memiliki banyak energi untuk bergerak. Sama seperti manusia, kucing yang memiliki banyak aktifitas dan gerakan juga membuatnya tetap sehat dan segar.

8. Menyehatkan tulang dan sendi pada kucing

VCO bisa membantu melumasi dan menyembuhkan daerah tulang dan sendi pada kucing. Lemak minyak kelapa dapat meningkatkan aktivias tiroid, hal ini akan mencipatakn dorongan dalam tingkat energi, metabolisme, dan membakar lemak lebih banyak.

9. Melingdungi kaki dan kuku kucing

Kaki kucing sering mengalami kering atau pecah-pecah. Dengan penggunaan VCO, telapak kaki kucing akan tetap lembab dan kukunya semakin sehat dan kuat.

Bagian kaki juga biasa dijilati oleh kucing, jika diberikan VCO sekaligu akan memberikan manfaat yang lebih pada kucing.

Cara Pemberian VCO Untuk Kucing

Untuk pengobatan luar seperti infeksi kulit akibat jamur atau luka pada kucing, anda bisa memberikan VCO minimal 2 kali sehari selama 3 hari. Jika belum ada perubahan, bisa dilanjutkan 1 hingga 2 bulan kedepan. Berikan secara rutin agar infeksi benar-benar sembuh. VCO bisa dioleskan merata pada seluruh tubuh kucing dan berikan lebih banyak pada bagian yang terinfeksi luka atau jamur.  Lambat laun jamur atau luka akan sembuh, dan bulu akan tumbuh kembali.

Jika diberikan ke kucing untuk konsumsi bisa dicampurkan dengan makanan sebanyak 1 ml sekali sehari. Untuk menjaga kesehatan kucing bisa diberikan seminggu sekali atau dua kali. Jika terjadi mencret pada kucing setelah pemberian VCO, tidak perlu khawatir. Karena hal itu merupakan mekanisme kerja tubuh kucing untuk beradaptasi. Flora usus di dalam organ pencernaan kucing tidak semua dapat beradaptasi dengan cepat.

Leave a comment