12 Feb

Bukan hanya pohonnya yang memiliki berjuta manfaat, hasil pengolahan dari buah kelapa juga memiliki banyak sekali manfaat lho.

Salah satunya yaitu VCO yang punya segudang manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu minyak gorengnya juga sehat, bahkan air kelapanya juga bermanfaat untuk membantu dalam keshatan tubuh bagi ibu hamil.

Nah, jika kemarin kami sudah membahas santan kelapa yang dapat di oleh menjadi VCO, kali ini akami akan membahas tentang manfaat dari santan itu sendiri.

Baca juga:

Manfaat Santan Kelapa Untuk Rambut

Seperti halnya VCO, santan sendiri juga memiliki kandungan yang masih lengkap dan utuh. Jadi, santan tidak hanya berakhir sebagai bumbu dapur atau kuah dalam sayuran saja nih?? Ye, bener banget gan.

Usut punya usut ternyata, santan juga memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan. Salah satunya untuk yaitu untuk rambut.

Pastinya sis n bro sudah tau sendiri jika rambut adalah mahkota bagi setiap insan utamanya bagi wanita. Baik panjang atau pendek, keriting atau lurus, yang jelas rambut adalah hal yang sangat penting untuk lebih mempercantik penampilan.

Sayangnya sama seperti kulit, rambut juga merupakan bagian tubuh yang mudah sekali rusak karena perawatan yang dilakukan sehari-hari seperti catok, rebonding atau smoothing.

Kerusakan pada rambut seperti kering, pecah-pecah, atau bahkan bisa mudah rontok dan menipis ini pasti akan sangat mengganggu anda. Nah, jika sudah seperti ini, maka harus melakukann perawatan yang lebih ekstra agar rambut bisa kembali sehat.

Dan santan bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut rusak!!

Berikut beberapa manfaat santan kelapa yang dapat membantu anda dalam mengatasi masalah rambut yang paling umum terjadi.

1. Memperbaiki rambut yang rusak

Rambut yang rusak memiliki banyak ciri-ciri, seperti bercabang, kering, rapuh. Santan kaya akan kandungan minyak yang sangat tinggi. Sehingga mampu mengembalikan kelembapan alami pada kulit. Kandungan nutrisinya yang juga sangat tinggi akan meresap dan menutrisi serta memperbaiki kembali rambut yang rusak.

Untuk memperbaiki rambut rusak, santan digunakan untuk creambath. Teteskan santan pada kulit kepala secukupnya, dan pijat selam 3 manit. Kemduian diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

2. Menyuburkan rambut dan mengatasi rambut rontok

Santan juga dapat digunakan untum engatasi kerontokan rambut sekaligus menyuburkan kembali rambut. Kandungan pada santan akan menutrisi pangkal rambut dan mengauatkanya. Sehingga rambut tidak akan rontok sekaligus menyuburkannya. Untuk perawatan rambut tontok, gunakan santan untuk creambath seminggu sekali. Oleskan santan kental pada kulit kepala, pijat dengan lembut beberapa menit agar peredaran darah lancar dan nutrisi bisa meresap sempurna. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

3. Kondisoner alami

Santan juga bisa dijadikan sebagai kondisioner pada rambut. Kandungan minyak alami pada santan akan menjadikan rambut lebih lembut dan  mudah diatur. Dengan penggunaan secara rutin, maka rambut juga akan semakin sehat dan berkilau. Untuk dijadikan kondisioner, aplikasikan santan pada rambut setelah keramas. Untuk rmbut yang kusut, bisa meneteskan sedikit santan ke rambut kemudian sisir hingga rata.

4. Mengatasi ketombe

Ketombe terjadi karena adanya bakteri, kulit kepala yang kering, atau ketidaksimbangan pH pada kulit kepala. Santan kelapa akan memberikan sensasi rasa dingin pada kulit kelapa, dan membantu dalam membunuh bakteri penyebab ketombe. Tingkat keasaman pada santan yang mirip dengan kulit kepala, akan membantu dalam menyeimbangkan pH, sehingga ketombe bisa mereda.

Untuk mengatasi ketombe ini perawatan yang bisa dilakukan dengan mencampurkan setengah gelas santan segar, satu gelas jus nanas tanpa gul atau susu, san setengah gelas air kelapa. Gunakan campurn tersebut untuk mencuci rambut3-5hari sekali. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air sampai bersih setelahnya.

5. Memberikan nutrisi pada rambut

Rambut membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk bisa tumbuh dengan sehat. Dan santan mengandung beberapa nutrisi tersebut, sehingga penggunaan santan pada rambut hingga kulit kepala akan menutrisi. Apalagi jika ditambhakan pijatan, kulit kepala dan rambut akan kembali sehat. Rambut yang sehat adalah rambut yang lebat, hitam, tidak rontok, dan tidak bercabang.

” Untuk mendapatkan hasil santan peras yang berkualitas, gunakan mesin pemeras santan rekomendasi kami berikut:

Dengan penggunaan santan kelapa secara rutin, maka hasil yang didaptkan juga bisa lebih baik dan efektif. Sayangnya, hingga kini masih belum ada penelitian yang nyata akan manfaat dari santan untuk rambut ini. Untuk itu, hasil tidak bisa dipastikan. Tergantung pada jenis rambut dan jenis kulit kepala masing-masing pengguna.

Leave a comment