Virgin-Coconut-Oil
25 Jan

Minyak kelapa bukan idola baru dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Tidak hanya sebagai pangan fungsional, ia juga bermanfaat untuk merawat rambut, kulit, dan wajah. Artikel ini akan membahas manfaat minyak kelapa untuk wajah.

Mengapa minyak kelapa kaya akan manfaat? Salah satunya karena minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang yang mudah dicerna dan dioksidasi oleh tubuh sehingga banyak memberikan manfaat tanpa penimbunan di dalam tubuh (R).

Apa sih kandungan minyak kelapa yang membuatnya bermanfaat ?

Komponen utama minyak kelapa adalah asam lemak jenuh sekitar 90% dan asam lemak tak jenuh sekitar 10%. Asam lemak jenuh minyak kelapa didominasi oleh asam laurat. Minyak kelapa mengandung ± 53% asam laurat dan sekitar 7% asam kaprilat. Di dalam tubuh manusia asam laurat akan diubah menjadi monolaurin yang bersifat antivirus, antibakteri dan antijamur (R).

Organic-VCO

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah

  • Membantu mengatasi jerawat

Asam laurat dan asam kaprat pada minyak kelapa efektif melawan bakteri gram positif dan gram negatif termasuk Propioni acne, bakteri penyebab jerawat. Selain itu, efek antiinflamasinya efektif dalam mengurangi peradangan yang seringkali menyertai munculnya jerawat (R).

Meski bisa mengatasi jerawat, namun minyak kelapa kurang sesuai untuk orang dengan kulit berminyak. Minyak kelapa bersifat komedogenik, yang berarti dapat menyumbat pori-pori. Akibatnya, justru dapat memperburuk jerawat bagi sebagian orang.

  • Mengatasi bekas jerawat

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, setelah timbul jerawat munculah bekasnya. Bekas jerawat terjadi karena kerusakan serat kolagen yang mengelilingi pori. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mencoba minyak kelapa untuk meningkatkan kolagen dan memperbaiki kulit. Beberapa orang bahkan mencoba minyak kelapa untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat.

Salah satu kandungan utama dalam minyak kelapa adalah antioksidan vitamin E yang dipercaya dapat mengatasi bekas luka dan kondisi dermatologis lainnya. Meskipun kebanyakan penelitian dilakukan menggunakan vitamin E, bukan minyak kelapa, tidak sedikit yang berhasil mengatasi bekas jerawat ringan dengan minyak kelapa.

  • Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan seperti tokoferol dan betakaroten dalam minyak kelapa sangat tinggi. Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Seperti menunda keriput dan kulit kendur yang biasanya semakin menonjol seiring bertambahnya usia. Selain itu minyak kelapa dapat mencegah penyakit degeneratif dan menjaga vitalitas tubuh (R, R).

  • Menjaga kelembaban kulit wajah

Minyak kelapa merupakan solusi yang aman untuk mencegah kulit kering dan terkelupas. Ia efektif untuk melembabkan semua jenis kulit termasuk kulit kering. Studi pada individu dengan kulit kering menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit. Bahkan ia juga dapat mengurangi gejala penyakit kulit seperti kulit kering/xerosis, eksim, dan dermatitis (R, R).

  • Sunscreen wajah alami

Menurut penelitian, minyak kelapa merupakan salah satu minyak alami yang sering digunakan dalam kosmetik. Ia memiliki SPF 7-8, hampir setara dengan minyak zaitun/olive oil. Ini membuatnya populer dalam formulasi kosmetik seperti krim, lotion, dan sunscreen wajah (R).

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari minyak kelapa, sebaiknya Anda memilih VCO. Mengenai perbedaan minyak kelapa dengan VCO, pernah kami bahas disini.

Pada zaman modern seperti sekarang ini, tidak sulit untuk memperoleh VCO. Bila tidak punya banyak waktu untuk membuat sendiri, atau malas berputar-putar mencari VCO di apotek atau toko herbal, tinggal buka HP dan beli online saja.

Ditulis oleh : Husna Arifatul M.,S.Farm.,Apt.

Leave a comment