infeksi-kulit-bayi
31 Jan

Perawatan untuk kulit bayi haruslah dilakukan dengan baik. Pasalnya kulit bayi sangat sensitif dan mudah iritasi. Mulai dari ruam yang disebabkan popok, iritasi terhadap baju, bahkan sampai iritasi karena air kencingnya sendiri. Jika tidak segera diatasi, iritasi seperti ini bisa jadi infeksi.

Terdapat beberapa produk yang memang diciptakan khusus untuk mengatasi iritasi. Akan tetapi, tak sedikit juga yang malah membuat iritasinya semakin parah. Akan lebih baik jika perawatan pada bayi menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa murni.

Virgin coconut oil (VCO) memiliki kandungan yang masih utuh dan alami, sehingga aman untuk digunakan bahkan bayi sekalipun.

Berikut manfaat minyak kelapa untuk bayi :

  1. Mengatasi ruam pada kulit

Ruam pada kulit bayi paling sering terjadi. Biasanya karena pengguaan popok atau ruam karena adanya iritasi kulit. Yang mengakibatkan rasa panas dan perih pada kulit, tentu saja akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Menggunakan minyak kelapa murni untuk mengobati ruam pada bayi sangatlah tepat. Minyak kelapa ini juga akan membantu dalam mencegah ruam tersebut datang kembali. Selain ruam karena penggunaan popok, iritasi pada kulit bayi juga bisa disembuhkan dengan minyak kelapa ini. (R)

  1. Mengobati gigitan serangga

Gigitan serangga terutama nyamuk sangat sulit dihindari, apalagi untuk bayi. Akibat dari gigitan nyamuk biasanya akan merah dan terasa gatal. Minyak kelapa akan membantu dalam meredakan rasa gatal sekaligus menenangkan kulit bayi yang memerah.

  1. Meredakan pilek

Pilek pasti akan membuat bayi rewel karena rasa tidak nyaman dan kesulitan bernafas. Minyak kelapa bisa dicampur dengan minyak esensial seperti eukaliptus atau pappermint. Gabungan keduanya sudah sering digunakan oleh ibu-ibu untuk mengatasi pilek pada bayi. Campur kedua bahan tersebut, kemudian oleskan tersebut pada dada bayi secukupnya dan diamkan sepanjang malam. (R)

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Beberapa bayi memiliki rambut yang tipis atau lama untuk tumbuh. Minyak kelapa bisa membantu dalam menumbuhkan rambut. Kandungan vitamin E dan K pada minyak kelapa dapat merangsang akar rambut agar lebih kuat dan cepat tumbuh. Selain itu, rambut juga akan terlihat lebih tebal dan hitam. Cara penggunaannya cukup mudah, dengan membasalahi rambut bayi dengan air hangat, kemudian tuang minyak kelapa pada kulit kepala bayi secukupnya. Pijat dengan lembut dan perlahan dan diamkan selama setengah jam. Selanjutnya bilas dengan air hangat sampai bersih. (R)

  1. Mengobati dermatitis seboroik (cradle cap)

Cradle cap merupakan kondisi kulit kepala bayi yang kering dan terinfeksi bakteri penyebab ketombe pada orang dewasa. Kulit kepala bayi akan bersisik dan berwarna kecoklatan biasanya. Semakin lama sisik tersebut akan mengelupas. Minyak kelapa bisa untuk mengatasi masalah ini.  Oleskan minyak kelapa pada kepala bayi secukupnya, kemudian pijat ringan dan lembut. Diamkan selama 10-20 menit. Sisir perlahan rambut bayi dengan sisir khusus untuk membantu menghilangkan kulit yang mengelupas. Setelahnya bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

Leave a comment