manfaat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil
05 Feb

Salah satu pelepas dahaga alami tertua yang diketahui manusia adalah air kelapa. Minuman ini murah, mengandung banyak vitamin, mineral, dan elektrolit yang baik untuk tubuh. Tidak hanya menyehatkan, air kelapa juga berfungsi sebagai penambah energi ketika lelah dan menggantikan cairan tubuh yang hilang  ketika dehidrasi.

Apakah air kelapa muda baik untuk ibu hamil?

Wanita hamil sering mengalami ketidaknyamanan seperti mual, muntah, kelelahan dan dehidrasi. Hal ini normal. Konsumsi air kelapa akan membantu ibu hamil mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

Selain baik bagi kesehatan, apa saja manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil? Mari simak ulasan kami.

benefits-of-coconut-water-

  1. Meningkatkan sistem imun

Beberapa ahli berpendapat bahwa kandungan antioksidan, vitamin dan mineral penting dalam air kelapa muda juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, antioksidan dalam air kelapa setara dengan vitamin C (15 mg/100mL). Oleh karena itu minum air kelapa muda saat hamil baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan (R, R).

  1. Membantu melawan infeksi

Kelapa muda mengandung asam lemak rantai sedang yang tinggi seperti asam laurat dan asam kaprilat. Di dalam tubuh manusia asam laurat akan diubah menjadi monolaurin yang bersifat antivirus, antibakteri dan antijamur. Oleh karena itu konsumsi kelapa muda selama kehamilan dapat melindungi ibu dan janin agar tidak mudah terserang penyakit (R).

Dalam 100 mL air kelapa muda, mengandung 19 kalori, dengan komposisi 95% air, 4% karbohidrat, dan 1% lemak. Untuk mendapat manfaat yang lebih baik dari kelapa muda, ibu hamil sebaiknya tidak hanya mengkonsumsi airnya namun beserta daging buahnya juga.

  1. Membantu mengurangi kelelahan dan mencegah dehidrasi

Pada kehamilan trimester pertama wanita seringkali mengalami morning sickness atau rasa mual dan muntah akibat efek hormonal pada kehamilan. Selain itu tubuh masih beradaptasi dengan adanya janin di dalam kandungan sehingga muncul berbagai keluhan seperti peningkatan stres saat melakukan aktivitas sehari-hari dan peningkatan kebutuhan air karena penyerapan air yang tinggi.

Bila tidak ditangani dengan benar, hal ini bisa menyebabkan dehidrasi. Minum air kelapa muda dengan kandungan nutrisi, vitamin, mineral dan elektrolit dapat membantu rehidrasi tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

  1. Membantu meringankan sembelit

Sembelit merupakan masalah pencernaan umum yang dihadapi oleh wanita hamil. Minum air kelapa dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit. Kandungan nutrisi dalam air kelapa muda membantu mendetoksifikasi tubuh, mempertahankan dan mengatur keasaman lambung, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi rasa mual.

  1. Menjaga kesehatan saluran kemih

Adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih membuat wanita hamil seringkali ingin buang air kecil. Air kelapa muda merupakan diuresis alami yang aman untuk ibu hamil.

Sifat diuresis ini akan meningkatkan aliran urin yang penting untuk menjaga kebersihan saluran kemih. Meskipun banyak cairan yang akan keluar namun air kelapa mengandung elektrolit seimbang yang mencegah terjadinya dehidrasi. Efek sinergis ini bisa menjaga kesehatan ginjal, mencegah infeksi saluran kemih dan meminimalkan kemungkinan persalinan prematur (R).

Air kelapa muda memang memiliki banyak manfaat, khususnya untuk ibu hamil. Namun tetap saja tidak baik bila dikonsumsi berlebihan. Ia juga tidak dapat menggantikan peran air putih. Sehingga konsumsi air putih sesuai anjuran tidak boleh ditinggalkan.

Sedikit tips dari kami, sebaiknya konsumsi air kelapa muda beserta daging buahnya agar manfaat yang didapat lebih optimal. Minumlah air kelapa dari buah yang muda dan segar. Upayakan untuk mengkonsumsinya segera setelah dipotong karena nutrisinya bisa berkurang bila terlalu lama terpapar udara luar.

Ditulis oleh: Husna Arifatul M.,S.Farm.,Apt.

Leave a comment