manfaat ampas minyak kelapa
05 Feb

Ampas minyak kelapa atau yang biasa dikenal dengan sebuatan kethek atau blondo di daerah yogyakarta dan solo ini diperoleh dari proses pembuatan minyak goreng dari kelapa dengan cara tradisional.

Cara pembuatan minyak kelapa tradisional ini dikenal dengan wet proces (proses basah). Cara pembuatanya yaitu dengan memarut kelapa untuk diambil santannya. Santan kemudian di panaskan sambil diaduk agar tidak mengering, sampai santan berubah menjadi gumpalan ampas dan keluar banyak minyak. Dan Minyak inilah yang nantinya akan digunakan sebagai minyak goreng.

Tapi sayang sayangnya cara pembuatan minyak secara tradisional seperti di atas sudah tidak banyak dilakukan, sebab kalah dengan kehidupan yang serba instant seperti saat ini. Kebanyakan ibu ibu muda masa kini lebih sibuk dengan bekerja, sehingga memilih membeli minyak di toko atau supermarket dari pada harus membuat minyak goreng sendiri.

Hal tersebut sangat berbeda dengan yang dilakukan ibu-ibu dari daerah pedesaan yang memang sampai sekarang masih banyak yang menggunakan cara tradisional dalam membuat minyak kelapa. Karena selain lebih hemat, minyak kelapa olahan sendiri lebih memiliki rasa yang gurih khas kelapa.

Pemanfaatan Ampas Minyak Kelapa

Bukan hanya minyaknya, ampas dari sisa pengolahan minyak kelapa juga banyak yang memanfaatkannya lho. Bahkan saat ini banyak ampas minyak kelapa yang dijual belikan dipasaran. Berikut beberapa manfaat ampas minyak kelapa atau blondo :

1. Dijadikan Pakan ternak

Di beberapa daerah di Indonesia seperti Palopo, ampas minyak kelapa masih belm dimanfaatkan dengan baik. Disana ampas minyak kelapa hanya dibuang begitu saja atau dijadikan pakan ternak.

2. Dijadikan makanan

Dari dulu ampas minyak kelapa sudah dimanfaatkan masyarakat untuk dijadikan makanan. Malah kadang dimakan langsung bersama nasi hangat atau nasi tiwul. Kini pengolahan blondo untuk dijadikan makanan juga sudah beragam. Biasanya blondo diolah menjadi sambal, dicampur dengan nasi goreng. Bahkan didaerah minahasa, blondo dianggap sebagai penyedap masakan. Sehingga biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan tumis. Kalau mau dikembangkan lebih lanjut, blondo bisa dijadikan gethuk dan makanan lainya.

3. Dijadikan camilan

Kalau dulu blondo hanya digunakan sebagai bahan makanan, kini perkembangan blondo sudah semakin pesat walaupun tidak terlalu  banyak. Blondo bisa diolah dijadikan camilan, contohnya adalah cookies blondo, permen blondo, atau agar-agar blondo.

4. Mengandung banyak protein yang bagus untuk kesehatan

Daging buah kelapa mengandung minyak, portein dan masih banyak lagi, ketika proses pengendapan pada pembuatan minyak, itu artinya juga pengendapan protein dari buah kelapa. Selain itu, kandungan lainya seperti Lysin yang berfungsi untuk mendukung produksi kolagen, stabilitas dinding arteri (pembuluh darah) dan menghilangkan plak.

Dan arginin bermanfaat untuk meningkatkan relaksasi, mengurangi ketegangan dinding arteri, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan Metionin sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang tubuh, terutama pada anak-anak.

Siapa yang menyangka, jika ampas dari pembuatan minyak kelapa ini ternyata memiliki beberapa macam manfaat utama untuk kesehatan seperti di atas. Sayangnya, dibeberapa daerah seperti palopo, ampas dari minyak kelapa ini tidak dimanfaatkan sama sekali bahkan mereka langsung membuangnya tanpa pikir panjang.

Padahal, jika mau mengolah ampas minyak kelapa ini bisa menjadi hidangan yang sangat nikmat dan juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Leave a comment