manfaat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil
12 Feb

Siapa sih, yang tidak tahu tentang minuman yang satu ini? Minuman pelepas dahaga yang menyegarkan tubuh. Ya, Apalagi kalau bukan air kelapa hijau. Air kelapa merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh kebanyakan orang di Indonesia. Kebanyakan orang menyukai minuman ini tanpa alasan. Pasalnya, air kelapa selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Salah satunya untuk kesuburan pria dan wanita.

Sejumlah penelitian menyebut jika air kelapa banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat, serta vitamin C. Akan tetapi kandungan vitamin C dalam air kelapa hanya sedikit, sekitar 2,4 mg. Kandungan mineral dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Kandungan mineral dalam air kelapa lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Dan apa khasiat semua kandungan ini untuk kesuburan. Mari simak.

jenis-kelapa-merah

Air Kelapa Hijau Untuk Kesuburan Pria

  • Meningkatkan Vitalitas Pria

Kebanyakan pria saat ini mengkonsumsi rokok yang berlebihan. Kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan vitalitas pada pria menurun. Ternyata mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin dan tidak berlebihan, juga dapat mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang mengganggu tingkat kesuburan pria.

  • Meningkatkan kualitas sperma

Manfaat air kelapa hijau selain untuk meningkatkan vuitalitas pria, bisa juga untuk meningkatkan kualitas sperma. Jika vitalitas pria sudah bagus, maka sperma yang dihasilkan akan banyak dan sangat berkualitas.

Diambil dari beberapa sumber, ternyata air kelapa muda mempu menutrisi pembuatan semen pria. Semen adalah cairan yang dibutuhkan untuk menutrisi sperma. Selain itu, dalam dalam percobaan secara in-vitro diterangkan bahwa ketika mengkonsumsi air kelapa muda yang masih muda mampu meningkatkan motilitas sperma pria. Motilitas aertinya kemapuan sperma laki-laki untuk bergerak dan berenangmenuju tuba fallopi untuk membuahi lebih baik lagi.

Untuk meningkatkan volume sperma ini, disarankan Anda mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin dan tidak berlebihan. Dari beberapa pengalaman membuktikan, air kelapa hijau mampu menetralisir racun. Bagi seorang perokok, racun nikotin mampu menurunkan kualitas sperma dan daya ereksi, maka air kelapa hijau selain berfungsi mengatasi hal ini, juga mampu meningkatkan volume sperma.

Air Kelapa Hijau Untuk Kesuburan Wanita

Air kelapa hijau tidak hanya bermanfaat untuk kesuburan pria saja, melainkan air kelapa hijau juga bermanfaat untuk kesuburan wanita. Berikut ini beberapa mnafaat air kelapa hijau berkaitan dengan kesuburan para wanita :

  • Membantu Membersihkan Rahim

Pada saat wanita mengalami keguguran, maka dokter akan mengambil tindakan untuk membersihkan rahim dengan cara di kuret. Selain melalui prosedur medis, terapi dengan air kelapa juga bisa untuk membantu membersihkan rahim wanita yang mengalami keguguran. Caranya adalah dengan cara meminum ramuan yang terbuat dari campuran air kelapa hijau dan gula atu yang direbus hingga mendidih. Konsumsi ramuan tersebut ketika air telah menjadi hangat.

  • Membantu Melancarkan Menstruasi

Wanita yang sedang haid rentan mengalami dehidrasi dan anemia, karena kehilangan banyak cairan tubuh. Akibatnya, gejala nyeri haid, seperti sakit kepala dan kram perut semakin terasa sakit. Dalam kondisi tersebut, tubuh tentu akan memerlukan banyak asupan cairan untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Air kelapa hijau memiliki kandungan elektrolit serta berbagai nutrisi penting yang dapat membantu mensuplai cairan dalam tubuh.

Selain meredakan nyeri, air kelapa hijau juga dapat memperlancar menstruasi, jika menstruasi lancar, maka kotoran yang berada di dalamnya akan keluar semua, sehingga rahim menjadi bersih dan siap untuk dibuahi kembali.

Baca Juga : Manfaat Kelapa Untuk Ibu Hamil 

Leave a comment