manfaat air kelapa untuk ibu hamil
13 Feb

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil sering mengeluhkan gejala-gejala morning sickness, seperti mual, muntah, pusing, hingga tubuh terasa lemas. Hal ini terjadi karena Perubahan hormon dan perkembangan janin.

Meskipun ini merupakan hal yang wajar terjadi, namun pasti membuat anda seringkali terasa mengganggu, karena bisa muncul setiap hari.

Apa saja ya yang biasa dikeluhkan oleh ibu hamil pada trisemester pertama masa kehamilan?? Simak yuk!

3 Keluhan Utama Yang Paling Sering di Alami Ibu Hamil

keluhan ibu hamil

Berikut ini beberapa keluhan ibu hamil yang pasti akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari:

1. Mudah Lelah

Salah satu keluhan yang sering dirasakan ibu hamil, yaitu mudah lelah. Ada berbagai perubahan dalam tubuh ibu hamil yang dapat membuat mudah lelah, termasuk pembentukan plasenta, perubahan kadar hormon, dan metabolisme secara alami. Ibu hamil dapat merasa selalu mengantuk sepanjang hari, tetapi justru sulit tidur pada malam hari. Jika kelelahan berdampak pada produktivitas, usahakan untuk tidur malam lebih awal, atau tidur pada waktu istirahat siang untuk membantu mengurangi rasa kantuk saat bekerja.

2. Kenaikan Berat Badan Berlebihan

Umumnya wanita dengan berat badan ideal akan mengalami total kenaikan berat badan sekitar 11 – 16 kg saat hamil. Penambahan berat badan saat hamil sebenarnya menandakan bahwa jaringan tubuh bayi, cairan ketuban, dan kebutuhan pendukung lain sedang berkembang. Jika berat badan sudah naik secara drastis, ibu hamil ini dianjurkan untuk membatasi mengkosnsumsi makanan dan minuman yang tinggi kadar gula dan garam, menghindari makanan cepat saji, serta membatasi makanan ringan berkalori tinggi, seperti donat, keripik kentang, kue kering, dan sebagainya.

3. Mual dan Muntah

Perubahan kadar hormon human chorionic gonadotropin (HCG) dan estrogen, sensitivitas terhadap bau-bauan, lambung yang lebih sensitif, serta stres, dapat menjadi penyebab umum terjadinya mual dan muntah. Untuk membantu meringankan rasa mual dan muntah, hindari berbaring setelah makan, konsumsilah makanan dalam porsi kecil tapi sering, dan makanlah dengan perlahan-lahan.

Nah, untuk mengatasi beberapa keluhan ibu hamil seperti di atas, maka selain dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur dan buah, para ibu hamil bisa juga lho mengkonsumsi minuman yang pasti sehat dan alami yaitu air kelapa hijau.

Nah, loh memangnya boleh ibu hamil konsumsi air kelapa hijau?? Sebab seperti mitos yang berkembang di masyrakat yaitu air kelapa hijau malah dapat memberikan efek samping yang idak baik bagi ibu dan janin.

Bingung bukan? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan selanjutnya!

Bolehkan Ibu Hamil Mengkonsumsi Air Kelapa Hijau?

Dari beberapa riset mengungkapkan bahwa, mengkonsumsi air kelapa hijau tidak memberikan pengaruh buruh bagi ibu dan janinnya. Sebaliknya, air kelapa hijau dengan rasa manis alami ini memiliki banyak manfaat untuk kehamilan, terutama untuk mencukupi kebutuhan air harian dan sebagai penghilang racun dalam tubuh untuk ibu hamil.

Selain itu, konsumsi air kelapa hijau muda selama masa kehamilan juga dapat mencegah dehidrasi pada saat hamil. Hal ini dikarenakan pada saat hamil seorang wanita membutuhkan cairan dalam tubuhnya untuk menghindari kondisi dehidrasi tersebut.

Sehingga, soal bahaya mengkonsumsi air kelapa hijau pada saat hamil itu tidak benar adanya. Bahkan, sangat dianjurkan mengkonsumsi air kelapa muda ini, tetapi perlu diingat jangan terlalu berlebihan saat mengkonsumsi air kelapa hijau. Karena semua yang berlebihan itu tidak baik.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat mengkonsumi air kelapa hijau pada saat hamil, yuk simak penjelasan selanjutnya.

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Ada cukup banyak kebaikan yang dapat dirasakan dari mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang wajar selama masa kehamilan. Manfaat tersebut diantaranya :

1. Mencegah Dehidrasi

Elektrolit alami pada tubuh seringkali terbuang ketika mengalami morning sickness selama kehamilan. Maka dari itu, air kelapa hijau yang masih muda ini bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang, sehingga mencegah dehidrasi. Anda dapat meminum air kelapa hijau yang masih muda ini dua kali sehari untuk menjaga sistem pencernaan dan menambah cairan tubuh. Masalah dehidrasi selama kehamilan bisa membahayakan janin, loh.

2. Menambah Energi

Air kelapa hijau mengandung kalium, kalsium dan klorida yang merupakan mineral terbaik untuk meningkatkan energi ibu hamil. Selain itu, air kelapa mengandung kadar elektrolit alami yang tinggi. Berbagai nutrisi baik, seperti serat, mangan, vitamin C, dan riboflavin pun turut terkandung di dalamnya.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Air kelapa hijau bagi ibu hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang diakibatkan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi darah ini tidak optimal, maka janin beresiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Kalium dan magnesium yang terdapat di dalam air kelapa ini berperan penting dalam memompa darah keseluruh tubuh dari jantung. Kalium juga membantu gerakan otot, penghantaran sinyal saraf, dan membantu kerja ginjal dalam penyaringan darah.

4. Menjernihkan Air Ketuban

Selain mengandung elektrolit dan antioksidan, manfaat air kelapa hijau bagi ibu hamil adalah membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih. Kedua zat itu dapat menyerap lender dan kotoran dalam air ketuban.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelapa hijau mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai antivirus, antijamur, dan antibakteri untuk membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit. Tak hanya dalam air kelapa, asam laurat juga terkandung dalam minyak kelapa.

6. Meningkatkan Cairan Amniotic

Mengkonsumsi air kelapa hijau meningkatkan kesehatan janin Anda secara keseluruhan. Minum air kelapa terutama pada trisemester ketiga meningkatkan tingkat cairan ketuban dan meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

7. Meringankan Mulas dan Sembelit

Perubahan hormonal selama kehamilan menyebabkan beberapa masalah, seperti sakit maag, sembelit, dan gangguan pencernaan yang lain. Kandungan serat makanan yang kaya dalam air kelapa hijau memperkuat sistem pencernaan, meningkatkan pencernaan, mengatur tingkat pH, dan mencegah konstipasi.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah

Pegal dan nyeri yang sering dialami ibu hamil biasanya terjadi karena sistem sirkulasi darah tidak berjalan optimal. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga dapat menyebabkan kurangnya suplai oksigen untuk janin. Kandungan kaliaum dan magnesium dalam air kelapa ini, dapat membantu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Hasilnya, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, sehingga pegal dan nyeri selama kehamilan pun teratasi.

9. Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormone dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih. Air kelapa adalah diuretic alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah infeksi saluran kemih dengan mengkonsumsi air kelapa.

10. Menjaga Berat Badan

Air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Saat kehamilan menambah berat badan ekstra ke tubuh Anda. Fungsi air kelapa mencegah penimbunan lemak dengan menghilangkan kolesterol jahat. Air kelapa hijau ini adalah pengganti yang sangat baik untuk mengganti minuman gula serta membantu ibu dan janin yang sedang tumbuh agar sehat dan bugar.

Air kelapa memiliki kandungan senyawa asam laurat yang bagus untuk melawan berbagai jenis penyakit dan juga mampu mendetoks tubuh dari serangan racun, karena memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antivirus.

Maka tidak heran jika air kelapa dapat membantu anda yang sedang hamil muda untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Tak hanya itu saja, air kelapa hijau juga baik lho dikonsumsi oleh orang-orang yang punya penyakit kolesterol. Hal ini karena kandungan di dalam air kelapa dapat bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

Baca juga: manfaat vco untuk ginjal

Nah, sekarang sudah jelaskan!! Jadi, bagaimana menurut anda, air kelapa hijau dapat memberikan manfaat yang bagus untuk ibu hamil dan janinnya itu mitos atau fakta?? Kami rasa itu FAKTA.

Tapi, jangan berlebihan ya moms saat mengkonsumsinya. Sebab, sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan baik hasilnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a comment