bibit-kelapa-gading
30 Jan

Kelapa gading memiliki nama latin Cocos nucifera varietas Eburnea termasuk jenis kelapa pohon pendek. Tingginya hanya 4-6 meter saja. Meskipun begitu, kelapa ini termasuk ke dalam jenis kelapa genjah. Artinya kelapa ini memiliki memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Tak heran meskipun batangnya pendek dan kecil, buah dari kelapa gading ini sangat banyak.

Sesuai dengan namanya, kelapa gading ini memiliki buah dan batang daun berwarna kuning gading. Keistimweaan dari warnanya inilah yang menyebabkanya kelapa gading juga ditanam sebagai hiasan tempat. Daging buah kelapa gading tebal dan lebih lembut daripada kelapa umumnya. Air kelapa gading banyak digunakan sebagai obat. Selain itu, buah kelapa gading ini masih sering digunakan sebagai salah satu syarat pada beberapa acara adat jawa.

pohon-kelapa-gading

Dan alasan kenapa kelapa ini banyak dibudidayakan bukan itu saja.

Kelapa gading terkenal karena bisa berbuah hanya dalam usia 2-3 tahun saja. Nilai jual kelapa juga cukup tinggi, tak ayal banyak petani yang tergiur untuk membudidayakanya. Untuk memperoleh bibit, petani biasanya membuat bibit sendiri atau membeli.

Apa Yang Menjadi Keunggulan Kelapa Gading Di Banding Kelapa Lain ?

  • Mudah tumbuh dijenis tanah apapun kecuali tanah berkapur
  • Proses tumbuh yang cepat
  • Mudah berbuah
  • Proses perawatan yng cukup sederhana daripada kelapa biasanya
  • Tanah yang diperlukan untukj kelapa gading dengan tingkat pH 5.2 hingga 8 dengan tekstur remahan. Agar perkembangan akar bisa berjalan dengan lancar.
  • Curah hujan yang baik 1300-2300 mm/tahunnya.
  • Sinar matahari yang dibutuhkan tanaman ini adalah 120 jam setiap bulannya.
  • Suhu yang paling cocok untuk menanam pohon kelapa gading adalah 27 ºC

pohon-kelapa-gading-budidaya

Cara Budidaya Kelapa Gading

  1. Tahap pemilihan bibit

Pilihah bibit yang baik agar pohon tumbuh dengan baik juga. Syarat untuk bibit yang unggul adalah bibit yang sudah bertunas, usia bibit menjapai 12 bulan, dan terdengar bunyi biji kelapa jika kelapa dikocok.

  1. Persiapan tanah

Persiapan lahan untuk penanaman, sebaiknya dilakukan selama 1-2 bulan sebelumnya. Tanah digemburkan terlebih dahulu menggunakan cangkul dan diberikan pupuk kompos. Lubangi tanah dengan ukuran 90cmx90cmx90cm dengan jarak tanam antar pohon 6×6 meter. Sistem penenaman yang terbaik adalah segitiga, cara ini akan memeaksimalkan runag tumbuh pohon dan sinar matahri yang masuk.

  1. Pemindahan dan penanaman bibit

Pemindahan bibit kelapa pandan wangi pada tanah lapang bisa dilakukan pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Penanaman dilakukan dengan meletakkan bibit kelapa gading secara mendatar dan tutuplah dengan tanah sedalam kira-kira ¾ bagian dari buah tersebut. Selanjutnya tutup bagian yang tersisa dengan jerami atau rerumputan kering, agar paparan sinar matahari terkontrol dengan baik

  1. Perawatan dan pemeliharaan

Salah satu hama yang bisa menyerang kelapa gading adalah cendawan Paslalozzia. Hama ini akan menyebabkan daun menjadi belang-belang dan rontok. Cara untuk merawat kelapa gadingd ari hama ini yaitu dengan menyemprotkan anti jamur 2 bulan sekali. Setelah tanaman berusia 2 tahun, sebaiknya sekitar tanah sering dibersihkan dari tanaman liar. Bisa juga disemprotkan pestisida agar bebas dari gulma.

Kelapa gading termasuk kelapa yang membutuhkan banyak air, sehingga penyiraman dilakukan lebih sering. Jika musim kemarau cukup 2x sehari, sedangkan musim hujan, tinggal mengontrol tanah agar tidak terlalu lembab atau terlalu kering saat tidak turun hujan.

Untuk pemupukan bisa dilakukan dengan Pemupukan kelapa pandan wangi bisa dimulai pada umur 1 bulan, berikan pupuk sebanyak 100 gr pupuk urea dsecara menyebar pada jarak 15 cm dari pangkal batang. Untuk selanjutnya bisa diberikan pupuk 2x setahun yaitu pada akhir musaim hujan dan awal musim kemarau.

Leave a comment