Resep-Masakan-Kue-Bikang-Mawar
05 Feb

Dijaman milenial sekarang ini, jajan pasar tradisional ternyata masih banyak peminatnya. Salah satunya Bikang,  kue bikang yang berbahan dasar tepung beras. Bentuknya seperti bunga merekah dan berwarna-warni dengan rasa yang manis, bertekstur lembut berserat. Kue bikang termasuk dalam kategori kue basah yang cara pembuatannya melewati proses pemanggangan dalam cetakan khusus.

Tips membuat Bikang Mekar Anti Gagal

Kue bikang berbahan dasar tepung terigu dan tepung beras di padu dengan bahan-bahan pilihan khas lainnya, sehingga membuat sajian ini terasa nikmat dan lezat. Sehingga, kue bikang ini menjadi digemari masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Sebelum masuk ke cara membuat kue bikang, berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membuat kue bikang anti gagal.

  1. Pada saat membuat adonan kue bikang jangan terlalu kental dan berat, serta jangan terlalu encer harus pas (kalau ini harus membutuhkan feeling yang tepat).
  2. Anda bisa menggunakan resep dari sumber manapun yang sudah pernah di uji dan menghasilkan sarang. Asalkan pada saat menuangkan adonan ke dalam cetakan, cetakan harus benar-benar panas, jika kurang panas maka tidak akan keluar sarang.
  3. Cetakan boleh di oles dengan margarin atau tidak (tapi kebanyakan dikasih mentega walaupun tipis sekali). Nah ini yang penting, alasi cetakan bikang dengan seng diatas kompor, supaya bagian bawah bikang tidak mudah gosong.

Nah, itulah ketiga tips anti gagal dalam membuat kue bikang ini. Bagi Anda yang ingin langsung mencobanya juga bisa. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bikang ini banyak tersedia di Supermarket ataupun Pasar di dekat rumah Anda. Untuk bahan apa saja yang dibutuhkan, yuk simak penjelasan di bawah ini.

kue-bikang

Cara Membuat Bikang yang Empuk dan Merekah

Siapkan bahan :

  • 250 gr tepung beras
  • 60 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 gr tepung tapioka
  • 250 gr gula pasir
  • 750 ml santan kelapa kental
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Pewarna makanan sesuai selera, untuk kali ini warna yang dipakai hijau dan merah

Cara membuat :

  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka, dan gula pasir ke dalam wadah yang bersih.
  2. Langkah selanjutnya, masukkan santan dan daun pandan kedalam manci. Rebus menggunakan api kecil, sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah, aduk sampai mendidih.
  3. Masukkan setengah santan yang masih panas kedalam wadah yang berisi campuran tepung dan gula pasir, kemudian campur menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga rata dan tidak bergerindil. Lalu tuangkan lagi sisa santan, mixer lagi selama 15 menit atau hingga adonan tidak terlalu kental dan juga tidak terlalu encer.
  4. Kemudian, bagi menjadi 3 bagian, yang pertama adonan putih, yang kedua beri warna merah, dan yang ketiga beri warna hijau.
  5. Langkah berikutnya, panaskan cetakan menggunakan api yang sedang, bisa menggunakan cetakang carabikang atau kue lumpur/ martabak mini. Pastikan cetakan benar-benar panas, tandanya jika dicipratkan air, air akan berbulir dan melompat-lompat. Jika cetakan tidak panas maka sarang tidak akan terbentuk.
  6. Tuangkan adonan secara berurutan sesuai selera, adonan yang pertama warna putih, dicampur dengan warna hijau dan merah, atau mau dasaran warna hijau, lalu dicampur dengan warna putih dan hijau.
  7. Biarkan adonan bikang berlubang-lubang dan permukaannya kering. Jika sudah matang angkat adonan dengan cara dicungkil perlahan-lahan agar kue mekar. Jika ingin mekar seperti mawar, setelah kue diangkat dari cetakan letakkan diatas botol, kemudian cetak tengahnya dengan tutup botol dan mekarkan bagian sisinya hingga Nampak seratnya. Lakukan sampai semua adonan habis.
  8. Jika adonan sudah matang semua, kue bikang siap dihidangkan. Paling enak makan selagi masih hangat.

Demikian cara membuat kue bikang di rumah, cukup mudah bukan? Dengan rasa yang manis dan lembut saat dimakan membuat kue satu ini tidak hanya cukup sekali menyantapnya. Apalagi, jika Anda membuat sendiri dirumah, pastinya akan lebih sehat buka, karena Anda akan memilih bahan-bahan yang berkualitas bagus. Selamat mencoba.

Leave a comment