11 Sep

Ide bisnis minuman kemasan paling gila mungkin datang dari pendiri Aqua, Tirto Utomo. Sebuah merk generik AMDK di Indonesia. Ia keluar dari Permina, sekarang pertamina, dari jabatan strategis kepala pemasaran yang menawarkan keamanan hidup. Tirto terbilang nekat saat berniat menjual air putih yang bisa di dapatkan dengan gratis. Menurut pengalaman, tahun 70an orang diberi cuma-cuma pun masih berpikir untuk mengkonsumsi Aqua. Masyarakat terlalu awam. Dan lebih buruk, produksi pertama Aqua berbentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dijual dengan harga Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang saat itu bernilai Rp.46 untuk 1.000 ml. Belum lagi merk pesaing lain seperti Coca cola,  Sprite, atau 7 Up sedang naik.

Namun pikiran Tirto bukan untuk satu dekade. Ia melihat masa depan dan percaya ini bakal jadi minuman kemasan yang laris. Betul saja. Tahun 1981, Aqua mengganti kemasan kaca menjadi plastik sehingga melahirkan berbagai varian kemasan. Hal ini membuat distribusi jadi lebih mudah dengan harga terjangkau berbagai kalangan. Sekarang anda bisa lihat bagaimana kesuksesan PT. Aqua Golden Mississippi tersebut. Merk ini dinobatkan sebagai air minum kemasan terbesar di Asia Pasifik dan nomor dua di dunia. Sebuah prestasi yang mungkin tidak pernah terbayang saat pertama dipasarkan.

Dan inspirasi terbaik dari kisah sukses Aqua bukan kenekatan Tirto yang memilih jalan gelap berbatu sebab ia tahu di ujung jalan, di puncak sana ada pemandangan menakjubkan. Tidak pula karena menuruti Feng Shui, nama Tirto lebih cocok kerja dengan air bukan minyak. Sukses itu berawal dari cara sederhana; mengganti kemasan kaca. Cukup itu.

ide bisnis minuman kemasanDari ide usaha ini juga, kita akhirnya banyak melihat merk minuman kemasan mulai Siiplah, Asam Jawa, Ale-Ale, Flow, Gogo, Pocari hingga Mizone terpajang di rak atau showcase toko. Minuman kemasan yang muncul saat ini juga menawarkan rasa dan bahan lebih bervariasi, bukan hanya green tea (teh hijau) atau kopi namun berbagai rasa buah, kacang hijau, herbal, yogurt, air kelapa bahkan Kefir. Dan hal pertama yang anda butuhkan untuk menjadi pengusaha minuman kemasan gelas adalah cup sealer.

Cup Sealer Tipe Apa Yang Dibutuhkan?

Tergantung. Kalau ingin membuat pabrik dengan kapasitas produksi ribuan cup minuman perhari, mesin cup sealer otomatis GD series adalah yang terbaik. Beda cerita bila hanya menjual minuman cepat saji dengan modal tidak besar seperti cappucino cincau, es jus, bubble tea, atau pop ice, anda hanya perlu cup sealer manual atau otomatis mini.

ide bisnis minuman kemasanPeluang usaha minuman kemasan ini sama-sama menguntungkan. Contoh usaha minuman kemasan pop ice. Dengan berjualan di tempat yang ramai anak-anak seperti sekolah, membuka booth di foodcourt seperti Pujasera atau menyewa tempat di halaman toko, Alfamart atau Indomaret  setidaknya keuntungan 2 juta rupiah bersih sudah bisa di dapat. Anda bisa membuka gerai minuman kemasan dengan manajemen pribadi ataupun model francise. Kami tidak perlu terlalu jauh memberikan contoh proposal usaha minuman kemasan ini karena modalnya minim dan prosesnya mudah. Yang diperlukan bukan lagi proposal namun kemauan anda untuk berjualan serta doa yang mujarab kepada Tuhan.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan sistem mobile atau keliling. Bisnis ini bersifat jemput pelanggan. Keuntungan yang di dapatkan tentu lebih maksimal sebab anda tidak harus duduk menunggu. Selain itu anda tidak perlu menyewa tempat. Sangat mudah. Lalu bagaimana listriknya? cukup pakai Aki AC. Mesin yang dipakai hanya Dispenser Jus dan Cup Sealer.

Namun apabila anda ingin membuka bisnis usaha minuman kemasan gelas kuantitas besar yang di pasarkan antar kota, ini perlu metode lebih kompleks. Modal usaha minuman kemasan ini cukup banyak, setidaknya untuk membawa pulang Mesin Cup Sealer GD series 2 line anda butuh dana 100 juta. Mesin ini mampu mengisi cairan dan menutup gelas cup sekaligus. Selain itu anda harus memperhatikan berbagai hal seperti, ketersediaan material, cara membuat minuman kemasan,  izin usaha, standart keamanan (kandungan minuman harus bebas dari zat berbahaya seperti timbal), hingga strategi pemasaran. Dan semua syarat ini akan kami ulas di bawah.

Analisa Usaha Minuman Kemasan Kelas Industri

Poin-poin berikut kami ulas mulai dari awal perencanaan industri hingga pada bagian paling akhir dari suatu proses yaitu pemasaran. Penulisan gambaran umum ini berdasarkan pengalaman tim riset kami. Apa saja yang harus anda perhatikan.

1. Ketersediaan Bahan Baku

Dalam industri apapun ketersediaan bahan baku penting. Penentuan bahan baku ini di dasarkan pada beberapa hal seperti harga, tren dan kemudahan mendapatkanya. Misalnya anda membuat minuman kemasan teh, anda harus paham bagaimana harga teh dan fluktuasinya di pasar, jenis teh apa yang ingin anda sajikan, serta tren yang berkembang. Apakah minuman teh terlalu banyak pesaing, peminatnya turun apa naik, bagaimana di banding minuman kemasan yang baru seperti yogurt atau kefir. Ini harus terencana dengan matang.

Dari segi bahan baku, bila anda tinggal di Indonesia tidak usah kawatir sebab negara ini di berkahi kualitas tanah yang baik, sumber daya alam dan manusia melimpah. Apalagi trend minuman kemasan diprediksi akan mengalami peningkatan. Sebuah survey oleh Canadean memprediksi jika tahun 2012,  masyarakat Asia akan menjadi konsumen minuman terbesar di dunia.Prospek Usaha Minuman Kemasan Gelas

2. Cara Membuat Minuman

Ini berkaitan dengan teknologi pangan. Pertama anda harus tahu formula yang tepat untuk mengolah bahan tersebut. Disini jelas butuh seorang ahli dan tester yang bekerja di tim R&D. Jika minuman yang mau di produksi dirasa sudah pas dan dapat diterima oleh pasar, pabrik masih harus melakukan uji kualitas untuk menentukan standart keamanan pangan mulai bahan pengawet apa yang layak digunakan dan seberapa lama minuman kemasan awet disimpan.

cara membuat minuman agar awetBeberapa industri minuman biasa memakai Sulphur dioxide, sulphites atau bisuphites sebagai additive dan preservative agar minuman kemasan lebih awet. Yang jelas jangan gunakan zat pengawet beresiko seperti Na-Cycla-mate atau Saccharine. Saat semua tahap selesai anda, ia akan masuk ke divisi pengemasan.

3. Mesin Pengemas Minuman

Untuk memastikan produk tersebut aman dan berkualitas untuk dikonsumsi, anda harus mengemasnya dengan cup plastik dan mesin yang bagus. Salah satu jenis bahan baku gelas plastik yang tidak berbahaya adalah PET (Polythylene Terephthalate). Plastik ini hanya bisa digunakan sekali. Sementara mesin pengemas minuman yang anda butuhkan adalah cup sealer GD series. Jenis mesin press gelas plastik ini sudah terbuat dari stainless steel. Pilihan tergantung dari kuantitas produksi, ada yang 2 line, 4 line, 8 line hingga 16 line. Jumlah line menunjukan seberapa besar kapasitasnya. Dan fungsi cup sealer GD series sebenarnya bukan hanya untuk sealing tapi juga mengisi kemasan hingga memberi tanggal kadaluwarsa. Saat proses ini selesai, lanjutkan proses packing menggunakan carton sealer. Semua paket usaha minuman kemasan ini dapat anda dapatkan di Benuamesin.com.

jual cup sealer besar untuk industri bekas

4. Izin Usaha Minuman Kemasan

Alasan inilah kenapa tiga proses di atas menjadi penting. Untuk mengedarkan produk di pasaran anda harus memiliki ijin edar terlebih dulu. Umumnya surat izin ada dua; dari Dinkes/Depkes atau BPOM. Untuk Industri rumah tangga, cukup mendaftar ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kodya. Pengusaha akan memperoleh Nomor SP dan Nomor P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Nomor SP adalah Sertifikat Penyuluhan yang diberikan kepada pengusaha kecil dengan modal terbatas.

Untuk AMDK (Air Minum Dalam Kemasan), anda harus mendaftar ke BPOM. Nah untuk mendaftar ke BPOM dibutuhkan surat hasil uji lab produk dan juga persyaratan administrasi lain. Sekarang mendaftar ke BPOM tidak terlalu ribet karena pengumpulan semua dokumen bisa di lakukan secara online, ya meski ada beberapa prosedur yang masih offline. Kalau anda tidak mau berurusan dengan semua ini cukup menjadi perusahaan jasa pengemasan.

Terdengar aneh? tidak sama sekali. Perusahaan pengemasan sudah sangat lazim. Pada perusahaan tersebut, tugas anda hanya melakukan packaging minuman. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan lain yang hanya memproduksi minuman. Anda juga bisa menghubungi pabrik pembuatan gelas plastik agar fasilitas perusahaan lebih lengkap. Semua punya peluang sendiri-sendiri. Dan perusahaan packaging diprediksi bakal mengalami kenaikan terutama di Asia.

Prospek Usaha Minuman Kemasan Gelas

5. Strategi Pemasaran

Setelah mendapat nomor MD dari BPOM, proses selanjutnya adalah pemasaran. Tanpa strategi pemasaran yang bagus? Minuman kemasan anda hanya duduk manis di gudang distributor. Paling banter hanya jadi minuman kemasan saat lebaran. Kami sebetulnya yakin, sebelum membuat suatu produk hal pertama yang anda lakukan adalah meriset pasar. Selera pasar yang berkembang seperti apa, apakah minuman kemasan yang diproduksi bakal laris di pasaran hingga sarana dan strategi apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan omset penjualan. Kami melihat 80% strategi marketing minuman kemasan masih di lakukan secara offline. Terbagus hanya membuat brosur, sponsorship berbagai acara, dan iklan di Radio atau koran. Jika ada dana lebih pasang iklan di televisi dengan biaya 30-45 juta/ 30 detik pada saat prime time. Lalu untuk satu bulan? Satu tahun? Banyak, sangat banyak.

Kami yakin anda tidak mau memboroskan uang sebanyak itu, anda ingin biaya promosi super murah namun memiliki efek yang hampir sama besarnya. Saran terbaik: beralihlah ke pusat dunia sekarang berkembang, internet.perbandingan tv vs internet

Jumlah pengguna Internet di Indonesia 2016 adalah 132,7 juta user. Ini sekitar 51,5% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Internet menjadi media infromasi tertinggi kedua setelah Televisi. Namun trend menonton televisi cenderung stagnan sementara kebutuhan akan internet terus meningkat. Di Amerika, sebuah riset tahun 2013 membuktikan bahwa orang menghabiskan 126 menit per hari dengan gagdet. Jumlah ini naik pada 2015 menjadi 198 menit per hari. Dan mengalahkan televisi yakni 168 menit per hari. Di Indonesia? Perubahan tren tersebut bisa terjadi. Oleh karena itu, anda butuh internet marketer yang handal dalam sistem ini. Dan hanya ada sedikit orang yang benar-benar ahli bidang itu. Kami punya koneksinya.

Itulah prospek dan cara bikin usaha minuman kemasan umum yang kami ulas. Masih banyak tips lain yang bisa anda ketahui di tempat kami. Termasuk info terkini dalam berbisnis minuman kemasan botol. Jangan ragu, CS ramah kami selalu menjawab setiap pertanyaan anda. Trima kasih.

Leave a comment