13 Sep

Perawatan Mesin Cup Sealer – Seperti mesin pada umumnya mesin cup sealer baik yang otomatis maupun manual juga membutuhkan yang namanya “PERAWATAN”. Hal tersebut sangat penting dilalkukan supaya mesin cup sealer yang anda gunakan senantiasa bertahan lama serta dapat bekerja secara maksimal supaya dapat meningkatkan hasil produksi dan juga penjualan produk. Tentu saja dengan kondisi mesin yang selalu optimal pastinya akan membuat hasil produksi semakin melimpah.

Namun apa daya saat terjadi kerusakan pada mesin cup sealer kesayangan anda dan anda tidak dapat mebetulkannya sendiri. Padahal mesin cup sealer ini sangat dibutuhkan sekali sebagai alat produksi, jadi bagaimana? dan akhirnya kebanyakan dari para pengusaha mesin kemasan hanya dapat menunggu dengan pasrah kedatangan teknisi dari principle, walaupun sebenarnya akan banyak waktu yang terbuang untuk produksi karena harus menunggu selama berhari – hari.

Padahal dari jauh – jauh hari anda dapat melakukan perawatan secara berkala pada mesin cup sealer yang anda miliki agar tidak terjadi stop produksi karena harus menunggu kedatangan dari para teknisi yang di sediakan oleh pihak penjual mesin cup sealer.

Perawatan Secara Berkala Yang Bisa Dilakukan

1. Perawatan Preventif

Perawatan ini di lakukan sebagai perawatan pencegahan sebelum terjadinya kerusakan dan biasanya di lakukan secara berkala. Perawatan preventif yang dapat dilakukan seperti : Penyetelan, pelumasan, inspeksi, pembersihan pada bagian mold juga seluruh bagian mesin secara berkala dan perbaikan dalam skala kecil.

2. Perawatan Berjalan

Biasanya perawatan jenis ini di lakukan untuk jenis mesin cup sealer otomatis GD-series dimana mesin ini digunakan secara otomatis dan bekerja secara terus menerus. Jadi harus dilkukan perawatan pada saat mesin sedang bekerja/berjalan. Jadi perawatan ini dapat dilkukan tanpa mengganggu proses produksi

3. Perawatan Darurat

Perawatan ini harus segera mungkin dilakukan agar kerusakan mesin tidak semakin parah sehingga produksi harus dihentikan. Biasanya terjadi saat mesin mengalami kemacetan ataupun kegagalan hasil produksi.

4. Breakdown Maintenace

Perawatan ini dapat dilakukan ketika mesin mengalami kerusakan yang sangat parah ataupun mesin memang sudah waktunya di setting ulang menggunakan material, suku cadang, ataupun alat – alat yang baru.

Namun untuk anda cara yang sangat mudah yaitu dengan menggunakan perawatan mesin cup sealer secara preventif. Hal ini karena perawatan secara preventif sangat mudah dilakukan dan perawatan ini cukup efektif untuk membuat mesin anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Bagian Yang Perlu Mendapat Perawatan Khusus

Beberapa bagian yang perlu mendapat perawatan secara berkala dengan pelumasan diantaranya :

  1. Bagian bawah moulding mesin cup sealerBagian bawah mould mesin cup sealer
  2. Bagian rell moulding mesin cup sealer
  3. Bagian – bagian dalam mesin cup sealer
    bagian depan mesin cup sealer

Semoga dengan perawatan secara berkala beberapa kendala pada mesin cup sealer anda dapat terhindarkan. semoga artikel perawaatan mesin cup sealer dari kami diatas dapat bermanfaat.

Leave a comment