apa itu cara mengemas vacuum/ vakum
29 Jul

Kemasan produk makanan yang baik adalah promosi pertama kenapa produk anda layak dibeli. Ini jadi kian penting saat AFTA mulai berlaku di tahun 2015 silam. Efeknya apa? Begini AFTA adalah akronim dari ASEAN Free Trade Area. Gampangnya, ini merupakan perjanjian dari negara di Asean untuk menciptakan kawasan bebas perdagangan. Dengan munculnya kebijakan perdagangan bebas AFTA ini, tidak akan akan ada lagi hambatan tarif, bea masuk jadi 0-5%. Lewat sistem ini pula, produk perusahaan besar dari luar akan menekan produk yang dihasilkan oleh pengusaha kelas UKM lokal. Lalu setelah melihat kondisi tersebut apa anda akan berdemo seperti sopir angkot dan bus yang kalah saing dengan gojek dan berharap pemerintah akan mengabulkan tuntutan anda. Kami yakinkan, itu percuma. Anda tak bisa lagi memprotes dan berharap banyak pada pemerintah. Mereka lebih peduli jika usaha anda sukses lalu tiba-tiba hadir dan menetapkan tarif pajak yang kembali lagi, di atas namakan rakyat. Namun jika usaha itu bangkrut, apa pemerintah akan peduli pada UKM tersebut?, kami tidak berani menjawabnya. Benua mesin hadir berusaha menjawab persoalan pelik ini. Kami ada bukan hanya sebagai pedagang, namun area bertukar pendapat, wadah edukasi untuk menatap peluang nyata di depan sana.

Selama ini, Indonesia tetap menjadi negara dengan status hobi impor. AFTA 2015 turut menjadikan negara kita sebagai pasar swalayan terbaik untuk negara luar. Maklum, imbas masyarakat kita yang cenderung konsumtif dan mementingkan gaya. Coba lihat, seberapa sering anda mengikuti tren mengganti smartphone 2-3 tahun ke belakang.

Sebetulnya, usaha UKM juga menghasilkan produk bermutu yang tak kalah dengan industri besar. Misalnya saja, kopi yang tumbuh di negara kita masuk dalam kategori speciality (kelas istimewa) misalnya Kopi Aceh Gayo, Kopi Lintong, Kopi Mandheling Lake Toba. Namun dengan branding dan penanganan yang kurang tepat, produk kita bisa gagal di pasaran. Coba lihat kemasan produk kopi di bawah.

jual kopi ethiopiaKemasan produk kopi Ethiopia ini menggunakan vacuum bag dimana gas oksigen di dalam kemasan di hilangkan menggunakan alat bernama Vacuum Sealer. Ini karena oksigenlah yang membuat kopi menjadi cepat “basi”. Bayangkan dengan produk kemasan UKM yang membungkus kopi bubuk dengan plastik dan di jepret staples. Selain kemasanya tidak sedap di pandang, juga tidak bagus dari segi daya tahan penyimpanan.

Persoalan pelik ini bisa diatasi dengan langkah sederhana. Misalnya saja dengan memiliki mesin pengemas hampa udara. Yang perlu anda ingat, mesin pengemas tidak identik dengan harga mahal. Dengan modal di 100 ribu rupiah saja, anda sudah bisa mendapatkan mesin pengemas yang bagus. Sangat murah bukan. Kalau anda penasaran, bisalah untuk sekedar menengok cerita di bawah ini.

Jenis – Jenis Mesin Vacuum Sealer

Mesin vacuum sealer digunakan untuk pengemasan hampa udara. Dengan metode pengemasan ini, produk olahan dapat dijual atau disimpan dalam waktu yang lebih lama. Keadaan kedap udara ini berguna untuk mencegah pertumbuhan mikrobiologi karena beroperasi dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan oksigen. Ini karena kehadiran oksigen akan memicu aktivitas mikroorganisme seperti bakteri atau jamur bersifat aerobic. Ada tiga jenis mesin vacuum sealer: portable, mini dan jenis vacuum otomatis.

1. Mesin Vacuum Sealer Portable

Mesin vacuum sealer portable menggunakan tenaga baterai untuk menjalankanya. Prinsipnya adalah mengeluarkan udara dari kemasan sehingga tidak ada udara dalam kemasan yang bisa membuat produk yang dikemas rusak.

harga Mesin vacuum sealer portable

Cara kerja mesin ini sangat mudah. Kemasan yang berisi bahan dikosongkan udaranya, lalu sedot dengan vacuum sealer. Caranya adalah dengan meletakan vacuum sealer pada valve (katup) dan tekan tombol pada mesin, udara pun akan tersedot ditandai dengan mengempisnya plastik. Kemudian tutup lagi dengan merekatkan zipper. Produk dengan kemasan seperti ini mampu bertahan 3 sampai 5 kali lebih lama dibandingkan produk non vacuum.Vacuum bag valveYang perlu anda perhatikan adalah, metode vacuum ini membutuhkan kemasan kusus yang biasanya disebut dengan nama Vacuum bag valve atau bisa juga dengan memakai canister glass. Vacuum bag valve terbuat dari polyurethane yang mempunyai ketebalan bervariasi mulai 10 mili sampai 30 mili. Tentu saja vaccum bag untuk makanan dibuat sesuai dengan standart keamanan pangan (food grade).canister glass

Jika anda ingin memakai canister glass caranya juga sangat mudah. Langkah-langkah berikut bisa anda lakukan kurang dari satu menit.

  1. Siapkan gelas canister kosong dan buka wadahnya.

gelas canister

 

 

 

 

 

Vacuum sealer dilengkapi dengan penutup untuk menghubungkan dengan gelas canister. Yang anda lakukan kemudian adalah tutup gelas canister, tidak usah ditekan atau diputar. Cukup taruh di atas gelas saja. Kemudian letakan tutup vacuum sealer diatas canister.
cara menutup gelas canister

 

 

 

 

 

      2. Sedot dengan vacuum sealer. Botol pun tertutup dengan rapat.

cara memasang gelas canister

 

 

 

 

 

Berbeda dengan mesin vacuum sealer mini atau otomatis, pada vacuum sealer portable tidak terdapat elemen pemanas. Jadi alat ini tidak bisa untuk merekatkan plastik. Jika anda ingin merekatkan plastik, anda bisa membeli heat sealer portabel yang juga berharga murah.

jual Heat sealer portable murahHeat sealer memanfaatkan sistem sealing/penyegelan dengan bantuan elemen pemanas yang terdapat pada mesin untuk merekatkan plastik, mirip-mirip dengan setrika atau rice cooker yang mengubah tenaga listrik menjadi kalor. Energi listrik DC yang dipakai alat ini diperoleh dari tenaga baterai. Dan karena sifatnya yang portable anda bisa membawa mesin ini kemana-mana.

Mengoperasikan heat sealer sangat mudah. Anda tinggal menjepit plastik yang hendak di lekatkan. Berikut cara mengoperasikannya:

  1. Nyalakan heat sealer

cara memakai heat sealer

2. Jepit plastik dan gerakan heat sealer secara horizontal

heat sealer murah

Alat ini sangat praktis dan mudah digunakan. Jika anda ingin mesin yang bisa melakukan penyedotan udara dan menyegel plastik sekaligus sebaiknya membeli mesin vacuum sealer mini.

2.Mesin Vacuum Sealer Mini

Mesin vacuum sealer mini mampu mengosongkan udara dalam wadah sekaligus merekatkanya. Dengan memakai daya listrik 150 watt tentu sangat hemat tenaga. Umumnya lebar seal ini berkisar antara 28 -35 cm dengan berat antara 3-5kg.mesin vacuum sealer mini

Plastik khusus untuk vacuum biasanya jenis nylon yang memiliki tingkat elastisitas dan daya rekat kuat sehingga kemasan tidak akan gampang bocor. Plastik multilayer ini mempunyai daya tahan yang kuat untuk menahan beban dari isi produk. Selain itu, kemasan ini bisa dipakai untuk produk berbahan dasar cair.

Cara Kerja Vacuum Sealer Mini :

  1. Siapkan bahan yang hendak di kemas dalam wadah plastik
  2. Posisikan mesin dalam keadaan OFF kemudian tekan dua bagian ujung mesin untuk membuka tutup dimana pada tutup ini terdapat element pemanas

jual mesin vacuum sealer mini bekas

3. Tarik nozzle ke bawah dan letakan bag berisi bahan yang dikemas

cara memakai vacuum sealer mini

   4. Setelah udara keluar dari bag, lakukan proses sealing (penutupan bag) dengan menekan dua kali tutup mesin (double press method) kemudian tahan sebentar hingga light indicator berubah dari merah menjadi hijau.

cara memakai vacuum sealer mini

Untuk kapasitas industri kecil masih okelah menggunakan mesin ini. Namun jika anda butuh pengemasan ekstra cepat dengan kapasitas besar, saatnya beralih ke mesin vacuum otomatis.

3. Mesin Vacuum Sealer Otomatis

Lebih dikenal dengan nama auto vacuum packager, mesin ini mempunyai fitur yang bermacam tergantung tipe apa yang ingin anda beli. Tipe paling sederhana biasanya cuma dilengkapi fitur vacuum dan sealing saja.

Mesin Vacuum Sealer Otomatis

Berbeda dengan mesin mini dimana anda harus melakukan dua kali kerja. Mesin otomatis membuat proses pengemasan menjadi lebih mudah. Anda tinggal menset tombol pada control panel, ketika selesai bahan baku akan sudah terkemas rapat.

Cara Pengoperasian Mesin Vacuum Sealer Otomatis:

  1. Siapkan bahan dan atur waktu vacuum dan sealing

Cara Pengoperasian Mesin Vacuum Sealer Otomatis

Pada panel control diatas terdapat tombol set. Anda tekan tombol ini kemudian indikator akan menyala pada tulisan vacuum. Kemudian set berapa menit anda ingin melakukan vacuum dengan memencet tombol up/down. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk proses vacuum maka semakin sedikit kandungan udara dalam bag sehingga akan benar-benar rapat kemasanya. Hati-hati pada penggunaan bahan yang fragile (mudah rusak), seperti keripik atau buah, karena kemasan yang terlalu kuat akan membuatnya hancur. Setelah mengatur waktu vacuum, pencet lagi tombol set sampai mengarah ke tombol sealing dan atur waktunya.

2. Letakan bag pada seal bar kemudian tekuk.

Cara Pengoperasian Mesin Vacuum Sealer Otomatis

3. Tunggu hingga beberapa saat, proses pun selesai.

Cara memakai Mesin Vacuum Sealer Otomatis

Pada mesin auto vacuum packager yang lebih canggih, anda bahkan bisa melakukan proses infusion, dimana anda bisa meresapkan bumbu pada bahan makanan. Lebih jelasnya seperti ini.

4. Mesin Vacuum Sealer Super Otomatismesin vacuum sealer super otomatis

Pada mesin yang lebih canggih seperti ini. Panel kontrol tidak lagi menggunakan sistem waktu namun air pressure. Semakin tinggi angka pada display artinya semakin kecil kandungan udara pada kemasan. Pada tingkatan 99,5%, wadah berisi tekanan 5milibars, artinya sedikit sekali udara di dalam kemasan. Dengan pompa penyedot yang kuat, otomatis tekanan yang diberikan pada bahan makanan juga semakin kuat. Sebaiknya bahan mudah rusak di kemas pada tekanan 200milibars atau sekitar 85% .

Ketika anda memasukan bag ke dalam vacuum chamber (wadah mesin), siklus pengemasan pun di mulai. Pertama pergerakan udara pada chamber akan sangat cepat daripada udara yang keluar dari bag. Tekanan pada bag pun semakin besar dan membuat bag mengembang. Kemudian udara pada chamber akan menurun dan menyedot udara pada bag. Setelah itu terjadi proses sealing. Proses pun selesai.

Mesin vacuum packager dapat dibuat untuk mengolah bahan. Semisal anda meletakan daging dengan bumbu di dalamnya. Bumbu akan terserap di dalam daging tanpa anda repot-repot harus merebusnya.

cara memakai Mesin Vacuum Sealer Super Otomatis

Selain itu ada juga mesin yang mempunyai fungsi memberikan masa penyimpanan dalam bentuk kertas. Disitu tertera kapan bahan dikemas dan kapan akan kadaluarsa. Jika anda ingin lebih awet lagi, bisa juga dimasukan innert gas nitrogen dalam porsi seper sekian persen. Namun biayanya juga akan bertambah.

cara memakai Mesin Vacuum Sealer Super Otomatis

Mesin Vacuum packager juga ada yang mempunyai kapasitas sangat besar. Jadi anda bisa meletakan bag dalam jumlah yang banyak seperti mesin vacuum sealer pabrik seperti gambar dibawah.

Mesin Vacuum Sealer PabrikDisamping itu, mesin kapasitas ekstra besar ini bisa membuat beberapa varian seal. Ada yang double seal, dimana terdapat dua keratan pada plastik. Ada juga yang bisa membuat single seal.hasil memakai Mesin Vacuum Sealer Super Otomatis

Sudah saatnya pengusaha UKM mempunyai mesin ini mengingat masyarakat kita adalah passive consumer. Mereka cenderung lebih banyak menerima. Apabila melihat produk yang menarik mereka akan lebih banyak menghafalnya. Kemudian begitu saja percaya pada produk tersebut meski kenyataanya kerap tidak seperti yang di angankan. Semua ini ya gara-gara citra produk tersebut. Seperti kasus pemijatan chiropractic dari Amerika yang sempat ditutup. Kenapa pemijatan ini begitu ramai meski mahal? Ya tidak lain karena membawa nama Amerika, kebarat-baratan sehingga terkesan modern dan canggih. Padahal dukun pijat kita banyak yang berkualitas, hanya kalah karena kurang dikemas dalam bentuk yang nampak elit. Ini artinya kemasan mempunyai prosentase yang besar untuk menjual produk. Jika tidak mampu membeli mesin dengan kapasitas besar. Cukup beli yang kecil dengan harga berkisar satu juta anda sudah bisa mengemas makanan kering seperti sereal, kacang, daging, keju, ikan, kopi, atau keripik dalam jangka panjang. Makanan segar seperti sayuran, daging, dan cairan seperti sup juga dapat disimpan dalam jangka pendek. So tunggu apalagi, kami benuamesin.com siap membantu anda menjadi pengusaha yang lebih sukses.

Leave a comment