Es Serut
29 Jul

Ciri-ciri es serut berkualitas itu sederhana, ia padat dan menyerap sirup lebih banyak. Dari olahan es serut ini, jika anda generasi 90an, banyak kenangan bersanding denganya. Mulai nongkrong bareng kawan sampai nembak cewek gebetan. Olahan ini setia menemani. Ia bisa jadi lebih setia dari kawan atau pacar anda. Jika es serut bisa ngomong, ia adalah saksi paling otentik sejarah kawula muda pada jamanya. Teman curhat paling asik seantero jagat.

Namun setiap era selalu punya trend berikut makanan apa yang exist di masa itu. Meski es serut tak setenar dulu, kita masih sering mendapatinya. Bukan lagi di pinggir jalan menjadi jajanan populis, dapat dikonsumsi semua kelas sosial. Saat ini ia naik level. Coba tengok saja ke Gandaria city, disana ada sebuah gerai laris Bing Go ala Korea dimana cafe ini mempopulerkan dessert khas negeri Gingseng. Dan menu andalanya apakah anda tahu, snowflake sherbet, elit sih kelihatanya, tetapi sama saja ini adalah olahan es erut juga. Hanya di tambah topping buah dan keju.

Jika anda kangen dengan olahan satu ini. Gampang, tinggal buat sendiri di rumah. Sebab menikmati es serut buatan sendiri jauh lebih murah daripada ke cafe yang jadi mahal karena tempat duduk. Anda juga dapat menentukan olahan anda sendiri dan resep apa yang hendak di pakai. anda bisa membuat es serut pelangi, es serut buah atau membuat patbingsu ala Korea biar terlihat mewah. Bingung resepnya? anda bisa search di google, tinggal ketik olahan es serut, cara membuat es serut atau es serut ala Korea. Hingga pada suatu ketika anda menemukan artikel stensilan berisi mesin pembuat es serut. Kemungkinan anda tersasar di web terpercaya benuamesin.comcara membuat es serut yang enakUntuk membuat es serut, butuh sebuah alat yang sesuai. Anda pasti tahu alat dibawah ini bukan.alat membuat es serut

Pada zaman dulu, alat satu ini kerap dijumpai duduk pada warung-warung  pinggir jalanyang menyediakan minuman campuran es serut. Cara menggunakanya mudah. Letakan es batu di atas papan kayu, pada bagian bawah terdapat pisau. Kemudian gesekan ke depan dan belakang menggunakan sikat kayu. Sikat yang biasa kita kenal untuk menyikat sepatu atau baju ini, entah ilmuwan super jenius mana yang sukses besar memodifikasi dengan mengganti plastik menjadi paku pada permukaan bawah. Tetapi itu belum seberapa, apakah anda tahu, sebelum jaman es meraja lela sebetulnya alat ini digunakan untuk mengiris pisang yang di buat keripik. Lalu fungsinya berubah 360 derajat menjadi alat serut es. Entah ini kreativitas atau keedanan yang patut dilabeli penemuan paling mutakhir di Indonesia. Tentu saja, ketika anda memakan hasil serutan mesin ini, rasa-rasanya begitu kopong, ampang, dan saat anda cari-cari dimana sirupnya. Eh dia udah duduk manis di dasar gelas. Es serut gagal menampung sirup sebab massa es lebih ringan. Dan sekali lagi, bagi seseorang yang dibenaknya masih terbesit harapan bahwa ini adalah alat serut es yang tepat. Tolong, segera periksa kesehatan anda atau minimal pergi ke kyai dan minta rukiyah.

Tipe –  Tipe Mesin Es Serut

Tipe-tipe alat serut serut es manual macam ini muncul dengan beberapa dengan design yang bervariasi. Dan tentu saja, keberadaan teknologi selalu berhasil menawarkan cara baru untuk mempermudah manusia. Mesin otomatis pun diciptakan. Selangkapnya bisa anda baca dibawah ini :

       1. Mesin Serut Salju ManualMesin Serut Salju Manual

Mesin ini merupakan kelompok paling mandiri dimana anda menggunakan tenaga sendiri untuk melakukan pekerjaan. Prinsip kerja mesin ini sama dengan ice shaver dimana potongan es diletakan dibawah pengait. Diatas pengait terdapat rotary handle untuk menaikan dan menurunkan plat pencengkeram yang terdapat paku dibawahnya. Setelah es batu tercengkeram kuat pada plat. Anda bisa memutar tuas pada sisi samping. Plat pun bergerak melingkar dan mengiris es batu menjadi es serut.Mesin Serut Salju ManualSejak beberapa tahun lalu, sudah banyak ditemui mesin serut es manual yang terbuat dari plastik. Dan prinsip kerjanya sama dengan yang berbahan besi. Dengan mesin manual putaran anda harus benar-benar konsisten. Ini berarti ketika anda memutar tuas dengan kecepatan yang berbeda, maka hasil es serutnya juga berbeda. Dengan putaran yang cepat es serut akan mempunyai potongan yang lebih padat, sementara ketika tangan anda mulai lelah, potongan menjadi lebih berongga. Hasil serutan pun tidak akan bisa merata. Sama dengan mesin serut es kayu, mesin manual sangat menguras tenaga dengan hasil yang kurang bagus. Padahal prinsip ekonomi dari jaman masih terjadi perbarteran barang sampai sekarang pun belum berubah; membuang tenaga seminimal mungkin dengan hasil semaksimal mungkin. Saat ini yang harus berubah adalah pola pikir anda. Mesin otomatis jelas sangat membantu.

      2. Mesin Es Serut Otomatis

Mesin otomatis menggunakan tenaga listrik untuk memproses es batu menjadi es serut. Mesin ini ada yang mampu menyerut hingga 200 kilogram per jam dengan daya listrik tak sampai 350 watt saat beroperasi. Hasil serutan lebih konsisten dan merata sehingga cocok digunakan untuk bermacam varian es serut mulai ala jepang, korea, cocktail hingga snow ice yang sangat lembut.

Mesin serut otomatis ini bisa dibagi menjadi dua kategori yaitu ice crusher dan ice shaver. Berikut penjelasan dan cara kerja dari mesin serut otomatis ice crusher dan ice shaver :

      1. Ice Crusher

Mesin ini bekerja saat anda menaruh potongan es pada hopper (wadah) dan menekan handle yang terhubung dengan pusher plate. Ketika anda menekanya ke bawah, otomatis pisau mesin akan berputar dan mengiris es.Mesin Es Serut Otomatis Ice Crusher

Di dalam wadah terdapat pisau tajam untuk mengiris es. Sementara dibagian belakang terdapat motor listrik untuk memutar pisau tersebut.
Mesin Es Serut Otomatis Ice Crusher
Harga mesin ini bervariasi mulai dibawah satu juta hingga diatas satu juta juga ada. Desain yang simple cocok untuk koleksi dapur anda. Bisa juga digunakan untuk bisnis. Namun mengingat kapasitas mesin ini kecil, menggunakanya untuk tujuan komersial bukan pilihan bijak. Anda juga harus menekan handle terus menerus untuk menggiling es. Getaran mesin mungkin tidak bermasalah untuk tangan anda jika digunakan sesaat. Namun penggunaan dalam jangka waktu lama dapat terjadi gejala seperti CTS/ Carpal Tunnel Syndrome. Anda akan mengalami kesemutan, rasa tebal, nyeri pada telapak dan jari-jari tangan. Pada tahap lebih kronis tangan akan sangat lemah ketika menggenggam hingga jari-jari anda menjadi lumpuh. Penyakit ini di sebabkan oleh penekanan saraf medianus yang berjalan melalui terowongan carpal pada wrist/pergelangan tangan. Sementara, pada mesin ice shaver/planner hal itu tidak terjadi. Pergelangan tangan anda akan sehat-sehat saja.

    2. Ice Shaver/ Ice Planner


Mesin Es Serut Otomatis Ice Shaver/ Ice Planner


Mesin ini mirip sekali dengan mesin manual. Akan tetapi mesin ini sudah ditenagai motor listrik. Anda cukup menaruh potongan es batu pada blade, putar rotary handle untuk mencengkeram es.
Ice Shaver/ Ice Planner

Selanjutnya anda tinggal menekan tombol Power. Pada ice blade terdapat blade adjuster untuk mengatur tingkat kelembutan dan kehalusan hasil serutan es batu sesuai yang anda inginkan. Ice blade juga bisa di bongkar pasang. Pada ice blade terdapat pisau yang bisa anda ganti saat anda rasa sudah tidak tajam.
cara kerja Mesin Es Serut Otomatis Ice Shaver/ Ice PlannerAda juga bowl ice shaver, tipe ini lebih praktis lagi. Jadi anda tinggal memasukan potongan es, pencet tombol power, es serut akan keluar sendiri dari mesin.
Mesin Es Serut super Otomatis

Prinsip kerja mesin ini sangat gampang. Bisa anda lihat bagian atas untuk memasukan es batu (the entrance). Anda tinggal buka dan masukan potongan es batu. Keuntunganya adalah anda tidak harus selalu memasukan potongan es tiap kali ingin menyerut. Penuhi saja wadah dengan potongan es. Saat anda ingin menyerut tinggal tekan tombol power, es akan keluar sendiri dengan jumlah yang anda inginkan. Jadi anda bisa menyisakan potongan es di dalam wadah dan tidak akan mencair dalam jangka waktu kurang lebih 2 jam. Harga ice shaver tidaklah murah, sekitar 6 juta. Amat jauh bila di bandingkan dengan mesin es serut manual yang seharga 200-700ribu.

Dengan memakai mesin otomatis, jelas es serut salju anda akan lebih padat dan tetap lembut. Jika anda tidak percaya, anda bisa membelinya satu biji saja dan mencobanya. Dessert idaman akan hadir di depan mata.

Leave a comment