kemasan sachet
20 Oct

Mesin sachet jadi kian penting zaman sekarang, kita menghadapi suatu era dimana penampilan terbaik adalah atensi utama menarik pembeli. Penelitian yang di lakukan sebuah majalah top, Forbes, pernah memberi simpulan jika konsumen membuat keputusan berdasarkan naluri dan aksi reaktif. Yang menjadi bahan pertimbangan mereka adalah warna, bentuk, dan lokasi yang familiar. Dari sini fungsi kemasan juga mulai berubah.

Dulu kemasan bisa didefinisikan sebagai suatu benda yang dipakai untuk wadah. Bisa memberikan proteksi, mencegah gangguan, ataupun dengan tujuan khusus untuk kebutuhan biologis, fisik dan kimia. Saat ini kemasan adalah media komunikasi yang efektif untuk mengutarakan pesan dari produsen, seperti apa tujuan dari produk tersebut dan apa artinya bagi pelanggan. Kini konsumen bisa melihat dengan gampang informasi nutrisi pada makanan yang dikonsumsi.

Perkembangan kemasan makin jauh melaju beriringan dengan hasrat manusia yang ingin praktis, cepat dan tidak bertele-tele. Saat Mc Donald memperkenalkan junk food, makanan instan yang bisa kau makan di jalan. Hari itu juga kemasan saus tidak ditaruh pada botol melainkan sachet plastik kecil. Hal serupa terjadi pada kopi. Anda bisa menemukan kemasan sachet kopi bubuk dimana-mana. Untuk memperkaya rasa, dalam satu kemasan biasanya ditambahkan krim atau gula.

Tren ini berdampak pada membludaknya usaha percetakan kemasan sachet. Ditambah cara membuat kemasan sachet terbilang mudah, kini para pengusaha dapat mengorder berbagai kemasan sachet dengan harga lebih murah. Pilihanya juga banyak, ada kemasan sachet aluminium foil yang biasa digunakan untuk mengemas kosmetik atau keripik buah. Ada pula kemasan sachet kertas yang biasa kita temui pada kopi dan gula sachet untuk hotel atau kemasan sachet teh. Ya meski kini kita lebih sering melihat teh dikemas dalam sachet plastik, terutama teh celup. Dan memang kemasan sachet plastik adalah bahan paling populer dalam dunia packaging.

kemasan sachet

Pemakaian kemasan plastik sangat digemari memang bukan tanpa alasan. Pertama,  karakter plastik yang ringan, transparan, bertenaga,  dan selektif dalam permeabilitasnya terhadap uap air, O2, CO2 sangat membantu untuk melindungi bahan yang dikemas. Kedua, kemasan plastik sangat gampang di rekatkan hanya dengan mesin pengemas. Misalnya anda ingin mengemas sambal sachet bisa menggunakan mesin continous sealer atau ingin membuat kemasan kopi bubuk renteng, ya gunakan Mesin Filling Powder. Berbeda lagi mesinnya kalau anda ingin memproduksi shampoo sachet. Intinya dibutuhkan mesin sachet yang berbeda untuk mengemas bahan berlainan, baik itu bahan cair (liquid), liquid kental seperti obat batuk, cream seperti mayonaise ataupun pasta mirip sambal. Detailnya sebagai berikut:

Mesin filling powder adalah mesin pengemas bubuk. Benuamesin menyediakan tipe pengisi sachet vertikal untuk tepung, gula halus, bubuk kopi, bahkan bubuk jamu dengan ukuran sachet panjang 40-150 mm dengan lebar 30-100 mm. Cara kerja mesin filling sachet ini di atur secara otomatis lewat panel control dengan kemampuan packing 40-60 bags/min dalam bentuk kemasan rentengan. Bahan yang akan di kemas tinggal di masukkan ke dalam tangki (hooper). Lalu nyalakan mesin sachet kecil ini. Semua bahan akan terkemas sendiri. Harga mesin kemasan sachet ini cukup murah sebab memang ia memiliki struktur yang tidak terlalu besar.mesin sachet

Mesin Filling Granule dipakai untuk mengisi serbuk atau butiran secara vertikal. Mesin ini cocok untuk sachet gula, sachet garam, sachet kopi (granule coffee) bahkan pakan burung dan kucing. Ukuran yang di sajikan adalah panjang : 40-150 mm dan lebar : 30-100 mm. Jadi model dengan ukuran memanjang dan memproses 40-60 bags per menit. Mesin packing sachet otomatis ini memakan daya listrik 1.1 kW. Memang energi listrik yang dibutuhkan lumayan besar. Namun ia jauh lebih baik dari mesin sachet manual.

Automatic Packing Machine (granule coffe) DXDK-80C

Harga mesin pengemas sachet satu ini sebetulnya cukup murah. Variasinya juga sangat banyak. Continous Band Sealer sangat pas untuk skala industri menengah sebab ia memiliki kapasitas yang lumayan besar dengan Printing letters yang tercetak pada bagian sealing. Mesin ini dapat mengemas gula hingga 1 kg, sachet powder, sachet kopi bubuk, bahkan sachet kopi bijian. Ada continous sealer vertikal ada juga yang horizontal. Mesin packing kemasan sachet horizontal juga bisa untuk mengemas makanan ringan seperti snack atau keripik dan tidak bisa mengemas bahan cair karena akan tumpah, sedangkan model vertical lebih flesibel karena bisa untuk mengemas produk berdimensi besar.

 

continous sealer

Yang perlu dipahami mengenai perbedaan mesin filling pasta dan liquid adalah kekentalan bahan yang hendak dikemas. Mesin kemas sachet ini memiliki varian yang berbeda, ada mesin yang mempunyai fungsi ganda; bisa di pakai untuk mengisi dan mengemas liquid (cairan) atau pasta. Ada juga mesin yang hanya bisa di pakai untuk mengemas pasta saja. Contoh liquid yang bisa dikemas dengan mesin ini adalah sachet bumbu, sachet sambal, saos sachet, sachet kecap, mesin sachet madu, hingga sachet sampo.

Automatic liquid packing tipe As-2000P

Itulah beberapa mesin pengemas sachet yang bisa anda gunakan untuk mempacking produk agar memiliki identitas ekstra kuat. Ingat setiap tahun, 95% produk baru gagal bertahan di pasaran karena konsumen tidak punya waktu dan energi untuk berpikir tentang keuntungan dan kerugian produk yang mereka beli. Dan pada akhirnya, mereka hanya memilih produk dengan kemasan terbaik.

Selain itu, harga mesin pengemas otomatis di atas bisa dikatakan cukup murah untuk kelas industri menengah. Komponen mesin filling sachet pun mudah di dapat. Untuk pemasangan tidak perlu kawatir sebab mesin sachet ini mudah di perbaiki. Artinya anda tidak terlalu butuh teknisi mesin sachet. Yang patut anda perhatikan adalah After-Sales Servicenya. Dan untuk mendapatkan After-Sales Service terbaik hubungi benuamesin.com. Kami menjual beragam mesin sachet dengan kualitas terbaik. Tidak hanya itu. Membeli di tempat kami anda akan mendapatkan paket program bantuan pemasaran terbaik untuk meningkatkan produk jualan anda.

Sebetulnya, disamping semua mesin di atas ada juga mesin kemasan sachet manual. Namun untuk kelas industri, mesin sachet kecil tidak efektif. Contoh mesin kemasan sachet manual yang marak beredar di pasaran adalah hand sealer. Sebetulnya mesin ini tidak bisa di kategorikan sebagai mesin packing kemasan sachet namun lebih pas bila disebut mesin press plastik. Ini karena fungsinya hanya sebatas melekatkan plastik dengan sistem pemanas.

Leave a comment