29 Jul

Di Indonesia kami melihat jika proses pengolahan daging sapi atau ayam di jagal-jagal dan tempat pengolahan ikan-ikan besar kebanyakan masih menggunakan alat-alat tradisional seperti golok, gergaji atau pisau-pisau kecil. Bayangkan saja berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengolah satu ekor hewan konsumsi, berapa banyak tenaga kerja yang anda butuhkan. Sangat tidak efisien, memakan waktu lama dan gaji yang besar untuk pekerja anda. Tempat jagal anda seperti beroperasi dengan kondisi layaknya Inggris di abad 17. Namun, Inggris sejak 100 tahun lalu berbenah. Mereka mengubah tenaga manusia ke mesin. Kemajuan pun datang lebih cepat. Kami yakin anda ingin kemajuan pesat dalam bisnis jagal anda. Pekerja yang lebih sedikit, hasil yang lebih bagus, alhasil keuntungan yang lebih besar bisa di dapat.

Rekomendasi Mesin Pemotong Tulang

Proses pemotong daging dan tulang baik sapi, ayam maupun ikan dengan skala masif seperti itu tentu perlu alat kusus. Mesin Pemotong Tulang (Bone Saw) adalah salah satu mesin yang memiliki fungsi utama untuk memotong daging atau tulang untuk jumlah besar. Kebanyakan mesin bone saw dibuat dari bahan stainless steel agar dapat menjaga kehigienisan daging atau tulang yang telah terpotong. Bone saw mampu memotong daging dan ikan beku seperti memotong sebuah roti. Alat ini mempunyai ukuran lebih besar dari meat slicer yang sebagian besar hanya bisa digunakan untuk memotong daging dan ikan dengan ukuran relatif kecil. Bone saw mampu memotong iga atau kaki sapi dengan mudah, membelah ikan hiu atau tuna besar dengan cepat.

Bone saw memiliki design yang sederhana. Anda tidak butuh pegawai profesional untuk mengoperasikanya. Pegawai anda bisa langsung menggunakanya dalam sekali belajar dan bisa mahir dalam waktu yang singkat. Anda tidak perlu membayar tukang jagal berpengalaman yang lebih mahal. Di pasaran, mesin ini tersedia dalam bentuk otomatis dan manual seperti gambar dibawah ini.

mesin pemotong daging otomatis dan manualDi luar negeri, alat manual lebih dikenal dengan hack saws, disini anda bisa mengenalinya sebagai gergaji pemotong besi meski alat ini banyak digunakan di penjagalan kota-kota besar. Perbedaanya dengan mesin pemotong tulang otomatis terletak pada gigi pisau yang digunakan dimana hack saw mempunya gigi yang tidak terlalu besar. Anda bisa lihat gambar dibawah ini.

pisau mesin pemotong tulang

Melihat gambar diatas, kami cukup percaya jika anda sudah bisa menilai hasil dari pemotonganya. Dengan gigi kecil yang hanya bisa memotong ke depan dan belakang, kemungkinan untuk macet tersendat serat-serat daging akan lebih besar. Oleh karena itu, pisau jenis ini lebih cocok digunakan untuk memotong kayu atau plywood. Jika anda ingin memasak daging, permukaan daging sapi atau ikan harus benar-benar rata untuk menghasikan kematangan yang sempurna. Permukaan yang tidak rata akan menghasilkan daging sapi dan ikan yang keras dan kering. Bahkan daging dengan pemotongan yang keliru akan menyebabkan proses pembekuan tidak sempurna jika anda berniat menyimpanya. Maka, mesin pemotong daging sapi dan ikan otomatis wajib menjadi pilihan, toh harga mesin pemotong ini cukup murah.

Bentuk dan Ukuran Mesin Pemotong Tulang

Berdasarkan bentuk dan ukurannya mesin pemotong tulang ini dibedakan menjadi 2, yaitu:

1. Mesin Pemotong Tulang Ukuran Kecil atau Sedang
Mesin bone saw jenis ini biasanya memiliki ukuran meja potong sekitar 60cm x 40cm, daya listrik 110-220v/750-1.100w dan memiliki pisau pemotong dengan diameter sekitar 21cm. Mesin potong tulang jenis ini memiliki konsumsi daya listrik yang lebih hemat sehingga cocok untuk diaplikasikan di industri kuliner skala rumahan, restauran, hotel, dan juga usaha pengolahan makanan kecil lainnya.

2. Mesin Pemotong Tulang Ukuran Besar
Mesin bone saw ini memiliki ukuran meja potong dan konsumsi listrik yang lebih besar yaitu mencapai sekitar 380V/1500W. Dan yang membedakan dengan mesin potong tulang kecil lainnya yaitu pada mesin jenis ini memiliki diameter pisau pemotong yang lebih besar yaitu mencapai 30cm sehingga bisa lebih cepat dalam memotong daging beku dan tulang yang berukuran besar. Aplikasi dari mesin bone saw ini sering dipergunakan bagi para industri kuliner skala besar.

Cara Menggunakan dan Prinsip Kerja Mesin Pemotong Tulang

Cara menggunakan mesin pemotong tulang ini tidak sulit. Setelah daging beku, ikan atau tulang yang akan di potong sudah siap pada work table, sesuaikan ukuran irisan daging dengan plat pengatur pada work table. Anda bisa langsung menyalakan mesin dan meletakkan daging atau ikan tersebut (disarankan dalam keadaan beku) diatas meja work table, kemudian dorong daging hingga daging terpotong oleh pisau mesin. Untuk mendorong daging, gunakanlah alat pendorong daging yang telah tersedia sepaket dengan bone saw agar tangan anda aman dari resiko kecelakaan.

bagian-bagian mesin pemotong daging dan tulang

Anda bisa melihat gambar diatas, alat ini terdiri dari beberapa bagian:

  1. Door motor adalah pintu mesin dimana di dalam mesin terdapat 2 buah roda untuk mengaitkan pisau. Pada roda bawah terhubung dengan dinamo yang memutar roda. Roda akan memutar pisau seperti gergaji mesin.
  2. Stabilizing device berfungsi untuk memastikan pisau tetap di tempatnya.
  3. Saw adjustable berfungsi untuk mengencangkan/mengendurkan pisau saat anda ingin memasang dan melepasnya.

Kebanyakan pelanggan kami juga bertanya dari sisi keamanan pemakaian mesin. Mereka takut jika mesin bone saw akan melukai tangan mereka, atau tidak sengaja memotong jari mereka. Kebanyakan kami melihat ini terjadi saat pembersihan mesin. Hal paling utama terjadi sebetulnya lebih pada kecerobohan pemakai. Kami ingatkan anda, hilangkan semua hal yang membuat konsentrasi anda terpecah saat menggunakan mesin ini. Bayangkan diri anda seoranng pembalap yang sedang mengejar pole position. Langkah-langkah berikut bisa anda jadikan pedoman untuk menghindari keajdian yang lebih serius :

  1. Jangan pernah bersihkan mesin dalam keadaan hidup
  2. Selalu gunakan Pusher Plate untuk mendorong daging
  3. Gunakan pelindung mata saat memakai mesin karena serpihan tulang bisa mengenai mata anda
  4. Jangan pernah paksa masuk daging dengan keras

Mesin mesin pemotong tulang Benuamesin.com akan sangat berguna untuk anda para pemilik jagal atau pengusaha kuliner yang menyajikan menu hidangan berbahan baku daging. Dengan designnya yang sengaja dibuat sesederhana mungkin, akan mempermudah dalam penggunaan dan perawatannya. Dari segi harganya sendiri, untuk mesin potong tulang yang kami sediakan juga terbilang cukup terjangkau dan pastinya kami menyediakan service after sales atau garansi yang memuaskan anda. Jadi, tidak ada ruginya untuk anda jadikan sebagai investasi jangka panjang bukan?. Benuamesin.com selalu berusaha mengutamakan kualitas dan kepuasan para pelanggan.

Leave a comment