cara memotong daging yang benar
29 Jul

Usaha pemotongan hewan maupun usaha kuliner seperti restoran dan hotel pasti membutuhkan mesin pemotong daging. Bayangkan saja, kita sangat jarang menjumpai restoran untuk vegetarian. Rata-rata selalu menyediakan menu berbahan daging atau ikan. Tentu akan sangat merepotkan jika pemilik hotel atau restoran harus berulang kali masuk tempat pemotongan dengan biaya sekian rupiah. Bisa dipertimbangkan, selama 2 tahun biaya pemotongan sudah bisa digunakan untuk mengansur mesin sendiri. Mempercayakan pemotongan daging ke tempat lain juga sangat tidak menjamin higienitas. Kita tahu, mesin-mesin tersebut digunakan secara masal dan tidak tahu apakah mesin tersebut rutin dibersihkan. Pun pengaturan ketebalan dan gramasi daging juga akan sangat sulit dilakukan jika tidak mempunyai mesin sendiri. Kita tidak bisa setiap waktu harus pergi ke tempat pemotongan bukan. Ingat, tamu anda tidak mau terlalu lama menunggu.

Membeli mesin pemotong daging sendiri sangat berguna untuk invesatsi jangka panjang anda. Mesin ini didesain khusus untuk memotong daging sapi, ayam, ikan beku dan tulang seperti buntut sapi. Bisa digunakan untuk industri skala besar, kecil maupun digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Design dan Ukuran Mesin Pemotong Daging

Secara umum ukuran mesin pemotong daging antara satu tipe mesin dengan tipe lainya cukup mirip yaitu berkisar panjang 50cm x lebar 50cm x tinggi 50cm, bobotnya berkisar 15kg hingga ada yang hampir 100kg, ukuran mesin ini memang tergolong cukup besar. Sayangnya mesin ini tidak bisa dilipat atau dikecilkan agar mudah disimpan, sehingga tempat dimana diletakkan harus disiapkan lebih dulu. Mesin ini memiliki 4 kaki penyangga yang ujungnya di lapisi dengan bantalan karet yang berfungsi untuk mencengkeram permukaan meja agar mesin tidak bergeser ketika daging diiriskan ke pisau pengiris.

Diameter pisaunyapun bervariasi mulai dari 200 hingga 300mm, semakin lebar mata pisau maka semakin lebar bahan yang bisa anda potong oleh karena itu perhitungkan dengan baik seberapa lebar pisau yang anda butuhkan? Mesin dengan pisau lebar biasanya harganya semakin mahal dan semakin berat, biasa digunakan untuk tujuan komersial di restoran atau industri pengolahan makanan. Sedangkan untuk kebutuhan rumah tangga biasanya cukup dengan mesin yang berukuran lebih kecil.

Mesin pemotong daging secara umum dengan kapasitas 130 watt sudah mempunyai standar yang baik untuk memotong daging jenis apapun. Menurut jenisnya, mesin pemotong ada yang digerakan oleh gear dan oleh belt atau bisa jadi dua-duanya. Mesin dengan gear biasanya lebih bertenga sehingga bisa memotong daging jenis apapun. Biasanya jenis ini lebih berat dan mahal. Sedangkan untuk mesin yang digerakan dengan belt cenderung sulit untuk memotong daging-daging yang alot dan tebal. Selain itu, mesin yang bagus biasanya tidak terlalu bising. Mesin yang kurang bagus mempunyai tingkat kebisingan mencapai 70 decibel(Db). Untuk mesin yang bagus bisa dibawah 60 Db. Mesin kami mempunyai tingkat kebisingan dibawah 60Db.

Prinsip Kerja & Cara Menggunakan Mesin Pemotong Daging

bagian-bagian meat slicerAda beberapa bagian penting yang bisa anda perhatikan dari mesin pemotong daging ini.

  1. Blade atau pisau mesin
    Biasanya terdapat dua jenis pisau, model dengan permukaan gergaji dan model dengan permukaan halus. Pisau gergaji cocok untuk memotong daging yang tebal dan ulet. Pisau halus lebih cocok untuk memotong daging yang tidak teralalu ulet, juga bisa untuk memotong sayur. Jika anda butuh dua-duanya, anda bisa membeli secara terpisah dan memasang pisau sendiri sesuai keinginan anda. Setiap pisau juga mempunyai ketebalan berbeda yang bisa anda lihat pada kode angka di pisau tersebut
  2. Food Tray
    Ini adalah tempat anda meletakan daging dan mendorongnya ke pisau untuk di potong. Di bawah food tray terdapat manual guide yang berfungsi untuk mendorong food tray maju ke depan menuju pisau.
  3. Thickness Adjustment Knob
    pengatur ketebalan daging irispengaturan ketebalan irisan daging

Alat ini berbentuk tombol dengan berbagai ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa tebal dan tipis daging sapi atau ayam yang ingin anda potong mulai dari ukuran setengah cm. Mesin ini bisa memotong daging dengan ukuran yang sangat tipis.

Di dalam mesin terdapat sebuah motor penggerak yang dikaitkan ke sebuah pisau pipih bulat, ketika mesin dihidupkan motor penggerak ini akan memutar pisau dengan kecepatan tinggi sehingga dapat digunakan untuk memotong daging, yang biasanya sudah dijepit dengan tuas pengaman ketika pemotongan dilakukan. Secara umum penggunaanya cukup mudah:

  1. Atur ketebalan dengan menggunakan knob yang sudah tersedia di mesin. Demi keamanan anda, pisau akan tertutup jika knob berada dalam posisi nol.
  2. Letakan daging ke atas sliding table dan nyalakan mesin.
  3. Dorong daging yang akan dipotong dengan tongkat pendorong secara perlahan
  4. Setelah selesai digunakan anda bisa membersihkanya

Masalah Keamanan Mesin Pemotong Daging

Bekerja dengan pisau yang tajam bisa menjadi masalah tersendri. Jika anda sedikit ceroboh, pisau-pisau ini bisa melukai tangan anda. Tetapi jangan kawatir, mesin pemotong daging sekarang sudah dilengkapi dengan safety feature. Misalnya handguard system yang meletakan pembatas antara jari anda dengan pisau. Ada juga blade-lock function yang mencegah terjadinya pergeseran pisau saat proses pemotongan.

Hal-hal diatas bisa anda pertimbangkan dalam membeli mesin pemotong daging. Jika nanti sudah membeli, anda tidak kawatir untuk penggunaan mesin pemotong daging dari tempat kami. Langkah-langkah ini sangat gampang dilakukan.

Mesin- mesin kami sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang bagus dengan perfoma yang tak kalah juga, hemat listrik dan anti karat. Selain itu mesin kami sangat mudah digunakan dan tidak sulit untuk dibersihkan. Dan untuk masalah harga anda tidak perlu kawatir, toko kami menyediakan mesin dengan berbagai tipe dengan range harga yang bervariasi. Seusaikan dengan kebutuhan dan budget anda dalam membeli. Kami juga yakin, setiap kali membeli barang pasti anda memperhatikan garansi dari sebuah barang tersebut. Apalagi jika anda membeli online tanpa bisa melihat dengan baik bagaimana barang tersebut. Anda jangan kawatir, kami meyediakan garansi terbaik untuk anda.

Leave a comment