Mesin Pembuat Sosis
28 Jul

Sosis bukanlah makanan baru. Kebudayaan kuno sudah mengenal sosis bahkan 600 tahun sebelum masehi. Meski bukan makanan baru, prosedur pengolahan sosis tidak pernah berubah sejak makanan ini pertama kali di temukan di Yunani. Jikapun ada perubahan, itu lebih dikarenakan faktor ekonomi dimana permintaan makanan olahan berbahan daging ini meningkat pesat. Iklan televisi, indiustri besar berlomba menciptakan brand image produk satu ini. Bisa kita lihat, di televisi sangat sering produk olahahan berbahan daging ini ditayangkan.

Penciptaan demand selalu berujung pada permintaan pasar. Alhasil, kapasitas produksi harus di upgrade. Cara pengolahan sosis pun berubah. Mesin pembuat sosis diproduksi masal, sebab manusia tidak akan lagi sanggung membuat sosis dengan cara manual. Memasukan olahan daging sosis satu-persatu ke dalam wadah plastic panjang. Sangat ribet, tidak efisien, juga tidak higienis dan hasilnya pun kurang baik sebab sosis tidak akan mendapatkan kepadatan yang sempurna. Sosis pun terasa kopong dan tidak enak.

Saatnya beralih ke teknologi. Mesin sosis telah diciptakan. Pada dasarnya, mesin sosis “Sausage Filler Machine” adalah mesin yang berfungsi untuk mencetak adonan sosis menjadi sosis siap masak yang berbentuk lonjong. Seperti mesin pencetak pentol, mesin pencetak sosis ini memerlukan meat grinder (mesin penggiling daging) untuk memulai prosesnya. Kecuali anda membeli mesin otomatis dengan tenaga hidrolik yang sudah di lengkapi dengan mesin giling daging. Anda bisa langsung memasukan potongan daging tanpa menghaluskan daging terlebih dulu.

Dengan menggunakan mesin pencetak sosis ini anda bisa membuat sosis dengan berbagai ukuran yang seragam dalam waktu yang cepat dan mudah. Mesin ini biasanya dirancang dengan menggunakan bahan full stainless steel. Bahan ini juga tidak mudah berkarat dan mudah untuk pembersihannya, selain itu juga akan memberikan tampilan lebih mewah dan berkualitas. Desain sangat sedarhana sehingga mudah dalam mengoperasikannya.

Rekomendasi Mesin Pembuat Sosis

Jenis-Jenis Mesin Sosis

Berdasarkan cara kerjanya mesin sosis memiliki 2 jenis, yaitu manual dan elektrik. Pada mesin sosis manual, dalam penggunaanya masih belum membutuhkan daya listrik. Sedangkan pada mesin sosis elektrik, untuk menggunakannya lebih mudah karena proses pencetakan sosis sudah dikerjakan secara otomatis ketika mesin dihidupkan. Mesin sosis manual terdiri dari dua pilihan bentuk. Ada yang vertical ada yang horizontal. Sementara mesin otomatis menggunakan listrik dimana terdapat pompa hidraulik di bagian bawah untuk mendorong plat. Mesin otomatis mempunyai kapasitas yang besar dan lebih cocok untuk kelas industri. Sementara mesin manual bisa digunakan oleh siapa saja baik pemilik restoran, industry kecil sampai ibu rumah tangga.

Prinsip dan Cara Kerja Mesin Sosis Manual

Sebelum masuk ke cara kerja, mari kita lihat bagian-bagian mesin sosis ini.

bagian-bagian mesin sosis manual

  1. Removable cylinder, ini adalah wadah tempat anda meletakan adonan sosis halus (yang telah di olah sebelumnya dengan meat grinder/mesin giling daging). Cylinder ini bersifat bongkar pasang. Jadi anda bisa melepasnya saat akan mengisi daging olahan.
    Removable cylinder mesin sosisDi atas cylinder ini terdapat plat pendorong yang berfungsi mendorong daging dari atas ke bawah dan masuk ke dalam tube/pipa. Plat ini digerakan oleh sebuah handle tuas.
  2. Crank handle
    Handle/tuas ini bersifat bongkar pasang. Anda memutar handle ini untuk mengoperasikan mesin sosis. Handle ini tersedia dengan panjang yang bervariasi mulai 20cm-35cm dan anda harus membelinya secara terpisah.
    Crank handleHandle yang lebih panjang digunakan untuk mengoperasikan mesin dengan olahan daging yang lebih banyak. Namun, menggunakan handle bawaan pabrik sudah sangat bagus.
  3. Tube/pipa
    tube atau pipa mesin sosisTube berfungsi untuk meletakan plastic panjang yang akan di isi adonan sosis. Terdiri dari berbagai ukuran untuk menyesuaikan besar kecil sosil yang akan dibuat dan biasanya tersedia satu set saat anda membeli mesin.

Prinsip Dan Cara Kerja Mesin Sosis Otomatis

Untuk mesin otomatis, plat digerakan oleh pompa hidraulik yang ditenagai oleh listrik. Mesin otomatis memakai daya listrik 750 Watt. Dengan berat mencapai 150 kilogram, mesin ini tidak akan memakan tempat dan tidak akan mudah di pindah-pindah. Berbeda dengan mesin manual yang hanya memiliki berat 12kilogram yang hanya bisa mengolah sosis dengan skala kecil dan kurang cepat. Mesin otomatis bisa membuat sosis dengan cepat. Bahkan beberapa mesin otomatis sudah sekaligus dapat digunakan sebagai mesin giling daging. Anda tidak perlu repot kerja dua kali seperti ketika menggunakan mesin manual.

prinsip kerja mesin sosis otomatis
Selain bisa mencetak sosis dengan skala besar, ada keuntungan lain jika anda membeli mesin otomatis. Bisa anda lihat gambar diatas. Pada mesin otomatis dapat tersedia 3 mulut pipa dengan bentuk yang berbeda sehingga anda bisa mencetak sosis misalnya dalam bentuk gelombang, bentuk gerigi tajam dan sebagainya. Mesin ini juga mempunyai diameter pipa yang extra besar. Mesin manual tidak mempunyai karena keterbatasan tenaga pendorong pada cylinder. Pipa big size ini tentu juga bisa digunakan untuk membuat sosis jumbo, bahkan bisa digunakan untuk membuat isian humburger yang memanjang, jadi anda tinggal memotongnya tipis-tipis.

Sementara untuk prinsip kerja dari kedua mesin pencetak sosis juga berbeda. Mesin manual memanfaatkan plat diatas cylinder dan corong berbagai ukuran untuk menghasilkan sosis dengan ukuran yang seragam. Dan untuk cara kerjanya sendiri yaitu setelah daging giling siap pakai dimasukkan kedalam cylinder dan putar tuasnya maka secara otomatis mesin akan mencetaknya sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jangan lupa tentukan seberapa panjang dan besar sosis yang ingin anda buat menggunakan pipa. Sementara pada mesin otomatis, di atas cylinder terdapat pengunci. Plat terdapat di dalam cylinder bagian bawah yang akan mendorong daging dari bawah ke atas masuk ke pipa.

Cara Menggunakan Mesin Pembuat Sosis Secara Umum

Untuk cara pembuatan sosis dapat anda lakukan seperti berikut :

  • Siapkan mesin dan adonan sosis halus
  • Buka atau lepas penutup tabung pada mesin
  • Masukan adonan daging ke dalam tabung dan jangan lupa untuk menutupnya kembali
  • Pasang corong pencetak sesuai kebutuhan (biasanya corong pencetak sudah disediakan dalam berbagai ukuran)
  • Untuk mesin sosis manual, putarlah handle pada mesin, maka adonan sosis akan keluar sendiri melalui corong pencetak tersebut. Sedangkan untuk mesin sosis otomatis, Anda cukup menyalakan mesih dengan menekan tombol ON pada mesin.

Sekarang sosis telah menjadi salah satu olahan daging yang cukup popular, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya jenis sosis yang dijual dipasaran mulai dari sosis ayam, sapi, ikan, udang dan jenis sosis lainnya. Dengan adanya berbagai macam jenis sosis tersebut secara tidak langsung juga telah membuktikan bahwa sosis sudah mulai banyak penggemarnya. Banyak perusahaan yang masuk industry ini. Namun ingat, tiap perusahaan memiliki satu asas ketika mereka membuat sebuah produk: uang. Bukan tidak mungkin perusahaan-perusahaan ini akan mengisi sosis mereka dengan bumbu atau hal lain yang kemungkinan besar berbahaya bagi kesehatan anda ke depan. Anda, teruatama ibu rumah tangga, kami kira sudah menyadari hal ini. Kami percaya, anda tidak ingin menggadaikan kesehatan demi uang yang tidak seberapa.

Oke, dengan pengamatan sederhana saja. Anda membeli mesin sosis manual dengan harga kurang dari 3 juta namun bisa menyelamatkan keluarga anda dari resiko penyakit, semisal kanker, yang bisa menghabiskan ratusan juta tabungan anda. Benar-benar tidak layak membeli sosis dengan harga seribu atau dua ribu rupiah dengan taruhan harga yang lebih besar. Anda bisa membuat sosis rumahan anda sendri sesuai selera anda. Sosis rumahan pasti lebih terjamin kualitasnya.

Benuamesin.com berusaha untuk menyembuhkan kegalauan anda dengan menyediakan alat pembuat sosis terlengkap dan berkualitas mulai dari mesin manual hingga otomatis dengan berbagai ukuran dan kapasitas yang dibutuhkan. Selain itu, semua mesin kami terbuat dari bahan stainless steel sehingga mampu menjaga keawetan dan tingkat kehigienisan olahan sosis anda.

Leave a comment