28 Jul

Mesin pembuat bakso begitu para industrial dan brand maker menyebutnya. Namun kami katakan mesin pembuat bakso adalah mesin terakhir dalam pembuatan bakso. Sebetulnya lebih cocok bila kita menyebutnya sebagai mesin pencetak pentol. Tidak hanya mencetak pentol daging sapi atau ayam, tapi alat ini juga bisa untuk pentol ikan, lele, tengiri, tuna, tongkol, patin dll. Untuk skala industri, mesin pembuat bakso atau mesin pencetak pentol otomatis ini bisa jadi hal yang wajib. Alasanya jelas: sebuah mesin ini bisa mencetak pentol hingga diatas 1000 biji per jam dengan ukuran yang bervariasi. Dan tentu saja, proses mekanisasi bisa membuat kualitas pentol anda lebih enak. Rahasia di balik mesin ini adalah pada ujung mesin terdapat volume adjusted system yang digunakan untuk mengatur kepadatan sebuah pentol. Pentol yang lebih padat bukan berarti pentol itu menjadi keras, justru sebaliknya pentol menjadi gurih karena bumbu benar-benar terpadatkan. Namun pentol tetap kenyal dan empuk karena terlebih dulu dimasukan ke wadah penggiling yang terdapat di bagian atas mesin.

Sebetulnya terdapat juga mesin pembuat pentol manual yang kami yakin tidak banyak membantu pekerjaan anda. Mesin pembuat pentol manual tidak jauh beda dengan anda membuat pentol dengan sendok dengan mengambilnya dari pencetan yang di hasilkan dari jari-jari anda. Well, langsung to the point saja. Mungkin anda sedikit bingung tanpa ada penjelasan dengan gambar yang lengkap, bagaimana cara penggunaanya apakah lebih menghemat energi atau tidak. Disini akan kami sajikan gambar sebuah mesin pembuat bakso secara detail.

mesin bakso

Rekomendasi Mesin Pembuat Bakso

Sebagai contoh, mesin ini membutuhkan daya listrik 750 watt dengan ukuran mesin 68 x 38 x 120.5 cm dan berat : 85 Kg. Ada 3 bagian penting dari mesin ini :

  1. Boot/ wadah adonan, di dalam wadah ini terdapat pengaduk yang terbuat dari besi untuk mengaduk dan mendorong adonan bakso ke bawah sehingga bisa memberikan tekanan ketika bakso akan dicetak dan masuk ke infall (pipa penghubung)
    wadah adonan mesin baksoBisa anda lihat disitu terdapat alat mirip baling-baling kapal.
  2. Pulp volume adjusted
    Alat ini untuk mengatur seberapa padat sebuah pentol sebelum tercetak ke mould.
  3. Mould
    cooper plate mesin baksoMould terdapat pada cooper plate yang digunakan untuk menentukan seberapa besar pentol yang ingin anda cetak. Pada jenis mesin ini terdapat ukuran mulai 1.7 / 2.1 / 2.4 / 2.8 cm.

Prinsip dan Cara Kerja Mesin Pembuat Bakso

Mesin pembuat bakso seperti sudah kami sebut sebelumnya, bukanlah tipe mesin yang bisa bekerja sendiri. Mesin ini hanya digunakan untuk mencetak pentol. Tahapan pembuatan bakso cukup panjang. Mulai dari penghalusan daging dengan meat grinder (mesin penggiling daging) kemudian masuk ke meat mixer atau bowl cutter (mesin pencampur adonan bakso) hingga terakhir ke mesin pencetak pentol seperti diatas. Semua jenis mesin bakso ini memiliki kapasitas daya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mulai dari mesin bakso untuk skala kecil/industri rumahan hingga skala besar industri pabrik.

Untuk mendapatkan bakso yang siap saji harus dilakukan melalui beberapa proses yaitu mulai dari pemotongan daging hingga keproses pencetakan bola-bola bakso. Disetiap proses pembuatan bakso tersebut bisa dilakukan dengan cara otomatis yaitu dengan memanfaatkan ketiga mesin bakso tersebut.

  1. Meat Grinder (Mesin Giling Daging)
    Lebih dikenal sebagai mesin giling daging dan dapat anda temukan di tiap tempat gilingan bakso. Meat grinder tidak bisa membuat adonan benar-benar halus.
  2. Mesin Pencampur Adonan
    Menurut jenisnya, mesin mixer daging ini dibagi menjadi dua jenis, pertama model tabung (meat mixer), kedua model baskom (bowl cutter). Setelah daging terpotong-potong halus, anda bisa mencampur daging dengan adonan dan bumbu-bumbu lainnya, proses ini bisa dilakukan dengan mesin pengaduk adonan. Jika proses pencampuran adonan telah selesai, adonan tersebut selanjutnya dicetak dengan Mesin Pencetak Bakso (Meat Ball Forming Machine).
  3. Meat Ball Forming Machine
    Dengan teknologinya yang bagus, mesin pencentak bakso mampu mencetak adonan bakso menjadi bola-bola kecil sesuai ukuran dalam jumlah banyak dengan hanya membutuhkan waktu yang singkat. Selain itu, ukuran bola-bola bakso juga mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, dengan memanfaat mesin ini proses pencetakan bakso akan lebih efisien terhadap waktu dan tenaga.

Kelebihan Mesin Pembuat Bakso Benuamesin.com

  • Segi harga yang lebih hemat dibandingkan dengan mesin bakso lainnya. Jadi, sekarang anda tidak perlu menggunakan mesin pencetak bakso manual, karena yang otomatis saja harga sudah terjangkau sehingga cepat balik modal.
  • Alat pembuat bakso kami juga sangat membantu anda dalam proses mencetak baso dengan aneka isi baik isi daging, isi, sayur, isi sosis, isi keju, isi coklat, kornet, dll.
  • Mudah dalam penggunaannya dan mudah dalam perawatannya.
    Benumesin.com siap membantu anda dalam merintis dan mengembangkan usaha bakso anda baik untuk skala rumahan hingga industri. Kami hanya menyediakan mesin-mesin yang berkualitas, karena mesin-mesin kami dibuat langsung oleh tenaga ahli, dan sudah melewati Quality Control. Usaha kami adalah kesuksesan anda.

Leave a comment