Mesin Kentang Ulir
28 Jul

Mesin Kentang Ulir – Memotong menjadi bentuk spiral saat ini menjadi tren di dunia kuliner. Entah itu karena kebosanan inovasi kentang yang sering macet pada kategori French Fries dan sliced potato chip, atau mewabahnya demam Korea. Namun bisa juga karena ada pergeseran selera yang mengarah pada health food. Mengolah kentang tornado twister memang menawarkan alternatif baru selain di goreng, yaitu di panggang. Memanggang makanan tentu lebih sehat daripada menggorengnya dalam minyak.

tornado twister
Meski baked potato sudah ada sejak dulu, mengemasnya dengan tusuk sate makin mengesankan jika masakan ini tidak berasal dari pan frying atu deep frying yang menyebarkan pandangan pekatnya kolesterol di tiap gigitan. Lalu apa bentuk spiral hanya bisa di masak dengan cara di panggang. Jawabnya tidak, di goreng pun juga bisa. Kelebihanya, bentuk yang tipis serta ditusuk dengan bambu akan membuat penirisan minyak lebih sempurna.

potato spiral
Untuk membuat kentang ulir anda hanya perlu menusuk kentang dengan bambu kemudian iris menggunakan pisau secara melingkar. Setelah semua bagian teriris, renggangkan kentang. Cara ini sangat sederhana, namun sedikit berbahaya. Terpeleset sedikit, bukan kentang yang terpotong melainkan jari anda. Hasil potongan pisau juga tidak akan bisa tipis dan seragam. Selain itu, potongan yang tebal membuat minyak akan mengendap dalam kentang saat di goreng. Di tempat kami, ada alat khusus untuk memotong kentang model spiral begini.

 

 

potato slicer

Harga jual piral potato slicer ini murah. Cara mengoperasikanya pun juga sangat mudah dan hemat listrik karena menggunakan tenaga manual. Anda cukup meletakan kentang pada lubang diatas pisau dan putar tuas. Lebih lengkapnya sebagai berikut.

Cara Kerja Spiral Potato Slicer

Perhatikan cara kerja spiral potato slicer berikut ini:

  1. Tekan pole (sumbu), bagian bottom akan melekat pada lantai atau meja. Kemudian tarik tuas.
    Spiral Potato Slicer
  2. Tusukan stik bambu pada kentang, letakan bagian bambu yang panjang melewati lubang diatas pisau. Lalu putar tuas sampai mengenai kentang. Putar terus sampai kentang terpotong semua.
    Spiral Potato Slicer
  3. Ambil kentang dari mesin pemotong dan tarik memanjang.
    Spiral Potato Slicer

Mesin kentang ulir ini dilengkapi dengan mata pisau dari bahan stainless steel sehingga aman untuk memotong bahan pangan. Untuk memasak kentang ini juga sangat mudah.

Sambil menunggu Oven mencapai suhu 190 degrees Celsius, anda bisa memotong kentang dengan mesin ini. Kemudian siapkan campuran mentega cair, bawang putih, Italian seasoning, garam dan lada hitam dalam mangkuk. Setelah oven siap masukan kentang selama 10 menit. Angkat dan tiriskan sembari mengoleskan bumbu-bumbu yang telah dicampur tersebut pada seluruh bagian kentang. Anda juga bisa menaburinya dengan keju parmesan.

kentang goreng

Jika ingin menggorengnya, anda bisa menaburi kentang yang telah memanjang pada bambu dengan garam, chili powder, oregano dan black pepper. Kemudian goreng menggunakan deep fryer kira-kira 5 menit. Untuk menghasilkan tekstur yang lebih crispy, sebelum di taburi bumbu, letakan di dalam air es selama 15 menit. Apabila anda ingin membuka kedai pinggir jalan. Olahan ini layak menempati salah satu list di daftar menu anda.

kedai jajanan
Ya meski di Indonesia masih kalah pamor dari makanan korea halal lain seperti Tteokbokki (kue beras yang dibumbui saus merah pedas) atau Eomuk (Fish Cake), di negeri asalnya Korea Selatan, kentang tornado cukup populer. Disini, kalau anda tahu masakan ini. Berarti anda sudah terlalu sering melihat drama Korea. Dan sudah saatnya anda menyembuhkan diri ke dokter dan menginstal virus ke Indonesiaan anda. Namun bila virus itu tak kunjung pergi. Anda bisa memanfaatkan pengetahuan ini dengan berbisnis Korean Street Food. Korean street food yang sebentar lagi muncul di Bandung, adalah jenis jajanan yang digemari semua lapisan kelas sosial baik artis K-pop ternama atau hanya pegawai pemerintahan. Jika anda sempat berlibur atau jadi TKI disana, maka anda akan mudah menemukan jajanan khas Korea ini di tiap lorong subway station, di sepanjang jalan di pusat-pusat keramaian, atau bisa juga di pinggir jalan. Untuk jajanan kentang ulir sendiri, bisa dikategorikan sebagai camilan murah. Apabila kita menjual ini di Indonesia, ia bisa cepat jadi primadona. Setidaknya mendahului pengusaha Korea street food yang akan menginvasi Bandung.

Di negeri Kimchi, mesin kentang ulir yang ramai digunakan adalah jenis elektrik. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan daya listrik sekitar 220V. Prinsip kerja mesin elektrik ini sama dengan mesin manual. Bedanya hanya anda tidak perlu memutar tuas.

mesin pemotong kentang elektrik
Ukurannya tidak terlalu besar. Beratnya juga ringan sekitar 3Kg. Jadi mesin ini sangat efektif untuk diletakkan di berbagai tempat dan mudah dipindah-pindah. Cocok untuk dipakai kedai pinggir jalan ala Korean Street Food atau gerobak dorong.

poros pemutar mesin
Mesin ini telah dilengkapi dengan pisau tajam yang berada diujung mesin serta poros berulir sebagai pemutar kentang. Jadi, ketika kentang dimasukkan kedalam mesin dan mesin mulai digerakkan, maka kentang akan berputar dan terdorong maju sampai menyentuh pisau yang ada diujung mesin tersebut. Dengan mekanisme pemotongan kentang disertai perputaran dan dorongan tersebut, maka secara otomatis kentang yang dihasilkan akan berbentuk spiral.

Artikel ini kami tulis dengan keresahan akan berita banyaknya jajajan sekolah berbahaya. Kami percaya jika kentang ulir akan menjadi jajanan anak sekolah yang unik. Jajanan yang jauh dari kata kotor dan tidak sehat. Ia berasal dari bahan pangan kaya nutrisi dan yang lebih penting dari semua itu, rasanya gurih sedap dan sangat addictive. Bayangkan jika anda menjual jajanan ini di sekolah-sekolah, perasaan kami mengatakan ini akan laris. Ibu-ibu tidak akan ragu mengeluarkan kocek demi olahan berkualitas ini, daripada membeli makanan yang menggunakan bahan kimia, seperti jajanan yang memakai saus atau bahan pewarna dalam mengolahnya. Jika anda percaya kami dan masa depan anak-anak yang butuh makanan sehat. Mari hubungi kami, benuamesin.

Leave a comment