gelas plastik unik
28 Jul

Pemikiran kita hari ini sangat sederhana, jika pelanggan puas otomatis uang datang. Memenangkan pelanggan dari pesaing dan mempertahankan mereka akan memberikan nilai besar bagi kelangsungan bisnis. Agar dapat memuaskan konsumen, hal pertama yang harus dilakukan semua pelaku bisnis adalah memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Bagi pecinta jajanan apapun, termasuk minuman atau es, pengemasan bagus menimbulkan citra produk berkelas sehingga produk anda bisa lebih “stand out” atau lebih menarik perhatian dari kompetitor.

Kemasan adalah hal penting, apalagi persaingan bisnis di kota besar seperti jakarta, bogor, tangerang, bekasi, jogjakarta, surabaya, malang dst sangat ketat. Sedangkan di luar pulau jawa biasanya tidak begitu ketat, inilah yang menyebabkan penggunaan cup sealer semakin menjamur di hampir seluruh kota-kota besar di luar pulau jawa seperti medan, pekanbaru, samarinda, banjarmasin, makassar bahkan hingga papua. Dan memunculkan banyak sekali Prospek Usaha Minuman Kemasan Gelas di kalangan pengusaha tak terlepas pula anda, karena anda juga bisa ikut andil dalam peluang usaha minuman kemasan gelas ini. Namun pada artikel ini kita tidak akan membahas prospek minuman kemasan gelas akan tetapi akan mengupas tuntas masalah cup sealer.

Apa itu Cup Sealer? cup sealer adalah  merupakan mesin press penutup gelas plastik yang bekerja menggunakan sistem pemanas. Alat ini sangat mudah dioperasikan dan minuman terlihat lebih menarik juga higienis. Minuman anda tidak akan mudah tumpah karena hasil tutupnya sangat rapat.

 

Pertimbangan Membeli Mesin Cup Sealer

Merk

Sebagian besar cup sealer yang ada di indonesia merupakan merk China seperti Powerpack, Eton, Getra, GEA dll. Kini China tidak hanya dikenal dengan produk berharga murah dan kualitas buruk, sedemikian majunya, China mampu membuat produk mulai kualitas biasa saja sampai dengan yang paling bagus, kalau anda tahu Apple, perusahaan gadget kelas atas juga mempunyai pabrik di China. Selain itu, di pasaran masih ada beberapa merk cup sealer buatan Taiwan, bahkan juga ada buatan asli bengkel anak negeri dengan kualitas yang juga teruji. Rata-rata pelat baja di seluruh bagian mesin membuatnya semakin kokoh dan stabil.

Dana

Bila dana menjadi kendala maka mesin bekas atau second bisa jadi pilihan karena harga lebih murah. Namun patut diwaspadai bahwa kondisi mesin bekas sangat beragam. Ada yang masih baik namun lebih banyak yang sudah jelek. Sehingga anda harus memiliki ketelitian dan memahami masalah teknis mengenai mesin yang anda beli. Selisih harga cup sealer bekas dan baru bisa lumayan besar, namun jika salah memilih anda justru akan menderita kerugian lebih besar lagi karena harus menanggung biaya perbaikan, pada akhirnya beli mesin bekas tidak selalu identik dengan biaya atau harga murah.

Namun demikian, kami mengetahui seseorang yang hendak mendirikan pabrik air minum dalam kemasan dengan membeli mesin bekas yang sudah rusak, setelah dibeli mesin rusak itu diperbaiki sendiri. Selisih harga dengan membeli mesin baru mencapai puluhan juta, sangat lumayan bukan? Namun jika anda adalah pengusaha yang tidak faham persoalan teknis mesin, sebaiknya ambil mesin baru karena sudah ada garansi andai terjadi kerusakan akan ditangani oleh ahlinya. Dengan mesin baru anda bisa fokus menjalankan usaha dan memaksimalkan keuntungan. Ketika usaha sudah berjalan, selisih biaya untuk pembelian mesin baru tidak akan ada artinya karena akan tertutup dengan keuntungan usaha.

Dimensi cup

Gelas plastik kemasan minuman merupakan faktor penting dalam berjualan, seberapa besar ukuran cup yang ingin anda pakai? Bagaimana bentuknya? Ukuran yang paling sering dipakai untuk para pengusaha UKM adalah ukuran gelas aqua dengan diameter antara 7 hingga 9cm dengan kapasitas 12,14,16,18,20,22 dan 24 OZ. Jika anda ingin tampil beda, menarik perhatian pelanggan dengan menggunakan ukuran atau mungkin bentuk cup yang unik, pastikan alat yang anda beli bisa dipakai dengan kemasan tersebut.

Sealing material

Ini adalah tipe plastik kemasan yang digunakan untuk menyegel. Pastikan mesin yang anda beli mampu menyegel kemasan yang anda inginkan dengan melihat pada temperature range controlnya:

  • PE (Polyethylene) mempunyai temperatur sealing antara 170ºC-190ºC/338ºF-374ºF
  • PP (Polypropylene) mempunyai temperatur sealing antara 170ºC-210ºC/338ºF-392ºF
  • PS (Polystyrene) mempunyai temperatur sealing antara 180ºC-190ºC/356ºF-374ºF
  • PET (Polyester) mempunyai temperatur sealing antara 160ºC-200ºC/320ºF-392ºF
  • Film mempunyai temperatur sealing antara 120ºC-180ºC /248ºF-356ºF

Tujuan Penggunaan

Pertama untuk usaha kecil dan menengah seperti berjualan es atau jus buah, pop ice, smoothies, teh, kopi, coklat dll di warung makan, restoran, hingga kedai minuman rumahan. Usaha UKM bisa menggunakan alat tipe manual sederhana berkapasitas produksi kecil yang bisa dioperasikan tanpa listrik rumah, namun sebagai gantinya anda harus memakai tenaga aki yang dilengkapi dengan inverter DC ke AC. Pada beberapa tipe terdapat fitur digital counter yang berguna untuk menghitung jumlah penjualan. Harga mesin tipe ini cukup murah, dengan dana kurang dari 1 juta dapat mesin baru. Metode penyegelan tutup gelas yaitu secara manual menggunakan tuas dan model semi otomatis yang disegel oleh mesin itu sendiri. Model  kedua ini disebut tipe semi otomatis karena pengisian cairan masih manual, harganya bisa mencapai 6 jutaan.

Tujuan kedua yaitu untuk mendirikan pabrik minuman / AMDK (Air Minum Dalam Kemasan). Usaha ini membutuhkan mesin full otomatis dari pengisian cairan sampai penyegelan, dengan kapasitas produksi ribuan cup per jam. Mulai dari tipe GD Series 2 Line kapasitas produksi 1800 – 2000 cup per jam atau GD Series 4 Line berkapasitas produksi antara 3600 – 3800 cup per jam. Untuk kapasitas yang lebih besar lagi ada cup sealer otomatis 8 line dan 16 line. Investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan pabrik AMDK ini memang tidak murah, dari ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Jenis Mesin Cup Sealer & Cara Kerjanya

Mesin Cup Sealer Manual

Bagian Mesin Cup Sealaer
Dalam pengoperasiannya alat press gelas plastik manual butuh tenaga listrik 300 watt dengan kemampuan mengepres gelas hingga 350 cup per jam. Dengan berat sekitar 11 kilogram mesin ini mudah untuk dipindah tempat., ukuran gelas yang sesuai untuk mesin ini adalah 14,16,18,20,22,24 OZ.

Prinsip kerjanya cukup mudah anda cukup memasukan gelas ke plate dan menarik tuas.

Cara Pengunaan Cup Sealer Manual

  1. Pasang semua roll pada tempatnya. Pasang roll kosong di belakang dan roll baru di depan.
    pemasangan roll mesin cup sealerPada roll baru terdapat roll film yang merupakan lembaran plastik digunakan sebagai penutup gelas. Roll film ini bisa dipesan sesuai nama usaha anda, perusahaan atau nomor telepon. Harga 1 rol plastik lid cup ini cukup terjangkau dengan kuantitas yang lumayan besar . Baca Selengkapnya Cara Memasang Roll Lid Plastik Pada Mesin Cup sealer……
  2. Nyalakan mesin
    Yang perlu anda ketahui adalah cup sealer memanfaatkan sistem sealing/penyegelan dengan bantuan tenaga pemanas untuk merekatkan penutup gelas, mirip dengan setrika/rice cooker yang mengubah tenaga listrik menjadi kalor. Sealer dilengkapi dengan heater, solenoid penekanan dan temperatur kontrol. Fungsi dari heater adalah untuk memanaskan plat penekan gelas dan memanaskan pisau pemotong plastik lembaran. Solenoid berfungsi untuk menurunkan penekan dan pemotong. Temperature control berfungsi untuk menjaga suhu agar tetap pada seting suhu tertentu.
    on off mesin cup sealerBisa anda lihat mesin ini dilengkapi dengan temperature control adjustor untuk mengatur seberapa panas yang dibutuhkan untuk mengepress penutup gelas. Standart normal untuk gelas adalah 130-150. Setelah mengatur temperatur tunggu beberapa saat hingga tombol temp light menyala.
  3. Masukan gelas ke stainless steel plate
    Plate ini merupakan salah satu bagian conveyor di dalam mesin yang berfungsi sebagai pengangkut gelas plastik berisi makanan atau minuman yang di proses dalam mesin. Conveyor dilengkapi dengan sensor-sensor untuk dapat berhenti pada posisi yang tepat saat tahap-tahap tertentu. Conveyor ini digerakkan oleh satu buah motor yang bergerak searah.
    pergerakan mesin cup sealerDi bawah plate terdapat semacam tempat duduk untuk gelas yang berfungsi untuk meletakan dan mengangkat setelah gelas tertutup rapat.
  4. Tarik tuas ke bawah
    Tuas ini bisa dibongkar pasang juga. Gelas plastik berisi makanan atau minuman akan dibawa oleh konveyor menuju tahap Sealer. Pada tahap ini gelas plastik akan ditutup dengan lembaran plastik dan dipres oleh pemanas dengan cara menarik tuas ke bawah. Gelas bisa anda ambil dan dijamin aman dari segala jenis kebocoran.

Keunggulan Gelas Plastik Dengan Lid Cup Sealer

Terdapat beberapa keuntungan jika anda memilih untuk menggunakan dengan lid cup sealer  ini diantaranya adalah selain kemasan lebih aman tidak mudah tumpah, anda juga dapat menjadikan lid penutup gelas menjadi media promosi yang tentunya akan menambah omset bagi usaha minuman anda. Baca selengkapnya tentang Keunggulan Gelas Plastik Dengan Cup Sealer

Mesin Cup Sealer Semi Otomatis

bagian-bagian mesin cup selaer
Prinsip kerja mesin semi otomatis mirip dengan mesin manual. Yang membedakan adalah kita tidak perlu menggunakan bantuan tuas untuk mengepress penutup gelas. Cukup masukan gelas ke plate dan selesai. Keuntungan membeli mesin manual adalah hemat tenaga dan waktu. Mesin ini mampu mengepress gelas plastik hingga diatas 400 biji per jam.

Mesin Cup Sealer Otomatis Industri

Mesin Cup Sealer 4 line

Banyak yang menyebut mesin ini sebagai Automatic Filling Machine. Namun kami akan menggunakan istilah Mesin cup sealer otomatis untuk industri karena nama ini lebih melekat pada pemahaman orang Indonesia. Mesin ini biasanya di pakai oleh perusahaan AMDK kelas menengah juga pengusaha minyak goreng gelas.

Dipasaran terdapat beberapa tipe mesin cup sealer industri ini. Perbedaan utama masing-masing mesin terletak pada kapasitasnya, ada mesin cup sealer 2 line, 4 line, 8 line hingga 16 line. Semakin banyak line-nya maka akan semakin besar pula kapasitas sealingnya. Mesin cup sealer 2 line memiliki sealing speed hingga 1500/cup per jam.Untuk 4 line mencapai 3000/cup per jam dengan konsumsi daya lebih dari 3 KW.

cup sealer 2 line/4 line

Untuk mengetahui detail mesin ini mulai cara kerja, perbedaan mesin manual atau otomatis, harga baru atau bekas, bisa cek di artikel Mesin Cup Sealer Otomatis.

Perawatan Mesin Cup Sealer

Perawatan merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan agar mesin cup sealer yang anda gunakan senantiasa bertahan lama serta dapat bekerja secara maksimal supaya dalam meningkatkan hasil produksi. Beberapa perawatan mesin yang dapat anda lakukan diantaranya adalah melakukan perawatan secara berkala seperti membersihkan beberapa bagian mesin, memberikan pelumas sampai penggantian sparepart yang sudah aus agar tidak mengganggu kinerja bagian lain. Baca selengkapnya untuk Perawatan Mesin Cup Sealer Secara Berkala. Karena sama halnya dengan mesin -mesin lainnya cup sealer ini juga membutuhkan perawatan.

Namun jika cup sealer sudah terlanjur mengalami kerusakan maka anda dapat megunjungi halaman kami di Cara Memperbaiki Mesin Cup Sealer agar anda tidak mengalami kerugian dengan mengeluarkan biaya perbaikan untuk teknisi harus stop produksi karena harus menunggu kedangan para teknisi. Cara memperbaiki mesin cup sealer tersebut dapat anda gunakan untuk keadaan darurat jika mesin tidak mengalami kerusakan yang terlalu parah.

Tips Membeli Cup Sealer Bekas

Terkadang sebagai pengusaha kita sering dihadapkan dengan beberapa kendala seperti keterbatasan modal. Namun ada cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan cara mencari banyak – banyak referensi tentang apa saja peluang bisa kita miliki dan tips membeli mesin yang bisa menjadi panduan, jika kita terpaksa harus membeli mesin dalam keadaan bekas (second). Benuamesin.com memberikan solusi bagi anda simak di 7 Tips Membeli Mesin Cup Sealer Bekas Agar Hemat pada halaman berikutnya.

Namun sebenarnya semua tergantung kebutuhan anda dalam membeli mesin cup sealer ini. Jika dirasa kapasitas produksi anda besar kami sarankan untuk membeli cup sealer semi otomatis atau bahkan otomatis. Atau jika anda memilki dana yang minim tidak ada salahnya jika anda memilih untuk membeli mesin cup sealer bekas. Mesin cup sealer merupakan hal wajib yang harus dimilki pengusaha minuman karena konsumen selalu melihat penampilan kemasan. Dengan membeli mesin cup sealer, identitas anda tidak akan terlihat sekedar produk rumahan jadul, namun mengikuti teknik mutakhir yang menandai ini adalah barang berkualitas.

Dan satu lagi, jangan kawatir untuk masalah harga cup sealer ini sebab kami menyediakan mesin bermutu dengan nominal yang tidak membuat anda akan mengernyitkan dahi.

Leave a comment