mesin cup sealer otomatis
18 Oct

Mesin cup sealer otomatis atau lebih tepatnya Automatic Filling Machine adalah mesin yang biasa digunakan untuk usaha AMDK kelas menengah dan juga pengusaha minyak goreng gelas. Alat yang dikenal dengan sebutan mesin press gelas plastik ini sebetulnya memiliki harga yang cukup murah bila di bandingkan dengan keuntungan yang anda peroleh.

Dipasaran ada 5 tipe mesin cup sealer otomatis AMDK. Perbedaanya terletak pada jumlah tempat gelas pada conveyor. Ini akan berpengaruh  pada kapasitasnya. Semakin banyak line-nya maka akan semakin tinggi kuantitas untuk proses sealingnya. Mesin cup sealer 2 line memiliki sealing speed hingga 1500/cup per jam. Untuk 4 line mencapai 3000/cup per jam dengan konsumsi daya lebih dari 3 KW.

Jenis-Jenis Mesin Cup Sealer Otomatis

Disini kami memberikan spesifikasi mesin cup sealer dari 2 line sampai 16 line. Cup sealer 32 line tidak kami ulas detail karena memang jarang sekali ada perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang memilikinya.

  • Mesin cup sealer 2 line

Cup sealer 2 line ini memiliki spesifikasi yang tidak terlalu besar. Kapasitasnya 1800-2000 cups/hr dengan konsumsi listrik 1.75 kW. Sementara berat mesin ini adalah 800kg. Ukuranya mesin adalah 220x60x155 cm. Gambar mesin cup sealer tersebut seperti ini.

Mesin cup sealer 2 line

  • Mesin cup sealer 4 line

Konsumsi tenaga listrik Mesin cup sealer 4 line sekitar 3.8 kW dengan kapasitas produksi mencapai 3600-3800 cups/hr. Berat mesin ini 1200 kg. Spesifikasi cup selaer 4 line ini, kami kira cukup besar untuk bagi anda yang bergerak di usaha AMDK dengan area distribusi satu atau dua kota.

Mesin cup sealer 4 line

  • Mesin cup sealer 8 line

Daya listrik yang dibutuhkan mesin cup sealer 8 line ini tidak terlalu tinggi. Tegangan 380 volt dengan daya listrik 8kwh sudah bisa mengoperasikan ini. Dimensi mesin press plastik ini sekitar 1,7x4meter dan bisa diletakan di ruangan berukuran minimal 3×4 meter. Kapasitasnya adalah 9600 cups/hour dengan filling 100-240ml. Berat mesin cup sealer 8 line ini 1500kg.

Mesin cup sealer 8 line

  • Mesin cup sealer 16 line

Kapasitas mesin cup sealer 16 line adalah 17500 gelas/jam dengan filling 100-240 ml seukuran gelas Aqua. Daya listrik yang dibutuhkan 380 volt, 12 KW. Mesin press gelas palstik ini memiliki berat 2000kg. Ukuranya 4700x1500x1650mm. Melihat spesifikasinya, mesin ini terbilang sangat besar.

mesin cup sealer 16 line

Selain itu ada juga mesin cup sealer 32 line yang biasa ditemukan di pabrik-pabrik besar AMDK. Alat press gelas plastik ini memiliki kapasitas yang sudah pasti sangat masif.

mesin cup sealer 32 line

Prinsip Kerja Mesin Cup Sealer Otomatis

Prinsip kerja cup sealer otomatis; pneumatic dan mekanik. Prinsip kerja tersebut memiliki perbedaan pada sumber tenaga. Namun di pasaran yang paling diminati adalah sistem pneumatic.

Apa itu cup sealer pneumatic?

Cup sealer pneumatik adalah jenis mesin yang memakai sistem penggerak berupa tekanan udara. Jadi mirip-mirip sistem hidrolik. Bedanya, sistem hidrolik menggunakan cairan oli sebagai tenaga penggerak. Pada mesin cup sealer, tekanan udara ini digunakan untuk mengeluarkan cairan pada tabung, menggerakan adjusting dan coding hingga meletakan gelas pada conveyor yang di lakukan oleh bagian feeding. Sementara untuk mesin cup sealer mekanik, semua proses ini digerakan oleh rotary system berupa gear dan rantai. Kelebihan sistem pneumatic adalah pada proses perawatanya. Apabila terjadi kerusakan, misalnya pada coding, mesin pneumatic masih bisa bekerja. Jadi kita hanya perlu melakukan perbaikan pada bagian yang rusak tadi. Berbeda dengan mesin mekanik yang akan macet total jika salah satu bagianya tidak berjalan. Namun, jika anda mencari mesin dengan speed sealing yang super cepat, tipe mekanik lebih unggul. Kalau kurang begitu paham coba perhatikan gambar-gambar dibawah.

Fitur dan Cara Kerja Mesin Cup Sealer Otomatis

  • Feeding

Feeding berguna untuk menaruh gelas plastik pada conveyor. Gelas plastik akan otomatis masuk sendiri karena dorongan udara dari kompresor. Anda cukup meletakan deretan gelas ke dalam wadah feeding. Perhatikan pula apa gelas yang tertumpuk melekat atau tidak. Gelas tumpuk yang terlalu melekat akan menyulitkan proses feeding. Solusinya, anda bisa menarik gelas satu-satu sebelum dimasukan ke feeding untuk memastikan tidak ada gelas yang lengket bergandengan.

mesin press plastikCoba perhatikan gambar paling kiri diatas, disana terdapat selang yang terhubung dengan feeding. Selang tersebut memberikan tekanan udara untuk menurunkan cup (gelas) menuju konveyor. Pada beberapa kasus ada kemungkinan, terjadi error pada mesin yang menyebabkan gelas tidak pas masuk ke lubang konveyor. Disini anda bisa mengecek selang penghubung yang terhubung pada cylinder atau valve. Jika ada kerusakan, bisa ganti sparepart bagian yang rusak saja. Dan menariknya, spare part pneumatic cup sealer secara umum lebih murah daripada tipe mekanik.

  • Filling

Filling adalah proses mengisi mengisi cairan ke dalam gelas. Seberapa banyak air yang dikeluarkan oleh piston menyesuaikan dengan kapasitas gelas. Ini semua dikontrol oleh valve yang terdapat pada sisi atas bagian filling. Pada mesin pneumatic, seperti kami sebut diatas, tetap bisa berjalan meski salah satu piston macet dan cairan tidak mau keluar.

mesin press plastik

  • Coding

Coding adalah proses mencetak tanggal kadaluwarsa pada kemasan.

mesin press plastik

  • Adjusting & Sealing

Ini adalah proses untuk menyesuaikan plastik penutup gelas agar pas pada kemasan serta merekatkan penutup gelas. Setelah proses ini selesai, gelas akan masuk proses cutting untuk memotong dan merapikan penutup gelas.

mesin press plastik otomatisUntuk mengoperasikan cup sealer otomatis ini, pertama tekan tombol power kemudian putar tuas heating untuk menyalakan komponen pemanas pada sealing. Atur temperatur control dan tank heating. Setelah itu putar Photo sensor. Tombol ini terhubung dengan sensor yang terdapat di dekat bagian sealing, jadi anda harus memastikan roll film melewati bagian ini. Photo sensor ini digunakan untuk menandai apakah roll film sudah terpasang sempurna dan juga mendeteksi kemungkinan tidak ada cup dibawahnya sehingga proses filling atau sealing tidak akan dilakukan.

Saat proses ini selesai, anda bisa mulai menyalakan mesin dengan memutar tombol Stop, Start dan Filling sekaligus. Untuk awalan anda bisa mengisi gelas berisi cairan secara manual ke dalam conveyor. Dan anda tinggal menunggu semua proses berjalan. Lihat juga keberadaan cairan pada hooper (tangki) jangan sampai kehabisan. Selesai memakai mesin, jangan langsung tekan Stop, namun putar dulu tombol Filling.

Daftar Harga Mesin Cup Sealer Otomatis

Daftar harga mesin cup sealer otomatis akan semakin murah jika jumlah linenya semakin sedikit. Lebih detail mengenai harga cup sealer bisa lihat di bawah.

Harga Mesin cup sealer 2 line : Rp. 84.000.000

Harga Mesin cup sealer 4 line : Rp.154.000.000

Harga Mesin cup sealer 8 line : Rp. 244.000.000

Harga Mesin cup sealer 16 line : Rp. 424.000.000

Harga cup sealer tersebut tergolong tidak banyak perubahan dari 2015 sampai 2017. Itu harga jual yang umum para grosir dan distributor cup sealer untuk wilayah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Solo, Jogja atau Surabaya. Untuk harga cup sealer bekas biasanya akan berkurang sekitar 20-30% tergantung kondisi. Memang secara harga ia lebih murah, namun anda harus benar-benar teliti dalam memilihnya. Lebih detail bisa cek di Tips Membeli Cup Sealer Bekas.

Leave a comment