cara membuat arum manis manual di rumah
28 Jul

Di Inggris ada cotton candy atau cady floss, kalau di Persia disebut Pashmak dan di Turki namanya adalah Pişmaniye. Di Indonesia kita mengenal dengan sebutan arum manis atau gulali atau gula kapas. Entah apapun sebutanya, banyak dari kita punya memori bagus dengan makanan satu ini. Dan entah berapa banyak dari kita yang harus pergi ke dokter gigi untuk mencabut gigi berlubang kita karena terlalu sering mengkonsumsi makanan manis berkadar gula ekstra. Namun tahukah anda : Mesin cottoncandy yang diciptakan pada tahun 1897 ini, adalah hasil kerjasama jenius dari seorang Dokter Gigi, William Morrison dan peadagang permen, John C. Wharton.

Oke pembaca benuamesin.com kita berhenti sejenak dulu dan lepaskan semua kecurigaan dengan jenius gila kita satu ini. Selain sebagai dokter gigi, William Morrison adalah seorang pembaharu kuliner. Mesin gula kapas ini pertama dikenalkan pada tahun1904 di World’s Fair, yang dikenal sebagai Fairy Floss dan sukses besar. Pembeli membeludak hingga omset mereka mencapai 500 ribu dollar jika di hitung kurs hari ini. Di sisi lain, jumlah pasien dokter gigi juga meningkat pesat. Strategi jitu bukan. Namun apapun itu, kita menginginkan makanan ini, godaan campuran gula dan uap kosong ini fakta nyata. Dan anda tahu apa yang lebih gila, di Amerika tiap tanggal 7 Desember diperingati sebagai hari cotton candy.

Makanan legendaris yang senenek moyang dengan popcorn ini awalnya berharga cukup mahal. Mesin cotton candy sangat susah dibuat, konon hanya kalangan bangsawan saja yang mampu membelinya. Lalu teknologi datang, di tahun 1970an muncul mesin cottoncandy otomatis yg lebih mudah dan murah. Dan dengan cepat, cottoncandy akan sering anda temukan di pameran atau penjual di pinggir jalan.

Sekarang situasi sangat berbeda. Sebenarnya anda dapat membuat arum manis sendiri di rumah karena mesin ini sangat mudah di operasikan. Prinsip kerja mesin ini sederhana. Awalnya gula dimasukkan ke tungku, prosesnya adalah melelehkan gula. Setelah gula mencair dilanjutkan dengan proses pemutaran yang akhirnya mendinginkan gula cair tersebut sekaligus membentuknya menjadi jaring-jaring tipis. Harga mesin pembuat arum manis mini atau untuk rumahan cukup murah. Malah lebih murah dari mesin arum manis ukuran komersial atau dengan mangkuk besar. Dan satu lagi, ada kabar gembira bagi penderita diabetes. Satu fitur baru yang datang adalah mesin pembuat gula kapas tanpa gula. Aneh bin ajaib bukan. Kami akan membahas mesin-mesin tersebut pada artikel ini.

Ditinjau dari proses produksinya, mesin ini dapat digolongkan menjadi 2 jenis.; mesin elektrik dan mesin gas. Perbedaan mendasar kedua mesin ini adalah, mesin listrik disertai heater/pemanas untuk melelehkan gula, sedangkan mesin gas membutuhkan gas LPG dengan keuntungan listrik yang anda keluarkan lebih kecil, sebab proses pemanasanan tidak perlu di lakukan heater.

 

 

Mesin Arum Manis Elektrik

Mesin elektrik yang ditenagai full listrik dengan memakan daya sekitar 1000 watt. Dengan menggunakan mesin elektrik anda tidak usah repot harus mengganti LPG setiap kali habis, cukup colokan listrik ke stop kontak di rumah anda. Mesin pun siap digunakan.

Cara Kerja Mesin Arum Manis Elektrik:

  1. Masukan gula pada tungku mesin
    mesin arum manis tungku
  2. Nyalakan panel control di bawah mesin
    panel mesin arum manisSetelah gula di masukan, atur tombol controller yang berguna untuk mengatur pemanas dalam mesin. Putar searah jarum jam hingga voltage menunjuk angka 100. Kemudian anda menyalakan tombol power yang berfungsi untuk memutar tungku mesin. Setelah 30 detik turunkan tegangan menjadi 90 volt. Tunggu hingga jaring-jaring gula kapas muncul. Setelah selesai anda cukup menekan tombol power warna merah ke posisi off untuk mematikan mesin. Jika anda ingin membuat arum manis lagi biarkan tegangan tetap pada angka 90, tidak usah dimatikan.

Mesin Arum Manis Gas

Jika anda ingin menghemat daya listrik, anda bisa membeli mesin arum manis yang ditenagai gas. Namun jangan salah sangka, meski ditenagai gas mesin ini masih membutuhkan daya listrik sekitar 80 watt saja, tenaga listriknya cukup menggunakan baterai/aki. Jadi anda bisa membawa mesin ini kemana-mana. Pemanasan yang di lakukan dengan gas juga lebih cepat dan benar-benar panas.

bagian-bagian mesin arum manis
Perhatikan bagian flame mouth. Dari alat ini, api lpg akan keluar dan memanaskan kepala tungku mesin pembuat gula kapas. Sedangkan motor ditenagai listrik yang di alirkan melalui buillt-in charger battery atau travo. Di luar mesin terdapat tombol pemantik api yang berguna untuk menyalakan kompor, sama dengan kompor-kompor lpg di rumah anda. Bisa anda lihat juga disisi samping terdapat lubang penghubung dengan selang gas lpg. Sementara pada mesin elektrik fitur-fitur ini tidak tersedia.
Jika anda ingin membeli mesin cotton candy ini, pastikan dahulu kebutuhan anda. Apabila anda ingin menjual arum manis, anda harus membeli mesin dengan ukuran besar. Namun jika keperluan anda hanya untuk konsumsi pribadi, sebaiknya beli mesin pembuat arum manis mini/rumahan.

kumpulan mesin arum manisSeperti dapat anda lihat gambar diatas, mesin arum manis komnersil mempunyai wadah besar hingga diameter 50 cm terbuat dari bahan stainless steel. Mesin ini mampu memproduksi gula kapas dalam skala masif. Sementara mesin arum manis rumahan atau mini biasanya terbuat dari plastik dan kapasitas produksinya juga kecil. Pastikan juga anda membeli mesin dengan kepala tungku terbuat dari bahan kuningan seperti contoh diatas. Kuningan mampu menghantarkan panas lebih baik daripada alumunium sehingga rasa arum manis yang dihasilkan lebih gurih. Selain itu, alumunium dapat mengurangi kuantitas jaring-jaring gula kapas dan kurang awet dalam pemakaian lama.

Baik mesin pembuat arum manis mini atau besar mempunyai wadah/mangkuk portabel sehingga mudah dibersihkan. Mesin-mesin ini dilengkapi dengan lock-down system atau pengunci untuk menjaga wadah tetap stabil.

lock-down system mesin arum manisMesin cotton candy komersial juga dilengkapi dengan sendok stainless steel dan sebuah laci yang berada dibagian paling bawah. Biasanya terdapat tiga bagian di dalam laci, untuk meletakan gula atau uang.

Sugar – Free Machines

Mesin pembuat arum manis tanpa gula ini sudah tersedia di pasaran. Dengan menggunakan mesin ini, anda bisa mengganti gula dengan permen bebas gula. Beberapa mesin arum manis rumahan bisa digunakan untuk mengolah gula dan permen. Dengan menggunakan permen, anda bisa membuat cotton candy dengan variasi yang bermacam-macam. Jika menggunakan permen mint rasa arum manis anda juga mint, menarik bukan?

mesin arum manis permen mint
Hal paling penting dari sebuah mesin adalah perawatan. Dengan bahan stainless steel mesin sangat mudah dibersihkan, apalagi mangkuk sudah portabel. Jika terlalu lama tidak dibersihkan, gula-gula yang menempel pada mangkuk atau mesin akan sangat membandel dan tidak sehat.

Benuamesin.com menyediakan mesin pembuat manis berbagai jenis. Tidak ada salahnya membeli mesin ini karena harga yang sangat terjangkau. Apalagi jika anda berniat berjualan arum manis. Hasilnya sangat menggiurkan dengan modal pas-pasan. Disertai kreativitas anda, arum manis bisa dimodifikasi dengan menambahkan varian rasa atau makanan ringan lain.

Leave a comment