bisnis amdk
19 Oct

Tahun 2009, Harian Suara Pembaharuan menyebut  standar kelayakan kebutuhan air bersih adalah 49,5 liter/kapita/hari. Asosiasi Pengusaha Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) juga menunjukan adanya kenaikan penjualan air minum dalam kemasan. Penjualan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) tahun 2005 mencapai 5,4 miliar liter dan pada 2008 meningkat 14,1% mencapai 8,1 miliar liter. Pada tahun 2017 jumlah itu terus bertambah besar. Lebih detil cek artikel : Prospek usaha minuman kemasan.

Disini jelas bagi investor, bisnis amdk adalah primadona. Itu karena proses pengolahannya gampang dan paket mesin Amdk mudah diperoleh sehingga nilai investasinya tidak bakal terlalu akbar. Yang harus anda perhatikan ada beberapa hal. Pertama kualitas air hasil produksi anda harus memenuhi standart ambang batas cemaran kimiawi dan mikroba yang merugikan tubuh. Oleh sebab itu, anda wajib memiliki mesin berkualitas seperti mesin reserve osmosis jika ingin membuat amdk Ro atau berbagai teknologi pengolahan air yang lain seperti Partikel Filtrasi, Ultra Filtrasi, Ultra Violet, Ozone.

Selain kualitas produk dan brand-minded, pilihan konsumen kerap kali didasarkan pada pertimbangan kemasan produk. Pengemasan merupakan kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau pembungkus suatu produk. Bungkus dengan desain yang teramat buruk bisa menyebabkan konsumen berpaling. Pada bungkus ini juga nantinya bisa dicantumkan kode produksi, nama perusahaan, merek, jaminan kehalalan, higienitas produk, sampai keunggulan produk anda di bandingkan para pesaing. Intinya kemasan adalah kesan awal untuk membuat pelanggan berpikir jika rumput anda lebih hijau dari merk tetangga. Tanpa kemasan dan iklan yang baik darimana pelanggan anda tahu jika air minum anda memiliki kualitas jempolan. Mereka tidak bakal paham kalau air produksi anda diambil dari pucuk himalaya atau direndam dalam teknologi sel-sel pelat elektrolis pada carbon filter terbaru yang bahkan sekali minum akan membuat konsumen awet muda.

Ingat pesan-pesan ini tersampaikan dalam sebuah kemasan. Dan ini semua dibutuhkan untuk membangun persepsi pada konsumen tentang produk yg dipasarkan. Meski berat pada mulanya, namun ke belakang ini jelas investasi menjanjikan. Kecuali anda ingin membuat air minum kemasan abal-abal yang kemudian bangkrut dan dengan berat hati mesti menjual mesin amdk bekas perusahaan dengan harga teramat murah. Namun apabila anda menjadi pengusaha yang ingin terus berkembang. Mari ke Benuamesin.

Lalu apa saja Mesin Pengemas Amdk terbaik untuk memulai bisnis menguntungkan ini.

  1. Mesin AMDK Cup Sealer Otomatis

Mesin Cup Sealer Otomatis adalah jenis mesin amdk yang digunakan untuk kemasan gelas. Saat ini pasar penjualan kemasan gelas adalah yang tertinggi di banding kemasan lain. Dan anda tidak hanya memakai mesin ini untuk mempacking air putih saja, namun bisa berbagai varian seperti teh gelas, kopi, minuman rasa buah hingga minyak goreng.

gambar mesin amdk

Mesin cup sealer otomatis atau lebih tepatnya Automatic Filling Machine ini memiliki kapasitas yang beragam. Ada mesin amdk 2 line, 4 line, 8 line sampai 16 line. Mesin amdk paling kecil 2 line memiliki kapasitas produksi hingga 1500/cup per jam. Tentu saja rasio ini akan bertambah besar mengikuti jumlah line mesin tersebut. Oleh sebab itu, pastikan anda ingin mengemas berapa liter atau biji per hari.

  1. Washing, Filling & Capping Machine

Mesin Filling & Capping digunakan untuk mengemas air minum dalam botol mulai ukuran 330 ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml baik botol plastik maupun botol kaca. Mesin ini akan mengisi cairan dengan sangat presisi kemudian menutup kemasan dengan rapat sehingga di pastikan tidak terjadi kebocoran. Selain itu juga ada mesin amdk model botol yang bisa di pakai untuk mencuci botol sebelum di isi.

Automatic Linear Paste Filling & Capping Machine GT Series

  1. Mesin Label Botol

Banyak yang menyebutnya sebagai Mesin Shrink Botol sebab alat ini memang khusus di pakai untuk kemasan botol. Cara kerja mesin amdk ini adalah dengan melekatkan label pada tutup botol (cap) ataupun pada body. Mesin yang diapakai untuk bagian cap berbeda dengan bagian tubuh botol. Harga mesin amdk otomatis ini terbilang tidak murah bila hanya dipakai untuk industri kecil. Saran kami, apabila perusahaan amdk anda hanya memproduksi kurang dari 70 botol per hari lebih baik pakai mesin label manual. Meski disebut manual, sebetulnya mesin-mesin ini tetap membutuhkan daya listrik.

Label Shrink Tipe BSS-1538C

  1. Mesin Mixing Powder

Mesin mixing powder bisa menjadi alternatif bila perusahaan AMDK anda membuat produk dengan berbagai varian rasa. Mesin ini melakukan proses mixing yang lebih humanized, lebih lembut, sehingga serbuk rasa-rasa yang anda olah dapat tercampur sempurna.

Powder Mixing Machine VHA Series

Tips Memulai Bisnis AMDK

Setelah mengetahui paket mesin terbaik untuk memulai bisnis AMDK, langkah selanjutnya adalah menentukan sumber air apa yang ingin anda ambil. Biasanya pabrik AMDK mencari mata air yang mengalir terus menerus. Contoh terbaik bisa lihat AQUA di Pandaan, Jawa Timur. Selain dekat dengan sumber air. Pabrik juga langsung melakukan pengemasan di tempat tersebut. Atau perusahaan air minum CLUB yang membangun pabrik di area distribusi. Semisal lokasi A permintaan air minumnya sangat tinggi dan tidak mungkin mendistribusikan air minum bergalon-galon dari pabrik pusat sebab akan memakan waktu dan akomodasi yang besar. Oleh sebab itu, perusahaan yang kini di miliki Indofood Asahi tersebut memilih membangun pabrik yang dekat dengan konsumen.

Jika anda tidak berniat membuka pabrik AMDK namun hanya depo mesin air isi ulang, air RO, Air Mineral atau Kangen Water bisa menggunakan air sumur dengan kualitas bagus. Anda tidak terlalu butuh mesin pengemas. Kecuali anda berniat mengemasnya secara bagus. Misalnya, mengemas air Kangen dari mesin Enagic agar  bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Semisal anda membuat kangen water kemasan gelas atau kangen water spray dengan acid strongs yang sekarang sangat ngetrend untuk kecantikan.  Ini luar biasa. Artinya anda memiliki konsep yang jelas. Dan semua ini harus tersampaikan lewat sebuah kemasan. Anda bisa membuat kemasan yang menonjolkan manfaat super air Alkaline dari mesin kangen water. Siapa yang tidak tergoda coba?

manfaat kangen water

Ingat, rata-rata pabrik AMDK yang bangkrut itu karena tidak memiliki konsep yang jelas. Awalnya mereka berlomba dengan promosi, di koran, radio, memasang Billboard raksasa yang tentu memakan banyak biaya. Kemudian melakukan sistem pemasaran yang sangat konservatif semisal di titipkan agent, pengecer, supermarket, dengan sistim pembayaran konsinasi atau hutang. Penguasaha AMDK macam ini yang paling ditonjolkan sebagai selling point adalah harga. Dan mereka melakukan perang harga. Disini produk anda tidak punya identitas. Kalaupun ada identitas, kesan yang nampak hanya produk yang kurang berkelas.

Dan tenang saja, setiap harga yang anda tawarkan ada mangsa pasarnya. Contoh terbaik adalah air minum kemasan merk Equil. Meski terlihat seperti brand import, Air minum ini asli Indonesia dan mempunyai harga 5x lipat dari produk serupa di pasaran. Maklum, ia termasuk air minum premium. Apa Morgen selaku pendiri Equil lantas bangkrut dengan menjual air semahal itu? tidak. Ia sukses besar. Merk tersebut kini nongkrong di restoran, hotel berbintang, hingga menjadi sajian Raja Salman waktu ke Indonesia. Semua tinggal pilihan anda, ingin membuat produk abal-abal atau memiliki life span yang panjang. Bingung cara memasarkanya? Tidak tahu segmentasinya? Hubungi kami.

Leave a comment