gelas plastik unik
13 Sep

Pada artikel kali ini benuamesin.com siap menyajikan cara – cara memasang memasang Lid plastic cup sealer. Sebenarnya apabila anda membeli mesin cup sealer baru anda juga akan mendapatkan buku manual namun hanya petunjuk cara pengopersaiannya saja itupun dalam bahasa inggris dan kurang detail. Terlebih lagi jika seorang pemula membeli mesin cup sealer bekas pasti anda kebingungan jika ingin memasang dan menggunakan mesin cup sealer ini.

Ada dua tipe mesin cup sealer yang beredar di pasaran,yaitu mesin cup sealer manual dan mesin cup sealer otomatis. Pada dasarnya mesin ini sama namun yang membedakannya hanyalah sistem pengopersiannya saja. Dan biasanya untuk mesin cup sealer manual lebih ribet dalam pemasangan lid plastik cup nya apabila di bandingkan dengan memasang pada mesin cup sealer otomatis.

Cara Memasang Plastik Penutup Cup Pada Mesin Cup Sealer Manual

Berikut kami berikan cara memasang plastik penutup cup pada mesin cup sealer manual :

1. Gambar di bawah merupakan beberapa bagian dari tempat memasang lid plastik yang terdiri, as yang terbuat dari bahan stainless steel, lid plastik cup sealer dan juga dudukan as yang terbuat dari bahan plastikcara memasang lid plastik cup sealer2. Langkah pertama masukkan dudukan as ke dalam salah satu sisi bagian lid plastik
cara memasang lid plastik cup sealer3. Langkah berikutnya adalah masukkan dudukan as ke salah satu sisi yang lain dari lid plastik
cara memasang lid plastik cup sealer4. Kemudian lepas pengunci as dan lepaskan satu buah ring
cara memasang lid plastik cup sealer5. Langkah berikutnya anda bisa memasukkan as ke dalam lubang dudukan as
cara memasang lid plastik cup sealer6. Anda dapat memasang ring ke sisi bagian lain as sebagai penahan baut pengunci
cara memasang lid plastik cup sealer7. Anda dapat memasang baut pengunci dan kemudian mengencangkannya
cara memasang lid plastik cup sealer8. Persiapan untuk rol pembuangan lid plastik sisa pemakaian,anda dapat memasukkan dudukan ke dalam rol pembuangan lid plastik sisa.
cara memasang lid plastik cup sealer9. Kemudian anda dapat memasukan lagi dudukan as kesalah satu sisi lain rol pembuangan lid plastik sisa. Masukan as kedalam lubang dudukan as kemudian kencangkan.
cara memasang lid plastik cup sealer10. Roll lid plastik sealer dan Roll pembuangan sudah siap untuk di pasang pada mesin cup sealer.
cara memasang lid plastik cup sealer11. Anda dapat memasang kedua Roll tersebut pada bagian atas mesin. Jangan sampai terbalik Roll pembuangannya harus di tempatkan pada bagian depan dan untuk roll lid plastiknya di tempatkan pada bagian belakang.
cara memasang lid plastik cup sealer12. Kemudian Tarik ujung roll lid plastik kebelakang, kebawah kemudian tarik melalui tengah mesin ke bagian depan mesin. Cek apakah gambar lid plastiknya terbalik atau tidak. Kemudian tarik lagi ujung lid plastik yang sudah di cek gambarnya tadi ke atas melalui bagian tenngah mesin cup sealer lalu tempelkan ujung lid plastik dengan solasi kebagian roll depan yang berfungsi sebagai pembuangan sisa lid plastik dan selesai. Mesin cup sealer siap digunakan.
cara memasang lid plastik cup sealer

Cara Memasang Plastik Penutup Cup Pada Mesin Cup Sealer Otomatis

Sebenarnya untuk cara pemasangan lid plastik pada mesin cup sealer otomatis hampir sama dengan cara memasang lid plastik pada mesin cup sealer manual. Lihat cara memasang lid plastik pada mesin cup sealer otomatis berikut ini :

 1. Lepaskan dudukan roll lid plastik dengan melepas baut pengunci dan ring dari as, untuk memasang roll film / lid plastik cup sealer.
cara memasang roll film pada cup sealer otomatis

2. Pasang lid plastik yang telah terpasang dudukan rollnya pada as, pasang lagi satu dudukan rollnya kemudian pasang ring dan baut pengunci kemudian kencangkan.
cara memasang roll film pada cup sealer otomatiscara memasang roll film pada cup sealer otomatis

3. Tarik ujung lid plastik ke bagian samping mesin cup sealer lalu masukkan salah satu sisi ujung lid plastik kebagian sensor mesin.
cara memasang roll film pada cup sealer otomatis

4. Kemudian tarik ujung lid plastik kebawah sampai di roll penahan lalu tarik kembali ke samping melewati bagian heating (pemanas) sampai di roll penahan berikutnya.
cara memasang roll film pada cup sealer otomatis

5. Tarik ke atas kebagian roll pembuangan lid plastik kemudian rekatkan ujung lid plastik dengan solasi pada roll pembungan lid plastiknya. Mesin cup sealer otomatis siap digunakan.

cara memasang roll fill pada mesin cup sealer otomatis

Jenis – jenis Plastik

Jenis – jenis bahan plastik dan juga suhu pemanas yang dapat anda gunakan pada mesin cup sealer :

  1. Plastik dengan jenis PE (Poly Ethylene)
    Kalau anda memilih lid plastik dengan jenis ini maka anda dapat mensetting mesin cup sealer anda dengan suhu 170 C
  2. Plastik jenis PP (Polypropylene)
    Anda dapat menggunkan pada suhu 170-200 C
  3. Jenis PS (Polystyrene)
    Suhu mesin cup sealer yang dapat anda gunakan 180 C
  4. Film
    Plastik ini dapat di gunakan dengan suhu standart yaitu sekitar 120-180 C
  5. Plastik jenis PET (Polyethylene Terephthalate)
    Plastik jenis ini memilki polimer yang jernih dan kuat terhadap tekanan gas. Suhu yang bias digunakan pada mesin cup sealer untuk plastic jenis ini yaitu sekitar 160-200 C

Beberapa cara dari kami diatas bisa anda gunakan apabila anda membeli mesin cup sealer bekas yang tidak memilki buku panduan cara memasang roll lid plastik cup sealer dengan benar. Untuk perawatan mesin cup sealer anda dapat membaca pada aritkel kami berikutnya. Salam sukses ^^

Leave a comment