cara membuat bakso dengan kuah enak
28 Jul

Meat mixer atau mesin penggiling daging oleh masyarakat indonesia sering digunakan sebagai mesin adonan bakso. Mesin ini bisa langsung mengolah potongan daging menjadi halus. Mungkin anda bingung dan bertanya, kalau seperti itu apa bedanya dengan meat grinder yang juga punya fungsi sama sebagai gilingan daging. Meat grinder sebenarnya menggiling daging dengan cepat karena daging hanya sekali melewati mesin sehingga hasilnya masih kasar. Proses selanjutnya anda bisa menggunakan meat mixer untuk lebih menghaluskan dan mencampur bumbu-bumbu adonan bakso atau olahan sosis anda. Seusai namanya, meat mixer atau dalam Bahasa Indonesia pencampur daging, mesin ini sebetulnya mempunyai tugas pokok mencampur daging, tapi ternyata mesin ini juga bisa berfungsi sebagai penggiling halus. Di pasaran kita menjumpai 2 jenis mesin mixer daging yaitu meat mixer (model tabung) dan bowl cutter (model baskom).

Rekomendasi Mesin Mixer Daging

 

Mengapa Menggunakan Mesin Mixer Daging?

Membuat adonan bakso dan sosis secara manual cukup ribet, butuh waktu yang tidak sebentar karena harus banyak melakukan kerja manual seperti menguliti daging dan memotongnya. Bagian terburuknya adalah mengaduk bumbu-bumbu dengan tangan anda. Mungkin anda berpikir ini bukan perkara yang sulit. Tetapi ingat, membuat adonan daging giling harus selalu dalam keadaan dingin untuk menghindari kontaminasi bakteri dan menjaga lemak tetap beku supaya tekstur adonan daging bisa terjaga baik ketika hendak dibentuk atau di cetak. Dinginnya adonan akan membuat tangan anda membeku, hal terburuk anda bisa terjangkit radang dingin. Namun, hal-hal ini tidak terjadi jika anda mempunyai meat mixer atau meat bowl.

Meat Mixer atau Bowl Cutter, Mana Yang Sesuai Untuk Saya?

Mixer model tabung mempunyai kapasitas penggilingan yang lebih kecil daripada mixer model baskom. Begini, beberapa waktu lalu kami punya pelanggan pengusaha sosis. Dia bisa menggiling lebih dari 25 kg daging sapi setiap hari. Sementara kapasitas mixer daging standart hanya 3kg per proses penggilingan. Jadi pengusaha tersebut harus melakukan 8 kali penggilingan untuk mencapai target. Kami selalu mengira dia pengusaha yang tekun. Anda tidak harus memikirkan bagaimana lelahnya menggiling sampai 8 kali sebab itu semakin cepat membuat keriput di dahi anda entah bertambah berapa tingkat.

Dari pengalaman pelanggan kami, pembaca sudah bisa menebak. Pertama jika anda seorang pengusaha bakso, olahan sosis, atau bentuk gilingan daging macam apapun maka membuat adonan hanya dengan mixer model tabung kurang efektif karena kapasitas meat mixer paling besar hanya mencapai 8kg. Namun jangan lupa, walaupun anda mempunyai mesin dengan kapasitas 8kg, dengan kerja berat seperti itu mesin akan lebih cepat rusak, ujungnya terpaksa anda membeli mesin baru. Oleh karena itu sebaiknya penggunaan mixer model tabung dipasangkan dengan meat grinder sehingga beban kerja meat mixer dapat berkurang, hasilnya mesin akan lebih awet. Namun jika anda mempunyai dana, yang paling baik yaitu memiliki bowl cutter, karena mesin ini memang dirancang untuk melaksanakan tugas berat setiap hari. Walaupun investasi awal lebih mahal namun untuk jangka panjang akan terbayarkan oleh produktifitas tinggi serta kehandalan mesin.

Jika anda seorang ibu rumah tangga dengan beban kerja mesin dan frekuensi penggunaan normal maka meat mixer sudah cukup. Membeli meat mixer untuk kebutuhan rumah tangga akan sangat efisien. Anda bisa menentukan rasa yang anda sukai, teksurnya, isianya dan masih banyak lagi opsi lain. Yang lebih penting tentu saja kesehatan keluarga lebih terjamin. Saya teramat yakin, anda tidak ingin memakan bakso yang banyak mengandung MSG atau zat-zat penyedap lain yang terbukti berbahaya untuk kesehatan.

Cara Menggunakan Mesin Pencampur Daging Meat Mixer

tabung dan pisau meat mixer
Meat Mixer (mixer model tabung), Secara umum mesin ini berbentuk seperti gambar diatas. Bagian atas sendiri adalah tabung. Terdapat dua tabung, tabung pertama adalah tempat untuk memasukan daging, sementara yang kedua adalah tempat memasukan es. Dibawahnya terdapat motor penggerak yang berfungsi memutar pisau yang ada dalam tabung daging. Pisau ini bisa dilepaskan ketika adonan daging hendak dilekuarkan dari mesin.

Secara garis besar, ada langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai pengolahan. Berikut Langkah-langkahnya :

  1. Masukan es ditabung kedua/ tabung besar
  2. Masukan daging dan bumbu-bumbu di tabung pertama
  3. Nyalakan tombol ON dan tutup rapat-rapat kemudian tunggu hingga kalis

Dengan mesin ini orang awam dapat dengan cepat menggiling daging bakso layaknya profesional. Mesin mixer daging ini tidak terlalu mahal. Dengan harga masih dibawah 4 juta, mesin ini sangat menjanjikan untuk dijadikan investasi peralatan. Tetapi mesin ini mempunyai kelemahan. Pertama, motor penggerak pisaunya terletak dibawah mesin, desain seperti ini mengakibatkan beban kerja motor menjadi berat jika dibandingkan dengan mekanisme penggerak bowl cutter yang dari samping. Mesin ini juga punya kapasitas yang terbatas jika industri anda masuk skala besar.

Cara Menggunakan & Prinsip Kerja Mesin Bowl Cutter

mesin bowl meat cutter
Bowl Cutter (mixer model baskom), mesin adonan bakso tipe ini memiliki produktivitas sangat tinggi. Kemampuan memprosesnya bisa mencapai 200 kilogram adonan dalam waktu satu jam karena mesin ini mempunyai wadah pengaduk besar dilengkapi dengan pisau tajam yang dijamin mampu meningkatkan jumlah produksi anda secara signifikan.

Cara penggunaan bowl cutter juga sangat mudah. Daging dan bumbu-bumbu bakso lainnya dicampurkan kedalam wadah, nyalakan mesin, adonannya secara otomatis cepat tercampur. Jangan lupa menambahkan es batu. Setelah selesai, cara pengambilan adonan juga sangat mudah karena bentuknya seperti baskom. Ditambah lagi, adonan bakso jenis bowl cutter juga memiliki ketahanan tinggi untuk kerja berat dikarenakan sistem penggerak pisaunya dari samping sehingga motor akan lebih awet.

Dari segi harga memang sangat bervariasi, semua tergantung kebutuhan anda. Memang bowl cutter memiliki range harga yang cukup tinggi dibanding mesin mixer daging. Anda bisa mendapatknya dengan harga mulai 9 jutaan. Namun semua fitur-fitur yang di tawarkan bowl cutter kami kira sangat sepadan dengan harganya. Di benuamesin.com, kami menawarkan bermacam-macam mesin mixer daging dengan kapasitas dan harga yang berbeda. Tinggal pilih sesuai budget anda, dan untuk kebutuhan apa anda membeli mesin tersebut. Kami menjamin tiap mesin yang anda beli dari perusahaan kami mempunyai kualitas yang prima dengan harga yang sangat bersaing.

Leave a comment