cara membuat isi burger
28 Jul

Meat Grinder – Tidak menjadi soal apakah anda seorang koki atau bukan, tetapi jika anda ingin mendapatkan kualitas olahan daging yang lebih sehat, memiliki mesin penggiling daging stainless steel sendiri bisa menjadi solusi. Mesin ini ramai digunakan oleh pengusaha-pengusaha bakso, sosis, dan pengusaha lainnya yang bergerak dibidang usaha yang berkepentingan dengan daging yang halus dan dihaluskan terlebih dahulu. Pada dasarnya mesin penggiling daging atau banyak disebut sebagai mesin giling bakso ini ada 3 jenis. Seperti berikut :

  • Meat Grinder: Mesin jenis ini yang paling banyak dikenali orang, anda bisa menemukan di tiap tempat gilingan bakso.
  • Meat Mixer : Mesin jenis ini berbentuk tabung yang juga berfungsi sebagai pencampur adonan.
  • Bowl Cutter : Mesin ini mirip dengan Meat Mixer namun punya kapasitas lebih besar dalam mengolah adonan dan paling banyak digunakan untuk menggiling bakso.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dulu apa itu meat grinder atau mesin penggiling daging konvensional.

bagian-bagian meat grinderAda keuntungan yang bisa anda peroleh jika mempunyai mesin giling sendiri. Pertama anda bisa menentukan seberapa halus daging yang anda giling, kedua anda selalu bisa mendapatkan gilingan yang segar sewaktu-waktu sesuai porsi olahan yang ingin anda buat. Terakhir adalah alasan kesehatan. Kita tahu jika bakteri mudah sekali berkembang pada daging mentah, bayangkan jika anda datang di tempat penggilingan daging, seberapa seringkah mereka membersihkan mesin gilingnya, apakah kehigienisanya benar-benar terjaga.

Sebelum anda membeli mesin penggiling daging, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Kami yakin jika anda bukan seorang koki professional, kemungkinan besar anda tidak akan tahu banyak tentang mesin penggiling seperti apa yang benar-benar anda butuhkan.

Terdapat dua jenis mesin giling yaitu meat grinder manual dan meat grinder otomatis. Mesin giling manual menggunakan pengungkit untuk melakukan pekerjaanya. Jadi satu tangan memasukan daging, tangan yang lain memutar pengungkit untuk menghaluskan daging. Bayangkan betapa repotnya itu. Namun di jaman yang serba mesin seperti saat ini, pabrikan sudah menciptakan meat grinder dengan tenaga listrik yang selain lebih efisien dari segi waktu dan tenaga, dengan menggunakan mesin otomatis ini hasil yang didapatkan juga akan lebih maksimal dan berkualitas. Mesin ini memiliki bentuk dan ukuran berbeda-beda yang sudah di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, baik untuk industri rumahan maupun indsutri skala besar. Untuk menjaga efesiensi produksi, kapasitas produksi mesin juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika anda adalah pengusaha bakso, sosis, penyedia jasa penggilingan daging sapi, ayam atau ikan maka penggiling yang kecil tentu tidak bisa menggiling daging sesuai kebutuhan. Anda harus menggiling berkali-kali jika daging yang anda giling dalam jumlah banyak. Selain itu, motor mesin penggiling bisa mengalami macet jika terlalu panas. Hal ini tidak terjadi jika anda memiliki mesin penggiling yang lebih besar, ukuran minim #12 sudah sangat bagus. Mesin dengan ukuran ini tidak akan mengalami macet. Namun, jika anda hanya seorang ibu rumah tangga yang memasak untuk keluarga kecil, memiliki penggiling ukuran yang kecil tidak akan menjadi masalah. Selain itu, jika anda menyajikan makanan untuk keluarga kecil seperti olahan daging sapi, ayam, kambing atau ikan tuna semua ukuran mesin penggiling tidak akan menjadi soal. Tetapi untuk daging yang lebih alot seperti daging kerbau atau mungkin anda ingin menggiling beserta tulang-tulangnya, maka anda butuh mesin yang lebih besar seperti kapasitas industry, umumnya ukuran #22 atau #32.

 

 

Di dalam membeli meat grinder ada satu hal yang perlu anda perhatikan. Meat grinder tidak bisa membuat adonan benar-benar halus. Ini yang sering di salah pahami orang-orang, sebab setelah menggiling daging mereka mencampur bumbu dan tepung dengan tangan. Hal ini jelas memakan waktu dan tenaga. Sebaiknya anda mengolah adonan anda lagi ke dalam mesin Meat Mixer atau Bowl Cutter. Meat mixer punya kapasitas yang lebih kecil disbanding bowl cutter, tetapi dari segi harga meat mixer jelas lebih murah. Oke kembali ke meat grinder, selanjutnya yang perlu anda ketahui seperti apa tampilan meat grinder tersebut serta pengunaanya.

Prinsip Kerja & Cara Menggunakan Mesin Penggiling

mesin penggiling daging meat grinderSebelum dan sesudah menggiling pastikan anda mencucinya dengan air hangat. Jangan memasukan daging langsung dengan tangan anda. Mesin penggiling di lengkapi dengan feeding stick yang bisa digunakan untuk membatu memasukan daging. Ini karena pisau sangat tajam, perhatikan juga saat anda membersihkanya untuk menghindari teriris pisau. Berikut prinsip kerja dan vcara menggunakannya :

  1. Sebelum pertama kali digunakan, cuci mesin penggiling dengan air sabun hangat.
  2. Letakan mesin di tempat yang stabil
  3. Tentukan ketebalan daging melalui plates. Plates ini adalah piringan datar yang terletak di bagian ujung kepala mesin penggiling yang berguna untuk menentukan ketebalan hasil gilingan. Beberapa mesin penggiling dilengkapi dengan hanya satu atau dua plates, tetapi mesin yang lebih mahal akan lebih banyak.
    plates meat grinder
    Plates ini bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Anda juga bisa membelinya secara terpisah di toko-toko sparepart.
  4. Nyalakan mesin. Mesin harus selalu dalam posisi menyala sebelum memasukan daging
    Letakan daging diatas meat tray. Ini adalah bagian untuk meletakan daging sebelum memasukanya ke dalam pipa saluran penggiling. Semua mesin otomatis pasti memiliknya. Jangan lupa gunakan feeding stick untuk memasukan makanan ke dalam gilingan. Jangan memaksa memasukan daging jika benar-benar tidak muat.
  5. Daging mentah usahakan jangan dalam keadaan beku. Selama penggilingan, lemak dari daging bisa mengembang di dalam pipa penggiling. Ini bisa memperlambat proses penggilingan dan membuat motor menjadi lebih cepat panas. Jika ini terjadi, cuci semua bagian dengan air sabun yang panas kemudian masukan lagi daging sedikit demi sedikit.
  6. Motor penggiling mungkin akan mengalami overheating jika digunakan dalam waktu yang lama. Jika terjadi mati mendadak, tekan tombol OFF dan gunakan Reset Button. Kemudian nyalakan lagi mesin.
  7. Setelah selesai, bersihkan mesin dengan seksama.

Cara Membersihkan Mesin Penggiling

  1. Bersihkan sisa daging yang menempel disekitar mesin dan pastikan mesin sudah dalam keadaan mati.
  2. Lepas meat tray dan tekan release button dan posisikan mesin dalam mode unlock
  3. Lepas semua bagian kepala mesin dan cuci dengan air sabun hangat.
  4. Kami menyarankan anda membersihkan pisau mesin dengan silicon spray

Sebelum membeli meat grinder, kami yakin persoalan harga menjadi salah satu dari 3 hal pertama yang anda lihat sebelum membeli barang. Jika anda melihat mesin penggiling dengan range harga dibawah 1 juta, mesin di range harga ini cenderung kecil, tidak banyak fitur yang di tawarkan dan seringkali manual. Tetapi jika anda mempunya budget diatas 2 juta anda bisa mendapatkan yang lebih bagus. Seperti ungkapan umum, ada harga ada rupa. Untuk kapasitas industry sebaiknya sediakan dana di atas 4 juta. Namun ingat, sebetulnya mesin penggiling dengan kualitas yang lebih bagus justru bisa menghemat pengeluaran anda ke depan karena pasti lebih awet. Anda tidak akan repot sebentar-sebentar memperbaikinya.

Di Benuamesin.com, kami menawarkan mesin dengan range harga yang bervariasi dan terjangkau di banding toko-toko lain. Rata-rata mesin penggiling kami sudah didesain dengan fitur pendingin untuk mengatasi ketegangan pada motor sehingga akan sangat jarang terjadi mesin mati mendadak. Mesin kami memakan listrik 1200 watt dimana rata-rata mesin penggiling bisa mencapai 3000 watt, yang tentu akan menghemat listrik di rumah atau pabrik anda. Tidak kalah penting, kami menyediakan garansi untuk setiap mesin penggiling yang anda beli dari tempat kami.

Leave a comment