tips membeli cup sealer bekas
09 Sep

Beberapa orang membeli cup sealer bekas dengan pertimbangan harga. Harga cup sealer bekas besar kemungkinan lebih murah. Hampir tidak ada orang gila yang menjual cup sealer bekas dengan harga menyamai nominal kondisi baru. Kami katakan hampir karena memang pada forum jual beli online species penjual tersebut kadang ditemukan. Biasanya terdapat di kota-kota terluar Indonesia, seperti Lampung, Medan, Pekanbaru atau Palembang. Namun jangan salah sangka, disana ini normal. Harga cup sealer baru di luar Jawa jauh lebih mahal. Wajar bukan mereka menjual cup sealer bekas dengan harga sedikit naik. Jadi kriteria gila dan tidak ini tergantung dari sudut pandang. Einstein dan Newton mungkin saja disebut orang sinting bila tinggal di dekat anda, di samping pegawai bank atau kantor jawatan yang terjebak rutinitas.

Di kota besar seperti Surabaya, Malang, Semarang, atau Yogyakarta, harga cup sealer manual yang baru tak sampai 2 juta. Di luar Jawa, kami pernah menjumpai ada toko yang menjual dengan harga 3 juta lebih. Biaya transport dan langkanya ketersediaan menjadi alasan utama. Anda tak bisa memprotes jika harga pertalite eceran di pedalaman Papua dengan menjadi 15 ribu per liter.

Selain harga sebenarnya masih ada bermacam pertimbangan yang harus diperhatikan. Dan pada artikel ini kami akan membahas tentang tips-tips apa yang bisa jadi bahan panduan sebelum membeli cup sealer bekas. Apa saja? Berikut ulasan kami.

1. Elemen Pemanas Cup Sealer

Menurut cara kerjanya mesin cup sealer dibagi menjadi dua; manual dan otomatis. Semua jenis mesin ini pasti memiliki elemen pemanas karena proses penyegelan (sealing) di lakukan dengan cara memanaskan roll film pada gelas plastik. Apabila anda berniat membeli cup sealer manual bekas, mengecek elemen pemanas adalah bagian terpenting. Kami sering melihat kerusakan umum cup sealer jenis ini adalah heating elementnya tidak mau panas, tidak mau nempel atau justru terlalu panas.Elemen pemanas Cup SealerCara mengecek elemen pemanas ini mudah. Cup sealer yang bagus bisa di pakai setelah warming up sekitar 3-5 menit dengan set temperature 170C. Kemudian cobalah untuk menyegel cup dengan menarik tuas dan tahan selama 2-3 detik. Jika hasil press cup plastik benar-benar rapat berarti ia masih bagus. Namun jika terlihat hasil segelan menjadi lengket kemungkinan heating elemenya terlalu panas karena kerusakan bagian temperatur kontrol. Andai tidak nempel, temperaturenya mungkin terlalu rendah.

Apa Cup Sealer bekas otomatis tidak perlu proses pengecekan ini? Ia juga butuh. Namun ia tidak berhenti sampai disitu. Masih ada beberapa hal yang perlu di lihat, salah satunya adalah photo sensor.

2. Photo Sensor Pada Mesin Cup Sealer Otomatis

Bagian ini tidak ada pada mesin cup sealer manual karena ia memakai tuas. Pada mesin press gelas plastik bekas otomatis, photo sensor menjadi part yang penting untuk di cek apa masih berfungsi normal. Kegunaaan photo sensor pada cup sealer otomatis adalah untuk memastikan jika roll film tepat tersegel sempurna pada lid gelas plastik. Apabila photo sensor ini mengalami error maka label tidak akan tepat terpasang. Bahkan ada juga yang rollernya mengalami macet, roll plastik tidak berputar. Hal ini juga sering terjadi pada mesin cup sealer besar GD series bekas baik yang 2 line, 4 line atau 8 line.

Photo sensor pada mesin cup sealer otomatis

3. Perhatikan Nest Insert atau Konveyor

Nest insert (tray) adalah tempat untuk meletakan gelas plastik pada mesin press gelas plastik. Bagian ini sering terkena tumpahan cairan. Ada kemungkinan menjadi sedikit berkarat dan susah untuk di dorong maju mundur. Mesin cup sealer bekas yang bagus bagian insert nestnya akan terawat, bearing masih bagus karena sering diberi pelumas oleh pemilik, bagian modulnya tidak ada bercak karat.

Pada mesin cup sealer GD series, nest insert ini di ganti dengan konveyor. Yang harus anda ketahui juga adalah jenis usaha anda apa. Anda hendak menjual minuman kemasan ukuran gelas Aqua kecil 120ml atau butuh cup sealer 240ml untuk berjualan es jus, cappucino cincau, pop ice dan bubble tea. Mungkin juga anda ingin memakai cup sealer untuk mengemas puding. Ini semua menentukan pemilihan nest insert.

jenis ukuran gelas plastik

Dan kelemahan dari semua cup sealer adalah mereka hanya mampu menyegel satu jenis ukuran gelas plastik saja. Mesin cup sealer dengan konveyor 12Oz tidak bisa di gunakan untuk menyegel gelas 14Oz. Jadi kalau mau menutup gelas plastik dengan ukuran bervariasi anda harus memiliki mesin cup sealer yang bermacam-macam juga. Mungkin hal ini terdengar ribet dan tidak efisien. Oleh karena itu benar-benar yakinkan jenis usaha anda dulu, jangan jadi pengusaha yang mudah galau.

4. Spesifikasi Cup Sealer

Mengetahui spesifikasi ini penting. Bukan hanya untuk cup sealer bekas namun juga cup sealer baru. Spesikasi ini berkaitan dengan kuantitas produksi mesin dalam hitungan jam. Mesin cup sealer besar untuk industri AMDK seperti GD series mampu mengemas dalam jumlah ribuan dalam satu jam. Sealing speed cup sealer 2 line bekas yang masih bagus pasti diatas 1500 gelas/jam. Bahkan ada yang mampu mencapai 2500 cup. Sementara cup sealer 4 line bekas setidaknya harus mampu mencapai 3000 cup per jam. Bila sealing speed ini tidak tercapai, jangan beli mesin tersebut karena kemungkinan besar sudah waktunya dipensiunkan.

Spesifikasi Cup Sealer

5. Merk Cup Sealer

Harga bekas smartphone Samsung atau Iphone cenderung lebih mahal daripada Sony atau LG meski harga barunya sama. Merk produk yang populer sebetulnya tidak mesti identik dengan kualitas bagus. Namun hal ini menentukan harga jual produk tersebut pada kondisi second. Cup sealer Getra, Eton d6 / d8, Yammamoto atau Zeppelin adalah jenis mesin press gelas plastik yang laris di pasaran. Harga bekas cup sealer Eton d6 atau d8 akan lebih mahal daripada harga cup sealer bekas lokal yang kurang punya nama meski harga barunya tidak jauh. Oleh sebab itu jangan terlalu terpaku pada merk atau tren. Kalau berniat membeli mesin cup sealer bekas sebaiknya perhatikan kriteria-kriteria diatas.

6. Harga Cup Sealer Bekas

Seperti kami sebut di awal. Ini adalah alasan fundamental kenapa orang membeli cup sealer bekas. Dan penentuan harga mesin cup sealer bekas sangat subjektif tergantung kedekatan atau kesepakatan anda dengan penjual serta kota mana anda melakukan transaksi tersebut. Jika beruntung anda bisa mendapatkan cup sealer bekas 8 line kondisi 90% di bawah 100 juta. Atau bisa jadi anda mendapatkanya dengan nol rupiah siapa pernah tahu?.

Kota tempat transaksi cup sealer bekas juga menentukan. Harga cup sealer bekas di Jakarta atau Bandung kemungkinan besar lebih murah dari pada kota lebih kecil seperti Purwokerto, Jember atau Kediri karena faktor distribusi barang.

Namun sebaiknya anda menentukan harga cup sealer bekas berdasar pada kualitas dan kriteria 4 poin awal di atas. Kalau mau gampang ambil saja pengurangan harga 20-30% dari harga umum cup sealer baru di tempat transaksi. Semisal di Tasikmalaya, harga cup sealer baru adalah 5 juta. Anda bertemu dengan penjualnya dan mendapati kondisi cup sealer bekas tersebut masih 80%. Maka harga paling masuk akal yang bisa disepakati adalah 3,5-4 juta. Presentase ini bisa naik lagi tergantung kondisi. Dan penentuan hal ini akan sangat sulit jika anda membeli online. Anda tidak bisa mengeceknya secara langsung. Satu-satunya fasilitas yang bisa dipakai untuk mengatasi hambatan ini adalah foto dan video via WA.

7. Tempat Membeli Cup Sealer

Beberapa orang tertarik membeli cup sealer bekas secara online karena lebih praktis, informasi yang di dapat lebih cepat dan harga online dianggap lebih murah dari harga offline. Di beberapa forum jual beli seperti OLX banyak penjual yang menawarkan cup sealer bekas. Tapi ini memiliki resiko, cup sealer yang anda pesan tidak pernah sampai tujuan. Oleh karena itu pihak OLX selalu mengingatkan lebih baik Cod saja. Pilihan lebih baik sebetulnya anda bisa membeli cup sealer bekas di Kaskus sebab tersedia fasilitas rekber meski keamanan rekber sempat dipertanyakan saat kasus penggelapan Blackpanda. Dan ingat, ongkos kirim cup sealer manual yang mencapai 12Kg bisa jadi lebih mahal dari harga cup sealer sendiri. Intinya perbandingan ongkir dengan kualitas cup sealer bekas yang didapatkan jadi kurang sepadan. Melihat ongkir semahal itu, membeli cup sealer baru yang terjamin keawetanya adalah pilihan terbaik.

Itulah 7 tips yang bisa jadi pertimbangan sebelum membeli cup sealer bekas. Dan saran terbaik dari kami adalah; belilah cup sealer baru jika ingin benar-benar mendalami bisnis minuman kemasan dalam jangka waktu lama bukan sebagai usaha musiman. Di samping itu, harga cup sealer bekas sebetulnya tidak terlampau jauh dengan yang masih segel mengingat ini bukan barang tren seperti smartphone atau motor dengan harga turun naik sesukanya.

 

Leave a comment