cara membuat yang cepat dan mudah
28 Jul

Gambar dibawah ini sangat familiar dalam kasanah kuliner Indonesia. Coba perhatikan dengan seksama, ada arang dan potongan daging kambing atau ayam yang ditusuk dengan bambu. Makanan yang sempat disajikan untuk Raja Salman saat berwisata ke negara kita ini merupakan resep tenar dari ujung pulau Jawa, yup dari Pulau garam Madura.

sate
Sate begitu orang memanggilnya. Masakan ini dapat di jumpai mulai dari pedagang kaki lima, toko/warung di tepi jalan hingga restoran kelas atas. Adapula yang menjualnya dengan cara berkeliling. Resep pembuatan sate tergantung variasi dan jenis bahan yang digunakan. Biasanya memakai sambal kacang. Akan tetapi kembali lagi, beda daerah beda lagi jenis sate yang dimasak. Dan apapun resepmu, bahan bakarnya tetap satu; yaitu arang kayu.

Mari kita perhatikan lagi dengan seksama, pernahkah kita berfikir kira-kira sudah “berapa abad” tempat pemanggang sate itu tidak dicuci. Oke jangan pikirkan yang penting rasanya nikmat. Sekarang kita lanjut ke topik yang lebih ilmiah. Pembakaran sate menggunakan arang akan menyebabkan cairan lemak menetes ke bara, menguap dan menyebabkan kontaminasi. Artinya kadar cemaran di dalam daging bakar bisa terbilang tinggi. Efeknya jelas merusak kesehatan. Lalu setelah tahu hal ini apakah kita masih akan makan sate?, jawabnya adalah lanjutkan.

Ada cara yang lebih praktis dan sehat dalam memanggang daging. Salah satu caranya adalah menggunakan mesin pemanggang. Di Cirebon, ada pengusaha sate yang tidak lagi memakai arang, tetapi menggunakan pemanggang berbahan bakar gas LPG. Cara memasak satenya seperti biasa, hanya alatnya yang berbeda. Nama tukang sate itu adalah Jerry Chen.

Begini ceritanya. Pada mulanya tukang sate itu kesulitan mencari arang. Harga arang juga tidak stabil, kadang murah dan tak jarang membumbung. Akhirnya ia mencari solusi alternatif tenaga yang lain. Bapak tiga orang anak ini browsing-browsing di google mencari jenis alat pemanggang daging yang cocok.

Ketika diketik dengan kata kunci mesin pemanggang, entah itu buat sate jagung atau daging, sebetulnya yang muncul adalah mesin pembakaran (grilling), bukan roasting (pemanggangan). Pemanggangan atau roasting sesuai dengan cara memasak orang barat bekerja dengan pemakaian oven. Sementara pembakaran atau grilling lebih pada cara memasak dimana olahan terkena api dari bawah baik itu langsung atau tidak. Dan apapun itu, salah kaprah kosa kata ini terlanjur mendarah daging. Akhirnya mbah Google Indonesia sadar, gak apa-apa lah buat orang Indonesia, apapun sebutanya yang penting paham.

Dan kembali ke Bapak penjual sate yang mencoba berinovasi tadi. Dari hasil berjelajah di dunia maya pun, dia menemukan jika mesin pemanggang itu bermacam-macam jenisnya.
Menurut sumber dayanya dapat dibagi menjadi dua jenis, elektrik dan gas.

 

Jenis-Jenis Mesin Pemanggang Daging Sate

A. Mesin Pemanggang Daging Elektrik

mesin pemanggang daging elektrik
Pemanggang daging elektrik mempunyai prinsip kerja yang sama dengan pemanggang roti. Mesin ini terbuat dari logam dan stainless steel. Terdapat elemen pemanas yang terletak di bawah tempat menaruh daging yang hendak di panggang. Di bawah element pemanas terdapat wadah yang bisa di isi dengan air. Wadah ini untuk menampung sisa-sisa hasil pemanggangan.

Mirip dengan pemanggang roti, elemen pemanas mesin ini di kontrol dan di atur oleh tombol pengatur temperatur. Beberapa pemanggang dilengkapi dengan pengatur waktu juga.

Cara kerja mesin ini sangat mudah. Anda cukup meletakan bahan yang mau dipanggang seperti Ikan, Daging, Sosis, Jagung, atau Ayam di atas wajan. Berikut cara kerja dari mesin pemanggang elektrik :

  1. Nyalakan tombol tenperature secara full kira-kira 5 menit untuk preheating/ memanaskan komponen.
    element mesin pemanggang elektrik
    Bisa anda lihat bagian kiri merupakan tempat menampung kotoran-kotoran sisa pemanggangan. Bagian kanan adalah komponen pemanans, setelah di panaskan dengan temperatur maksimal, komponen ini akan terlihat memerah.
  2. Sesuaikan stovetop dengan kebutuhan pemanggangan anda.
    elemen mesin pemanggang
    Gambar sebelah kiri, plate tempat menaruh daging berada agak tinggi, jauh dari heater untuk memasak dengan lambat seperti metode barbeque, biasanya memasak daging sapi bagian gandik atau ayam kalkun yang terkenal ulet dan keras. Oleh karena itu butuh memasak dengan waktu lama dan suhu rendah. Sementara itu, jika anda merendahkan tempat panggangan (gambar sebelah kanan), mesin akan memanggang dengan cepat dan panas yang tinggi. Cocok untuk memasak ayam sayur atau daging sapi bagian has dalam (tenderloin).

B. Mesin Pemanggang Gas

mesin pemanggang gas
Pada dasarnya mesin pemanggang gas sama dengan tipe elektrik berdasarkan cara kerja. Pebedaan hanya terletak pada penggunaan gas. Jadi anda tinggal memutar tombol dan api akan menyala, mirip sekali dengan kompor gas. Yang membedakan mesin pemanggang dengan kompor gas terletak pada penggunaan elemen pemanas (heat plate) yang terletak tepat di bawah daging atau sosis yang hendak di bakar.

panduan mesin pemanggang gasMesin ini dibuat dengan bahan stainless steel. Di dalam heater plate terdapat spayed shell yang memakai sistem infrared. Jadi api tidak akan terlihat, hanya heater plate saja yang menyala. Heater plate ini dibungkus dengan quartz glass yang terkenal sangat tahan panas. Dengan begitu ayam atau sosis yang anda bakar tidak akan terkena api secara langsung yang sering kali menyebabkan gosong.part mesin pemanggang gas
Alat ini hampir tidak mengeluarkan asap, jadi sangat ramah lingkungan. Selain itu, juga mudah dibersihkan. Anda juga bisa mengatur ketinggian dengan mesin pemanggang gas. Di sisi samping terdapat knob untuk menaikan dan menurunkan stovetop/bagian atas kompor.

Alat Pemanggang Alternatif

Berikut ini merupakan beberapa alternatif alat pemanggang yang bisa anda jadikan referensi :

A. Flat Top Grill


Flat Top Grill

Mesin pemanggang ini hanya berupa teflon bergerigi yang bisa anda gunakan untuk memanggang ayam. Jadi cukup letakan di atas kompor dan taruh ayam atau daging yang hendak di panggang. Namun mesin ini tidak cukup baik untuk memanggang karena hasil panggangan tidak akan matang merata. Lebih cocok digunakan untuk roti bakar atau memanggang udang dan ikan kecil.

B. Mesin Pemanggang Rotisseri

mesin pemanggang rotisseri
Selain alat-alat pemanggang diatas, terdapat juga alat pemanggang tipe rotisseri. Meskipun namanya roti, alat ini bukan mesin pemanggang roti. Perbedaanya hanya terletak pada proses pemanggangan (roasting) dimana dilakukan dengan bantuan tongkat yang di tusukkan di tengah-tengah olahan, bisa bebek, ayam, atau kalkun utuh. Ayam tersebut di oven sambil di putar terus menerus. Prosesnya cukup lama namun ayam yang tersaji akan bebas lemak yang tentunya sangat menyehatkan.

Berbeda dengan mesin-mesin pemanggang diatas, rotisseri tidak melakukan pemangaangan dari atas ke bawah tetapi secara merata. Yang perlu kalian tahu, mesin rotisseri ini meskipun sering disebut alat pemanggang ayam biasa, nyatanya adalah sebuah oven. Dan banyak oven saat ini yang sudah dilengkapi fasilitas rotisserie, jadi selama proses pemanggangan, ayam itu akan muter sendiri.

Tipe pemanggang rotisseri dibagi menjadi dua jenis, vertikal dan horizontal. Tipe vertikal bisa kita jumpai saat pengolahan kebab. Rasa yang dihasilkan dengan sistem pengolahan ini sangat bagus, karena mampu menghasilkan olahan yang lebih enak dengan kematangan daging yang lebih merata. Daging ayam akan terasa gurih diluar dan lembut di dalam. Tidak akan ada aroma kayu bakar , asap atau bau-bau gosong yang lain.

Meskipun begitu, ada beberapa orang yang menyukai aroma gosong dari pembakaran tanpa oven. Daging yang dimasak menggunakan panggangan (grilling) lebih beraroma dan mempunyai rasa yang khas akibat asap yang dihasilkannya. Panas yang tinggi mengenai daging dari sisi bawah. Hal ini membuat kandungan air dalam daging terkunci didalamnya. Oleh karena itu, daging olahan ini beberapa menganggap mempunyai rasa yang khas dibandingkan dengan oven.

Namun apapun itu, pemanggan dengan gas, ditinjau dari sudut scientific manapun akan lebih bagus. Sebab dengan propane pada LPG menghasilkan karbondioksida dan hidrokarbon dalam jumlah yang lebih sedikit daripada arang. Pembakaran dengan gas juga lebih matang merata. Oleh karena itu, cepat para pengusaha sate hubungi kami benuamesin.com untuk mendapatkan alat pemanggang terbaik anda. Ingat tukang sate-sate bukan lagi kipas-kipas dapat duit. Tapi tinggal pencet-pencet WA uang tersedia.

Leave a comment